Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Menciptakan Spanduk Ramadhan 2021 Di Corel Draw

Tidak terasa beberapa hari lagi bulan ramadhan kareem akan datang dihadapan kita. Berarti telah 1 tahun ramadhan 2019 kita lewati. Ramadhan 2021 sempurna dimulai pada pertengahan bulan April, apakah kalian telah siap menyambut ramadhan ini? 
 Tidak terasa beberapa hari lagi bulan ramadhan kareem akan tiba dihadapan kita MEMBUAT SPANDUK RAMADHAN 2021 DI COREL DRAW
Bulan ramadhan memang senantiasa menghadiran berkah, tidak terkecuali bagi penggiat dunia desain grafis. Untuk kalian yang membuka jasa percetakkan niscaya berbagai pesanan desain grafis ya baik itu pamflet ucapan ramadhan, spanduk atau banner, dan mungkin juga poster.

Nah untuk menyambut hadirnya ramadhan di sini admin akan menunjukkan panduan Membuat Spanduk Ramadhan 2021 yang bisa menjadi contoh desain spanduk kalian semua. Spanduk ialah alat komunikasi dalam bentuk  rancangan grafis (gambar dan goresan pena) mempunyai ukuran memanjang horizontal yang berisa berita atau himbauan.

Banyak sekali pola-teladan spanduk yang keren yang ada di internet, tergolong rancangan ini yang kalian mampu lihat gambarnya di atas tadi dan tentu saja pas bila di pasang di masjid kalian semua hehehe. 

Tutorial ini sangat sesuai untuk kalian yang masih pemula namun tetap ingin menerima hasil desan yang berkelas dan anggun. Ok Admin membuat rancangan ini memakai software CorelDraw X7, tetapi sebab di Indonesia kebanyakan masih pakai model di bawahnya,  maka admin akan menyertakan gambar supaya tidak gundah.

Namun sebelum ke panduan ada beberapa materi yang harus kalian rencanakan. Hal ini agar waktu kalian untuk membuatnya menjadi lebih cepat. Bahan bahanya sebagai berikut:
1. Masjid
2. Lampion

Dan seluruhnya dalam bentuk atau format PNG. Kalian bisa mencarinya di google dengan kata kuci tersebut. Nah jika kalian kesengsem, eksklusif kita meluncur ke panduan Cara Membuat Spanduk/Banner di CorelDraw X7 selaku berikut:

Baca Juga :

1. Ok kita buat dulu ukurannya spanduknya, kalian bisa memakai ukuran 2x1 meter. Kemudian kalian buat backgroundnya dengan menggunakan Rectangle tool dan beri warna gradasi mirip di bawah ini. Bila belum tau caranya klik Disini.
2. Langkah berikutnya kita akan membuat imbas cahanya terlebih dulu. Pertama buat objek persegi panjang yang memanjang ke bawah. Kemudian pilih Objects cari Transformation dan pilih yang Rotate.  Kalau CorelDraw di model X3, X4 ataupun X5, perintah Transfomation ada di menu Arrange.

3. Jika sudah akan mucul jendela perintah di sebelah kanan. Nah disini atur sudutnya menjadi 25 derajat(untuk X dan Y biaran saja) kemudian atur sentra rotate nya di bab bawah dan atur jumlah copyan nya menjadi 9 buah lalu Apply dan mirip ini lah akhirnya.
 

4. Berikutnya kalian selek semua objek tersebut dengan cara membloknya lalu tekan Ctrl+G untuk menggrup. Rotate objeknya menjadi 270 derajat di bagian atas beri warna putih dan hilangkan garis pinggirnya dengan cara pilih Outline Pen > No outline.
5. Kemudian kalian transparankan menggunakan Transparency tool mirip ini. selanjutnya klik kanan pada objek pilih PowerClip Inside dan arahkan tanda panah ke background seperti ini. untuk menertibkan letakknya kalian tinggal klik kanan pada background dan pilih Edit PowerClip.
6. Langkah berikutnya kita akan membuat awannya. Buat objek persegi panjang apalagi dulu dengan Rectangle tool, lalu buat objek bundar dengan Ellipse tool dan kalian duplikat menjadi beberapa lalu kalian susun bebas mirip ini. blok semua objek untuk menseleksi kemudian di hidangan perintah di bab atas pilih Weld Untuk menggabungan objek.
7. Selanjutnya beri warna dan hilangan garis pinggirnya seperti cara nomor 4. Letakkan objek ke dalam background dengan menu perintah PowerClip seperti tadi juga.
8. Langkah selanjutnya tinggal kalian import gambar masjid yang sudah kalian persiapkan sebelumnya dan letakkan mirip ini. nah untuk titik titiknya kalian mampu membuatnya dengan menggunakan Ellipse tool yang diduplikat menjadi beberapa bab.
Baca Juga:
9. Langkah terakhir tinggal kalian masukkan juga objek lampion yang telah disiapkan dan jangan lupa buat goresan pena dengan Text tool. Agar goresan pena memiliki double garis pinggir kita memakai Contour tool yang ada di tool box. Caranya Klik Disini.
10. Selesai

Sekian dahulu bimbingan Cara Membuat Spanduk Ramadhan 2021 di CorelDraw. Semoga berguna untuk kita semua dan selamat mencoba. Terima kasih telah berkunjung.


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar