Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Gampang, Menciptakan Tali Tambang Di Corel Draw

Menggambar Tali Tambang - CorelDraw memang telah dikenal sebagai salahsatu software pengolah rancangan grafis terbaik yang pernah ada. Disebut sebagai software pengolah gambar berbasis vector, coreldraw mempunyai aneka macam fitur-fitur keren yang ada di dalamnya.
 CorelDraw memang sudah dikenal sebagai salahsatu software pengolah desain grafis terbaik  MUDAH, MEMBUAT TALI TAMBANG DI COREL DRAW
Hampir semua fitur dapat kita pakai untuk membuat lebih mudah acara desain merancang kita. apalagi lagi software ini sangat mudah dioperasikan sehingga banyak dipakai oleh pemula yang gres berguru rancangan grafis. Dengan software ini kita mampu membuat berbagai rancangan vector mirip menciptakan poster, baliho, pamflet dan lainnnya.

Dari nyaris semua tutorial yang ada, salah satu bimbingan yang kerap dicari yaitu membuat gambar tali dengan CorelDraw, apalagi menggambar tali melingkar mungkin masih banyak yang kebingungan. Ya rancangan tali memang sungguh memiliki kegunaan bagi desainer grafis, selain selaku rancangan pendukung gambar tali dapat dijadikan aset kalian.

Artinya yaitu kalian mampu membuat rancangan tali ini secara permanen. Wah maksunya apa min? maksutnya kalian mampu menyimpan rancangan ini selaku aset yang nantinya dapat kalian pakai beberapa kali tanpa mesti membuatnya dari permulaan.

Tool yang kita pakai ialah Artistic Media tool. Tool ini menyediakan berbagai bentuk artistic yang mampu kalian pakai, tentunya itu semua ialah bawaan dari aplikasi coreldraw dan dapat kalian temui di semua versi CorelDraw. Terdapat beberapa versi artistic media diantaranya:
  • Preset Artistic, versi ini menyediakan bentuk-bentuk yang menyerupai tabrakan pensil. Ada banyak versi ukiran pensil yang disediakan.
  • Brush Artistic, versi ini berisi bentuk brush yaitu gesekan mirip pensil tetapi ukurannya lebih besar ya lebih tepatnya mirip goresan cat.
  • Sprayer Artistic, nah jika kalian menggunakan model ini maka akan membentuk objek-objek gambar yang mampu kalian pilih di dalamnya.
  • Calligraphic Artistic, ya sesuai dengan namanya model ini berisi bentuk caligrafi atau karakter latin.
  • Presure Atistic, jikalau kalian ingin menciptakan ukiran crayon, maka model ini sangat cocok kalian gunakan alasannya adalah di dalam versi ini ada banyak bentuk yang mampu dipakai.

Namun isi dari setiap model artistic yang ada di dalamnya akan berlawanan dari CorelDraw terbaru dengan model usang. Yang versi baru pasti medianya akan lebih bermacam-macam dibandingkan dengan versi X5 atau X3 yang medianya tidak akan sebanyak versi gres.

Admin sendiri memakai CorelDraw X7. Namun jangan risau kalian mampu juga menyertakan aset gres kedalamnya agar lebih banyak dan beragam, atau kalian bisa upgrade versi CorelDraw kalian.

Desain tali ini dapat diaplikasikan kedesain lain seperti menciptakan gelang, tali id card, tali tambang dan rancangan tali tas. Selain itu dapat juga dikembangkan menjadi desain logo dan simpul. Nah di sini admin akan membuat tali tambang ya bukan tali pita. Mungkin di next tutorial admin akan membuatkan.

Berikut inilah panduan Cara Membuat Tali Tambang di CorelDraw. Silahkan simak caranya langkah demi langkah.

Tahap pertama

1. Kita buat objek dasarnya dulu memakai Rectangle tool. Kalian buat bentuknya menjadi persegi panjang kebawah bukan persegi. Kemudian kalian udah nilai sudutnya menjadi 20 untuk bagian kiri atas dan bagian kanan bawah.
2. Jangan lupa untuk mengnonaktifkan gambar gembok yang diantara nilai tersebut. Cukup dengan cara mengkliknya satu kali saja. Fungsinya supaya semua sudut sisi tidak ikut berganti dan tetap lurus.

3. Kemudian double klik pada objek hingga kotak seleksi menjelma seperti di bawah ini. berikutnya pada bab samping, kalian tarik panahnya ke atas sehingga objek akan miring berupa seperti daun.
4. Langkah selanjutnya kita akan membuat efek pada tali dengan memberi warna biar terlihat kongkret. Sebelum memberi warna buat lah garis-garis seperti digambar berikut pada bab tengah objek menggunakan Freehand tool. Usahakan bab tengah mempunyai ruang yang lebih besar dari pada lainnya.
Baca Juga:

5. Jika telah berilah tiga warna coklat ialah coklat jelas, coklat muda, dan coklat gelap. Untuk memberi warnanya itu gunakan Smart Fill tool. Kemudian kalian blok untuk menseleksi semua objek, lalu tekan Ctrl + G untuk menggrup. Agar lebih bagus lagi hilangkan garis pinggirnya dengan cara pilih Outline tool > No Outline.
6. Langkah selanjutnya kita rotate atau putar objeknya. Rotate dengan kemiringan 322 derajat, kalian mampu mengaturnya pada bab atas sehingga akibatnya akan seperti dibawah ini.

Tahap Kedua

1. Tahap ini ialah tahap pembentukan tali. Nah setelah tadi dirotate selanjutnya kalian duplikat. Kita tidak akan menggunakan copy paste karena akibatnya nanti kurang optimal. Caranya seleksi objek tadi lalu kalian tarik ke samping lalu sebelum dilepaskan klik kanan pada mouse sehingga objek akan terduplikat seperti ini.
2. Perlu diingat peletakan objek duplikat mesti pas menempel dengan objek pertama, tidak kejauhan atau terlalu akrab. Hal ini alasannya akan menghipnotis hasil jadinya nanti.

3. Nah tadi kan kalian melakukan duplikat, usahakan jangan seleksi atau klik yang lain, pribadi tekan Ctrl + R maka nanti objek akan terduplikat dengan posisi dan jarak yang serupa dengan duplikat yang pertama. Makanya tadi admin bilang penduplikatan letaknya mesti pas.

4. Setelah jadi lalu kalian blok semua objek kemudian gabungkan objek dengan Ctrl + G. bila hasilnya miring kebawah kalian cukup rotate untuk meluruskan. Nah berikutnya dengan objek yang masih dalam keadaan aktif, pilih Artistic Media tool kemudian pada bab atas ada gambar mirip memory card klik untuk menyimpan objek.
5. Nah nanti akan keluar jendela perintah. Pada jendela perintah ini kalian tidak perlu memilih forder cukup beri untuk objek yang hendak kalian simpan ini. lalu Save.

Baca Juga:

6. Langkah terakhir kita akan coba akhirnya. Caranya pilih lagi Artistic Media tool. Pada pilihan modelnya, kalian pilih yang Costum dan pilih objek tali yang telah dibuat tadi. Setelah itu cobalah kalian membuat garis pada lembar kerja CorelDraw dan walaah garis akan berubah menjadi bentuk tali.
7. Kalian juga bisa membuat objek garis dulu dengan 3 Point Curve atau Bezier tool atau sejenisnya. Buatlah setangah lingkaran atau lingaran sarat .
8. Kemudian kalian pilih Artistic Media tool, pilih Costum pada versi artistic dan pilih bentuk tali. Maka secara otomatis garis akan berkembang menjadi bentuk tali. Kalian mampu menertibkan ukurannya di Stroke Width di bab atas.
Dari gambar yang telah dibentuk tinggal kalian save aja, mampu dalam bentuk JPG atau PNG. Menurut kalian gimana balasannya? Keren buka? Kalian mampu juga menciptakan bentuk-bentuk lain lalu kalian simpan sehingga aset di Artistic Media tool kalian semakin banyak.

Terima kasih buat yang telah membaca postingan cara membuat tali tambang di CorelDraw X7. Semoga mampu menolong sobat-sahabat semua yang masih belajar. Good luck!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar