--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter Mx Dari Tahun Ke Tahun

Yamaha Jupiter MX pertama kali diperkenalkan terhadap penduduk pada september 2005. Produk motor PT Yamaha Motor Indonesia Manufacturing ini memberikan pandangan yang berlainan lewat desain yang diusungnya, pasalnya Jupiter MX mempunyai gaya sporty dan keren. Awal diluncurkannya MX menerima tanggapanyang bagus dari penduduk , hal ini dilihat dari jumlah ajakan yang makin berkembangsetiap tahunnya. Berbekal mesin berkapasitas tinggi yang dimilikinya, menciptakan Jupiter MX sukar untuk ditumbangkan sehingga persaingan pada waktu itu kian tinggi.

Gebrakan motor MX berlambang garputala ini terus tampakdari spesifikasi yang diterapkanya, mereka memakai mesin dan fitur kontemporer sesuai dengan pertumbuhan teknologi otomotif yang sudah berkembang pesat. Untuk itu, Yamaha Jupiter MX sendiri telah melakukan perjalanan empat generasi selama bertahun-tahun ini guna memberikan varian modern dari MX kepada penduduk . Perubahan tiap generasi MX sungguh terlihat terang pada desain body dan performa mesinnya.

Motor belibis sport ini mempunyai varian harga yang berlainan-beda pada tiap generasi. Tapi damai saja, Yamaha sendiri menetapkan bahwa harga Jupiter MX generasi terakhir masih dibawah 25 jutaan untuk kawasan Jakarta. Melihat harga yang dipasarkan lumayan dekat dan didukung spesifikasi modern, maka wajar saja jikalau Yamaha Jupiter MX mempunyai rating yang tinggi di kelas motor bebek sport. Langsung saja, inilah perjalanan generasi Yamaha Jupiter MX dari era ke abad.

Yamaha Jupiter MX Generasi Pertama (2005 – 2010)
Yamaha Jupiter MX pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada september  Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter MX Dari Tahun ke Tahun

Tipe Mesinliquid cooled 4-stroke, SOHC
SilinderSingle Cylinder
Diameter x Langkah54,0 mm x 58,7 mm
Daya Maksimum8,45 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum11,65 Nm / 5.500 rpm
Volume Silinder135 cc
Sistem StarterElektrik Starter & Kick Starter
Sistem PelumasBasah
Sistem Bahan BakarKarburator Mikuni VM 22 x 1
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual & Multiplat
Tipe Transmisi 4 Percepatan (1-N-2-3-4)
P X L X T1.9450 mm x 705 mm x 1.065 mm
Jarak Rendah Ke Tanah140 mm
Tinggi Tempat Duduk770 mm
Berat 109 Kg
Kapasitas Tangki Bensin4 Liter
Tipe RangkaDiamond
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonocross
Ban Depan70 / 90 - 17 M/C
Ban Belakang80 / 90 - 17 M/C
Tipe Rem DepanDisc Brake
Tipe Rem BelakangDisc Brake
Sistem PengapianDC-CDI
Tipe BusiCPR8EA-9 & U24EPR-9
BateraiYB5L-9 (12V-5Ah)
Kemunculan Yamaha Jupiter MX diawali pada tahun 2005. Mengusung rancangan yang responsif dan kemudahan dalam bermanuver di jalan lurus maupun berkelok. Dibekali mesin 135 cc, SOHC berpendingin cairan yang bisa menciptakan daya optimal 8,45 kW pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi sebesar 11,65 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm. Sistem pembakaran masih menggunakan karburator Mikuni VM 22 dan didukung dengan 4 percepatan pada transmisinya. Keberadaan Jupiter MX yang pertama kali masih mmenggunakan velg jari-jari, kemudian di tahun yang serupa timbul facelift dari MX sebelumnya dengan velg racing.

Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Vega

Suspensi yang dipakai pada bab depan bermodel teleskopik dan belakang menggunakan monocross. Ukuran ban yang dipraktekkan 70 / 90 – 17 M/C untuk roda depan sedangkan 80 / 90 – 17 M/C ukuran roda belakang. MX juga disokong dengan pengereman disc brake dan drum brake serta bagian depan belum dilengkapi fitur upside down, untuk lebih informasi detailnya bisa lihat tabel spesifikasi di atas.

Yamaha New Jupiter MX Generasi Kedua (2010 – 2014)
Yamaha Jupiter MX pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada september  Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter MX Dari Tahun ke Tahun

Tipe Mesinliquid cooled 4-stroke, SOHC
SilinderSingle Cylinder, Tegak
Diameter x Langkah57,0 mm x 58,7 mm
Daya Maksimum9,21 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum12,14 Nm / 6.000 rpm
Volume Silinder134,4 cc
Perbandingan Kopresi10,9 :1
Sistem StarterElektrik Starter & Kick Starter
Sistem PelumasBasah
Sistem Bahan BakarKarburator BS25-58 x 1
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual & Multiplat
Tipe Transmisi 5 Percepatan (1-N-2-3-4-5)
P X L X T1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm
Jarak Rendah Ke Tanah140 mm
Tinggi Tempat Duduk770 mm
Berat 109 Kg
Kapasitas Tangki Bensin4 Liter
Tipe RangkaDiamond
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangLengan Ayun
Tipe BanTubeless
Ban Depan70 / 90 - 17 M/C (33P)
Ban Belakang100 / 70 - 17 M/C (49P)
Tipe Rem DepanDisc Brake
Tipe Rem BelakangDisc Brake
Sistem PengapianDC-CDI
Tipe BusiCPR8EA 9 & U24EPR-9
BateraiYB5L-9 (12V-5Ah)
Terjadi pergeseran yang signifikan pada generasi kedua Yamaha New Jupiter MX, terdapat beberapa penyegaran yang dikerjakan Yamaha untuk memperlihatkan gaya modern pada tahun 2010 ini. Kapasitas mesin tetap sama dengan MX sebelumnya dan metode pembakarannya masih menggunakan karburator. Namun tenaga yang dimuntahkan New Jupiter MX lebih besar dengan 9,21 kW pada putaran 8.500 rpm dan torsi optimal 12,14 Nm pada putaran 6.000 rpm. Tipe kerangka body yang dipakai sudah modern yakni diamond, dengan teleskopik bab depan dan lengan ayun suspensi belakang.

Ukuran fisik New MX mempunyai panjang 1.960 mm, lebar  695 mm dan tinggi  1.080 mm.  Jarak terendah ke tanah meraih 140 mm dengan tinggi daerah duduk sampai 770 mm. Bobot kendaraan bebek sport ini cuma 109 kg dan disokong kapasitas tangki materi bakar sampai 4 liter. Sistem pengereman dan ukuran ban telah mengalami pergantian, dimana New Jupiter MX sudah membekali disc brake pada roda depan dan belakang.

Yamaha Jupiter MX King Ketiga (2015-2018)

Tipe MesinLiquid Cooled 4-Stroke, SOHC
SilinderSingle Cylinder, Tegak
Diameter x Langkah57,0 mm x 58,7 mm
Daya Maksimum11,3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,8 Nm / 7.000 rpm
Volume Silinder150 cc
Perbandingan Kopresi10,4 :1
Sistem StarterElektrik Starter & Kick Starter
Sistem PelumasBasah
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual & Multiplat
Tipe Transmisi Constant Mesh & 5 Percepatan
P X L X T1970 mm x 670 mm x 1080 mm
Jarak Rendah Ke Tanah135 mm
Tinggi Tempat Duduk780 mm
Berat 116 Kg
Kapasitas Tangki Bensin4,2 Liter
Tipe RangkaBackbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing Arm
Tipe BanTubeless
Ban Depan90 / 80 - 17 M/C (38P)
Ban Belakang120 / 70 - 17 M/C (58P)
Tipe Rem DepanSingle Disc Brake
Tipe Rem BelakangSingle Disc Brake
Sistem PengapianTCI
Tipe BusiNGK / CR8E
BateraiGTZ4V / YTZ4V
Demi mendongkrak popularitas, Yamaha Jupiter MX king menjadi generasi selanjutnya yang mengusung mesin 150 cc SOHC liquid cooled dan telah disokong tata cara pembakaran teknologi fuel injection. Dengan penambahan tampilan mesin menciptakan tenaga Jupiter MX king bisa mengeluarkan 11,3 kW pada putaran 8.500 rpm dan torsi optimal meraih 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm dengan perbandingan kompresi sebesar 10,4 : 1. Selain itu fitur yang mendominasi MX king sudah memakai teknologi canggih utamanya pada headlamp yang telah LED, speedometer dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter

Penambahan beberapa fitur menciptakan bobot kendaraan MX menjadi lebih berat dari sebelumnya yaitu 116 kg dan mempunyai kapasitas tangki bahan bakar sampai 4,2 liter. Agar mempunyai kualitas yang kuat dan kuat, Yamaha melengkapi suspensi MX king dengan tipe rangka Backbone. Tinggi kawasan duduk Yamaha MX king lebih tinggi dibandingkan New Jupiter MX dengan selisih 10 mm.

Yamaha Jupiter MX King Facelift (2019 – sekarang)

Tipe MesinLiquid Cooled 4-Stroke, SOHC
SilinderSingle Cylinder, Tegak
Diameter x Langkah57,0 mm x 58,7 mm
Daya Maksimum11,3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum13,8 Nm / 7.000 rpm
Volume Silinder150 cc
Perbandingan Kopresi10,4 :1
Sistem StarterElektrik Starter & Kick Starter
Sistem PelumasBasah
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingBasah, Kopling Manual & Multiplat
Tipe Transmisi Constant Mesh & 5 Percepatan
P X L X T1970 mm x 670 mm x 1080 mm
Jarak Rendah Ke Tanah135 mm
Tinggi Tempat Duduk780 mm
Berat 116 Kg
Kapasitas Tangki Bensin4,2 Liter
Tipe RangkaBackbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing Arm
Tipe BanTubeless
Ban Depan90 / 80 - 17 M/C (38P)
Ban Belakang120 / 70 - 17 M/C (58P)
Tipe Rem DepanSingle Disc Brake
Tipe Rem BelakangSingle Disc Brake
Sistem PengapianTCI
Tipe BusiNGK / CR8E
BateraiGTZ4V / YTZ4V
Kini hadir Yamaha facelift dari Jupiter MX king yang mempunyai spesifikasi mesin yang serupa, cuma saja desain headlamp yang dimiliki MX king facelift dikatakan lebih keren. Pasalnya, mengusung rancangan sporty style yang menggunakan 3 lampu berteknologi LED yang dapat menunjukkan penerangan optimal di malam hari. Tidak hanya headlamp saja yang mempunyai desain menawan, tetapi desain lampu darurat (hazard lamp) berbentuk sipit memanjang ke samping, solah-olah seperti mata yang menatap tajam ke depan. Selain itu, fitur speedometer dilengkapi teknologi full LCD yang menunjukkan kesan modern dan informatif bagi pengendara.

Itulah perjalanan generasi Yamaha Jupiter MX dari tahun ke tahun. Setiap generasi mempunyai perbedaan dan kelebihannya. Semoga berfaedah dan terima kasih.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar