Gebrakan motor MX berlambang garputala ini terus tampakdari spesifikasi yang diterapkanya, mereka memakai mesin dan fitur kontemporer sesuai dengan pertumbuhan teknologi otomotif yang sudah berkembang pesat. Untuk itu, Yamaha Jupiter MX sendiri telah melakukan perjalanan empat generasi selama bertahun-tahun ini guna memberikan varian modern dari MX kepada penduduk . Perubahan tiap generasi MX sungguh terlihat terang pada desain body dan performa mesinnya.
Motor belibis sport ini mempunyai varian harga yang berlainan-beda pada tiap generasi. Tapi damai saja, Yamaha sendiri menetapkan bahwa harga Jupiter MX generasi terakhir masih dibawah 25 jutaan untuk kawasan Jakarta. Melihat harga yang dipasarkan lumayan dekat dan didukung spesifikasi modern, maka wajar saja jikalau Yamaha Jupiter MX mempunyai rating yang tinggi di kelas motor bebek sport. Langsung saja, inilah perjalanan generasi Yamaha Jupiter MX dari era ke abad.
Yamaha Jupiter MX Generasi Pertama (2005 – 2010)
Tipe Mesin | liquid cooled 4-stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder |
Diameter x Langkah | 54,0 mm x 58,7 mm |
Daya Maksimum | 8,45 kW / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 11,65 Nm / 5.500 rpm |
Volume Silinder | 135 cc |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kick Starter |
Sistem Pelumas | Basah |
Sistem Bahan Bakar | Karburator Mikuni VM 22 x 1 |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual & Multiplat |
Tipe Transmisi | 4 Percepatan (1-N-2-3-4) |
P X L X T | 1.9450 mm x 705 mm x 1.065 mm |
Jarak Rendah Ke Tanah | 140 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 770 mm |
Berat | 109 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 4 Liter |
Tipe Rangka | Diamond |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Monocross |
Ban Depan | 70 / 90 - 17 M/C |
Ban Belakang | 80 / 90 - 17 M/C |
Tipe Rem Depan | Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Disc Brake |
Sistem Pengapian | DC-CDI |
Tipe Busi | CPR8EA-9 & U24EPR-9 |
Baterai | YB5L-9 (12V-5Ah) |
Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Vega
Suspensi yang dipakai pada bab depan bermodel teleskopik dan belakang menggunakan monocross. Ukuran ban yang dipraktekkan 70 / 90 – 17 M/C untuk roda depan sedangkan 80 / 90 – 17 M/C ukuran roda belakang. MX juga disokong dengan pengereman disc brake dan drum brake serta bagian depan belum dilengkapi fitur upside down, untuk lebih informasi detailnya bisa lihat tabel spesifikasi di atas.
Yamaha New Jupiter MX Generasi Kedua (2010 – 2014)
Tipe Mesin | liquid cooled 4-stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder, Tegak |
Diameter x Langkah | 57,0 mm x 58,7 mm |
Daya Maksimum | 9,21 kW / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 12,14 Nm / 6.000 rpm |
Volume Silinder | 134,4 cc |
Perbandingan Kopresi | 10,9 :1 |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kick Starter |
Sistem Pelumas | Basah |
Sistem Bahan Bakar | Karburator BS25-58 x 1 |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual & Multiplat |
Tipe Transmisi | 5 Percepatan (1-N-2-3-4-5) |
P X L X T | 1.960 mm x 695 mm x 1.080 mm |
Jarak Rendah Ke Tanah | 140 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 770 mm |
Berat | 109 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 4 Liter |
Tipe Rangka | Diamond |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Lengan Ayun |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 70 / 90 - 17 M/C (33P) |
Ban Belakang | 100 / 70 - 17 M/C (49P) |
Tipe Rem Depan | Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Disc Brake |
Sistem Pengapian | DC-CDI |
Tipe Busi | CPR8EA 9 & U24EPR-9 |
Baterai | YB5L-9 (12V-5Ah) |
Ukuran fisik New MX mempunyai panjang 1.960 mm, lebar 695 mm dan tinggi 1.080 mm. Jarak terendah ke tanah meraih 140 mm dengan tinggi daerah duduk sampai 770 mm. Bobot kendaraan bebek sport ini cuma 109 kg dan disokong kapasitas tangki materi bakar sampai 4 liter. Sistem pengereman dan ukuran ban telah mengalami pergantian, dimana New Jupiter MX sudah membekali disc brake pada roda depan dan belakang.
Yamaha Jupiter MX King Ketiga (2015-2018)
Tipe Mesin | Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder, Tegak |
Diameter x Langkah | 57,0 mm x 58,7 mm |
Daya Maksimum | 11,3 kW / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 13,8 Nm / 7.000 rpm |
Volume Silinder | 150 cc |
Perbandingan Kopresi | 10,4 :1 |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kick Starter |
Sistem Pelumas | Basah |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual & Multiplat |
Tipe Transmisi | Constant Mesh & 5 Percepatan |
P X L X T | 1970 mm x 670 mm x 1080 mm |
Jarak Rendah Ke Tanah | 135 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 780 mm |
Berat | 116 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 4,2 Liter |
Tipe Rangka | Backbone |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 90 / 80 - 17 M/C (38P) |
Ban Belakang | 120 / 70 - 17 M/C (58P) |
Tipe Rem Depan | Single Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Single Disc Brake |
Sistem Pengapian | TCI |
Tipe Busi | NGK / CR8E |
Baterai | GTZ4V / YTZ4V |
Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter
Penambahan beberapa fitur menciptakan bobot kendaraan MX menjadi lebih berat dari sebelumnya yaitu 116 kg dan mempunyai kapasitas tangki bahan bakar sampai 4,2 liter. Agar mempunyai kualitas yang kuat dan kuat, Yamaha melengkapi suspensi MX king dengan tipe rangka Backbone. Tinggi kawasan duduk Yamaha MX king lebih tinggi dibandingkan New Jupiter MX dengan selisih 10 mm.
Yamaha Jupiter MX King Facelift (2019 – sekarang)
Tipe Mesin | Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder, Tegak |
Diameter x Langkah | 57,0 mm x 58,7 mm |
Daya Maksimum | 11,3 kW / 8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 13,8 Nm / 7.000 rpm |
Volume Silinder | 150 cc |
Perbandingan Kopresi | 10,4 :1 |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kick Starter |
Sistem Pelumas | Basah |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual & Multiplat |
Tipe Transmisi | Constant Mesh & 5 Percepatan |
P X L X T | 1970 mm x 670 mm x 1080 mm |
Jarak Rendah Ke Tanah | 135 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 780 mm |
Berat | 116 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 4,2 Liter |
Tipe Rangka | Backbone |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 90 / 80 - 17 M/C (38P) |
Ban Belakang | 120 / 70 - 17 M/C (58P) |
Tipe Rem Depan | Single Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Single Disc Brake |
Sistem Pengapian | TCI |
Tipe Busi | NGK / CR8E |
Baterai | GTZ4V / YTZ4V |
Itulah perjalanan generasi Yamaha Jupiter MX dari tahun ke tahun. Setiap generasi mempunyai perbedaan dan kelebihannya. Semoga berfaedah dan terima kasih. Sumber https://nuroehi.blogspot.com