Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Jenis Ban Kendaraan Beroda Empat Terbaik Untuk Truk Dan Bus

Kebutuhan ban bagi kendaraan memang tidak bisa dibantahkan, ban yang termasuk bab kaki-kaki yang berperan penting dalam mempertahankan kestabilan dan mempermudah laju kendaraan. Pemilihan ban sungguh menentukan kepada penampilan dan kenyamanan pengemudi, terlebih kendaraan beroda empat yang memiliki body besar dan membawa beban berat.

Kebutuhan ban bagi kendaraan memang tidak bisa dibantahkan Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Truk dan Bus

Terdapat beberapa jenis atau tipe ban mobil yang banyak dipakai pada truk dan bus, adalah Ban Bias dan Ban Radial. Kedua jenis ban tersebut memiliki perbedaan, mulai dari susunan carcass cord dan kelebihan dari masing-masing ban.

Untuk jenis ban bias mempunyai karakteristik dengan susunan benang yang ditenun secara menyilang atau diagonal, jalinan benang pada ban jenis ini hanya terdapat pada permukaan ban dan tidak sampai pada sisi samping ban. Sedangkan ban radial sendiri di desain dengan susunan carcass cord yang melintang ke kiri dan kanan sampai mencapai dinding ban. Untuk ban radial yang banyak beredar di Indonesia pada sisi samping ban tampakrapih dan tidak terdapat pattern samping.

Kebutuhan ban bagi kendaraan memang tidak bisa dibantahkan Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Truk dan Bus

Jika kita amati dari kontruksi karet ban yang dipakai, pada ban bias mempunyai daya karet yang sangat kuat dan tebal, teladan alurnya pun lebih besar dan tampak terang. Selain itu, terdapat alur pada segi samping ban yang berfungsi menambah traksi ketika kendaraan melewati jalan berlumpur. Hal ini yang menjadi ciri khas dari ban bias.

Sedangkan ban radial memiliki karet yang letur, lembut dan tapak ban tidak begitu tebal. Apabila dilihat dari sisi samping ban pada dindingnya halus, rapi dan tidak mempunyai alur. Performa cengkram kepada permukaan jalan raya sangat baik dibandingkan ban bias.

Nah, dari kedua jenis ban tersebut mana yang paling baik untuk kendaraan truk maupun bus? Tapi sebelumnya Anda mesti tau apalagi dahulu medan jalan yang sering dilewati, karena menerapkan ban yang salah dapat membahayakan keamanan dan kerusakan ban yang lebih cepat. Tentu hal seperti ini sangat merugikan pengemudi, penumpang dan bahkan pengendara lain.

Baca Juga :11 Merk Ban Motor Berkualitas Anti Licin

Bagi kendaraan bus yang dominan di tempat perkotaan dengan medan jalan beraspal, disarankan memakai jenis ban radial.  Karena keunggulan dari ban ini bisa  menahan panas, tahan usang dan cengkram pada permukaan jalan sangat bagus,hanya saja harga yang ditawarkan dari jenis ban ini jauh lebih mahal dibandingkan ban bias.

Walaupun ban radial banyak keunggulannya, tetapi ban ini sungguh lemah jikalau permukaan jalan yang dilewati tidak rata atau rusak. Konstruksi ban yang elastis pada ban radial akan gampang mengalami pergantian bentuk pada dinding ban dan bahkan akan menyebabkan robekkan pada dinding ban.

Kendaraan yang melalui permukaan jalan tidak rata dan bergelombang cocok menggunakan ban bias, sebab kualitas dari ban ini bisa menompang beban kendaraan yang lebih berat dibandingkan ban radial. Untuk itu, ban bias banyak dipakai oleh kendaraan truk. Harga ban bias dibanderol dengan nominal yang lebih hemat biaya dibandingkan ban radial.

Baca Juga : 10 Merk Ban Mobil Terbaik dan Terbukti Tahan Lama

Penggunaan ban radial yang telah menjamur pada kendaraan bus membuat ban bias dijadikan sebagai sparepart cadangan oleh sebagian pengemudi bus. Apalagi dikala kendaraan menempuh jalan yang bergelombang dan menenteng beban berat maka pengemudi bus bisa mengandalkan ban bias untuk menempuh rute hingga ke pedesaan.

Itulah isu perihal jenis ban kendaraan beroda empat terbaik untuk truk dan bus di Indonesia. Penentuan jenis ban sangat menghipnotis tampilan kendaraan beroda empat dan konsumsi materi bakar, sehingga pilihlah ban terbaik meskipun Anda mesti mengeluarkan ongkos yang lebih mahal. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar