--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Komponen-Unsur Knalpot Motor, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Knalpot motor memang mempunyai bentuk yang berlawanan jauh dengan knalpot mobil. Meskipun bentuknya berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama, ialah untuk meredam suara dari gas sisa pembakaran, mempertahankan kinerja mesin, meredam emisi gas buang dan sebagainya. Knalpot motor tersusun dari beberapa bagian utama seperti kepala knalpot, silencer, glasswool dan chamber.

Karena fungsinya selaku jalan masuk pembuangan gas pembakaran, maka letak knalpot mengarah ke belakang . Namun bila kamu melihat kendaraan yang knalpotnya berada di segi depan atau mengarah ke samping, biasanya itu sudah dimodifikasi oleh pemilik kendaraan. Tapi ini cuma sering terjadi pada kendaraan beroda empat saja, utamanya mobil pengangkut materi bakar, elpiji atau bahan yang mudah terbakar.

Knalpot motor memang memiliki bentuk yang berbeda jauh dengan knalpot mobil Komponen-komponen Knalpot Motor, Fungsi dan Cara Kerjanya

Komponen pada knalpot motor tidak sebanyak kendaraan beroda empat, knalpot motor juga memiliki desain yang lebih sederhana dan gampang untuk dibersihkan.  Bagi kau yang memiliki sepeda motor, pasti merasa penasaran mengapa bunyi mesin yang keluar dari knalpot  terdengar halus dan lembut. Hal itu terjadi alasannya adalah adanya sejumlah unsur di dalam knalpot yang berperan untuk meredam bunyi.

Untuk lebih jelasnya, berikut bagian-bagian knalpot motor dan fungsinya.

1. Kepala Knalpot

Bagian pertama pada knalpot motor yang akan kita diskusikan yakni kepala knalpot (header knalpot). Kepala knalpot ini yang nantinya akan mendapatkan pertama gas sisa pembakaran, fungsinya untuk untuk menghubungkan antara silinder mesin dengan seluruh bagian knalpot untuk melaksanakan proses pembuangan gas hasil pembakaran yang terjadi saat kamu berkendara.

2. Resonator

Komponen resonator mempunyai fungsi untuk menyerap dan menyaring bunyi ledakan dari kegiatan mesin. Apabila bagian ini rusak maka mampu mempengaruhi mutu suara mesin yang dikeluarkan knalpot terdengar sangat berisik atau bising.

3. Silencer

Komponen knalpot motor yang ketiga ialah silencer. Fungsi utama dari unsur ini yaitu untuk meminimalisir bunyi knalpot yang terlalu keras dan sekaligus sebagai saringan kedua pada knalpot sehabis resonator. Silencer inilah yang menciptakan sisa gas buang menjadi lebih ramah lingkungan saat dilepas ke udara.

4. Glasswool

Komponen knalpot motor yang keempat ialah glasswool. Fungsi utama glasswool yakni untuk mereduksi suara knalpot dan juga mengembangkan performa mesin motor. Komponen ini gampang di temui di bengkel atau toko suku cadang dengan harga murah hingga mahal. Pilih dan gunakan glasswool yang bermutu baik untuk membuat bunyi motor yang merdu dan lembut.

5. Chamber

Komponen knalpot motor yang terakhir ialah chamber. Komponen yang satu ini mempunyai fungsi sebagai pemantul gas buang hasil pembakaran. Namun chamber ini cuma mampu ditemui pada jenis motor dua tak saja, hal ini dikarenakan mesin dua tak tidak mempunyai klep (valve).

Cara Kerja Knalpot Motor

Sistem kerja knalpot yang terjadi dimana pembakaran yang berlangsung di ruang bakar akan menghasilkan gas sisa yang mesti dikeluarkan alasannya adalah telah tidak diharapkan lagi. Gas hasil pembakaran tersebut akan pertama kali diterima oleh exhaust manifold, kemudian akan di salurkan ke bagian-bagian knalpot lainnya.

Baca Juga:

Sebelum dilepaskan ke udara, gas sisa pembakaran akan melalui beberapa proses mirip absorpsi bunyi, penyaringan gas buang dan penyaringan emisi gas buang. Proses ini dijalankan agar gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot terdengar halus, nyaring dan tentu saja ramah lingkungan.

Itulah tadi bagian-komponen knalpot motor dan fungsinya. Selain mengenali unsur knalpot di atas, kau juga disarankan untuk melakukan perawatan knalpot secara terpola biar baka. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan berguna untuk Anda.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar