Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Fungsi Water Pump Mobil, Ciri-Ciri Dan Efek Kerusakanya

Water Pump ialah salah satu komponen pada tata cara pendingin yang berfungsi untuk menertibkan sirkulasi air pendingin pada radiator agar suhu mesin tetap dalam kondisi wajar . Kaprikornus air radiator telah lewat tahap pendinginan maka water pump akan memompa air masuk ke dalam mesin supaya suhu mesin tetap terjaga dan stabil pada suhu kerja mesin normal.

Umumnya water pump mobil menyatu dengan blok mesin dan diletakan pada segi depan mesin yang berdampingan dengan timing belt. Pada mobil tertentu, water pump digerakan oleh timing belt dan ada juga yang digerakan menggunakan V belt.

Untuk water pump yang digerakan oleh timing belt memakai pulley yang berupa seperti gerigi, sedangkan pulley yang digerakan oleh V belt berupa polos dan terdapat lubang (baut) untuk memasang V belt.

Jenis-Jenis Sistem Pendingin Mesin
  • Sistem Pendingin Mesin Mobil

  • Akibat dari kipas radiator yang tidak berputar akan menimbulkan air pendingin tidak dapat bersirkulasi. Makara air yang berada di bagian bawah radiator suhunya tidak mampu mencapai 95 derajat celcius, sedangkan suhu air yang berada di dalam mesin sudah mendidih lebih dari 100 derajat celcius.

    5. Air Radiator Berhenti Bersirkulasi

    Tanda kerusakan terakhir pada water pump ialah air pendingin berhenti bersirkulasi. Untuk mengetahui hal tersebut kamu perlu melaksanakan pengecekan, caranya dengan membuka thermostat untuk beberapa waktu dikala mesin dalam keadaan idle.

    Kondisi idle yaitu suatu kondisi dimana mesin mobil dalam kondisi menyala, tetapi kendaraan tidak dalam keadaan bergerak. Ketika kondisi idle, coba kerjakan pengecekan pada lubang penutup radiator. Jika air radiator bersirkulasi, maka ditentukan water pump masih berfungsi dengan baik.

    Akibat Kerusakan Water Pump Mobil

    Seperti yang sudah diterangkan di atas, water pump ialah komponen penting pada metode pendingin yang fungsiya untuk memompa air dari radiator menuju mesin. Jika water pump mengalami kerusakan dan tidak kunjung diperbaiki, maka pendistribusian air radiator akan mengalami gangguan. Bahkan kerusakan water pump akan menunjukkan dampak yang cukup serius pada mesin kendaraan beroda empat.

    Sebenarnya water pump kendaraan beroda empat jarang mengalami kerusakan, usia pemakaian komponen ini mampu meraih sepuluh tahun jika pengisian air radiator dilakukan sesuai dengan hukum. Namun, jika kau mendapatkan adanya dilema pada pompa air, segera ganti dengan unsur yang baru dan bermutu.

    Itulah fungsi water pump kendaraan beroda empat dan ciri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada water pump. Apabila didapati adanya kerusakan pada water pump kendaraan beroda empat kamu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel iktikad kau. Semoga Bermanfaat.


    Sumber https://nuroehi.blogspot.com

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar