--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

9 Hal Di Dalam Mobil Yang Mengusik Fokus Pengemudi

Seorang pengemudi membutuhkan konsentrasi saat berkendara. Kecepatan kendaraan beroda empat yang tinggi dan kendali yang penuh kepada kendaraan akan gampang terganggu jikalau pengemudi kehilangan fokus, meskipun itu hanya beberapa detik saja. Apabila fokus sudah hilang, umumnya pengemudi akan merasa nervous dan pengendalian stir kemudi menjadi berantakan.

Sebenarnya, berbagai kegiatan di dalam kendaraan beroda empat yang mampu mengacaukan konsentrasi pengemudi, baik itu acara yang dijalankan oleh pengemudi ataupun penumpang. Padahal hal tersebut bisa berpeluang membahayakan keamanan dan keselamatan berkendara lho.

Seorang pengemudi membutuhkan konsentrasi ketika berkendara 9 Hal di Dalam Mobil Yang Mengganggu Konsentrasi Pengemudi

Setidaknya ada sembilan aktivitas di dalam kabin mobil yang sering kali dikerjakan oleh pengemudi yang menyebabkan kurangnya konsentrasi saat berkendara. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

1. Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Banyak pengemudi yang bermain ponsel dikala dalam perjalanan. Mereka bukan cuma sekedar mengangkat telepon, tetapi juga menyebabkan ponsel atau gadget selaku cermin untuk melihat penampilan dirinya,  utamanya merapihkan rambut dan tampang dari tata rias.

2. Menyalakan Radio Dengan Suara Keras

Menyalakan radio atau musik saat berkendara itu boleh-boleh saja. Namun tahukah kamu menyalakan radio dengan volume suara yang keras mampu mengusik fokus pengemudi. Meskipun tujuannya cuma sekedar menetralisir bosan atau bosan selama di dalam mobil.

3. Makan Saat Mengemudi

Mengemudi sambil makan adalah salah satu tindakan yang melanggar peraturan kemudian lintas. Kebiasaan ini mesti dihindari dikala berkendara, sebab mampu mensugesti konsentrasi ketika berkendara.

Apalagi jikalau kau memakan kuliner yang mengandung minyak dan makannya memakai tangan pribadi tanpa pemberian sendok. Bisa saja, minyak tadi menempel di stirr dan kau akan sukar menertibkan kemudi alasannya adalah lapisan stir licin sebab minyak.

4. Membalas Pesan Singkat Saat Mengemudi

Sering kali kita mendapatkan pesan singkat ketika sedang mengemudi. Mungkin pesan tersebut dari orang renta, kerabat, teman ataupun bos. Apapun pesan singkat tersebut, semestinya kamu tidak membuka atau membalasnya ketika di perjalanan, sebab itu dapat mengkacaukan fokus.

Baca Juga :

Membalas pesan singkat akan mengalihkan persepsi kamu ke ponsel, meskipun itu hanya beberapa detik saja. Namun untuk keamanan berkendara, diusulkan kamu membalas pesan tersebut setelah kau hingga di tujuan.

5. Meletakan Barang di Dashboard

Meletakan barang bawaan dan aksesoris di atas dashboard sangat tidak dianjurkan, walaupun itu hanya sekedar mempercantik tampilan interior kendaraan beroda empat. Terlalu banyak barang di dashboard dapat mengganggu persepsi pengemudi, selain itu barang tersebut bisa saja terlempar ke arah penumpang dan pengemudi jika terjadi benturan.

6. Mengemudi Dalam Keadaan Lelah

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya yaitu mengemudi dalam kondisi letih dan mengantuk. Kondisi badan yang letih dan dipaksa untuk mengemudi, cuma akan membahayakan keamanan penumpang. Jika merasa lelah dan mengantuk, segeralah menepi menuju rest area terdekat untuk beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

7. Melamun Saat Berkendara

Di saat tengelam dalam pikiranmu sendiri, membayangkan sebuah situasi atau berhalusinasi adalah hal yang mampu menyebabkan pengemudi kehilangan konsentrasi. Pandangan yang tidak tertuju ke jalan mampu beresiko meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya.

8. Mengemudi Dalam Keadaan Marah

Pengemudi yang sedih, murka atau kesel mampu berpotensi mengalami kecelakaan. Orang yang sedang marah cenderung meluapkan kekesalannya dengan menambah kecepatan kendaraannya. mereka merasa, hal itu mampu mengobati hatinya dan membuatnya menjadi lebih hening. Di dikala kau sedang emosi atau duka, seharusnya tenangkan asumsi dan hatimu apalagi dahulu sebelum berkendara.

9. Bercanda Berlebihan Ketika Berkendara

Jalan raya bukanlah tempat yang cocok untuk melaksanakan kekonyolan dan becanda berlebihan. Selain bisa membahayakkan keamanan dirimu, becanda ketika mengemudi juga mampu mengganggu fokus yang tentunya bisa membahayakan penumpang dan pengendara lain.


Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar