Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

5 Fungsi Koil Mobil Dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Pada kendaraan terdapat metode pengapian yang mempunyai peran untuk menyalakan mesin. salah satu komponen pengapian kendaraan beroda empat ialah koil, benda satu ini berupa gulungan kawat yang di aliri oleh arus listrik yang disebut kumparan. Besar diameter dari kawat tembaga dan jumlah gulungan dari tiap-tiap bagian tidaklah sama, komponen koil terdiri atas tiga gulungan.

Fungsi utama koil yaitu untuk memajukan tegangan listrik yang kemudian dialirkan ke busi. Nantinya busi akan memercikan bunga api dan memperabukan adonan bahan bakar yang berada di ruang bakar mesin.

Lalu, Apa yang membuat koil mobil pada sistem pengapian sungguh penting? Apa saja fungsi koil kendaraan beroda empat? Dan Apa saja kerusakan yang sering terjadi pada koil ? Untuk mengenali lebih lanjut mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Water Pump Mobil
  • Sistem Pendingin Mesin Mobil
  • Jenis Sistem Pendingin Mesin

  • Pembakaran dimulai di bab motor kemudian berlanjut ke kabel tegangan tinggi dan berakhir di busi. Pada hasilnya menghasilkan percikan bunga api di ruang bakar mesin.

    5. Gunakan Koil Berkualitas

    Karena koil memiliki peranan yang sangat penting pada sistem pengapian, maka tidak menuntut kemungkinan komponen ini akan mengalami kerusakan. Biasanya koil rusak akan ditandai dengan tenaga mesin yang menurun, dan getaran keras pada bab mesin. Kondisi ini menjadikan asupan materi bakar menjadi lebih boros balasan dari proses pembakaran yang tidak sempurna.

    Untuk mengantisipasi kerusakan pada koil dan busi, lebih baik kerjakan perawatan dan pengecekan kendaraan beroda empat secara terencana di bengkel resmi.

    Ciri-Ciri Kerusakan Koil Mobil

    Pentingnya bagi kita untuk mengenali tanda-tanda kerusakan pada koil kendaraan beroda empat. Dengan demikian kita dapat mengidentifikasi kerusakan koil sedini mungkin sehingga tidak akan terjadi mobil yang tiba-tiba mogok ataupun mesin yang tidak mampu dinyalakan.

    Melihat koil yang fungsinya untuk meningkatkan tegangan listrik pada metode pengapian mobil, maka ciri-ciri kerusakan koil di bawah ini bisa menjadi standar. Apabila kendaraan beroda empat kamu mengalaminya, maka kerusakan tidak jauh dari sistem pengapian mesin. Berikut tanda kerusakan koil, diantaranya:

    • Boros Bahan Bakar, rusaknya koil juga bisa menimbulkan mobil menjadi boros materi bakar. Coba lakukan perjalanan jauh dan isi bahan bakar mobil kamu sampai full, bila materi bakar terkuras dengan segera padahal jarak yang ditempuh belum jauh, maka kemungkinan koil telah mulai mengalami kerusakan.
    • Tenaga Mesin Menjadi Berkurang, ada banyak penyebab yang membuat tenaga mesin menurun. Namun koil kendaraan beroda empat yang mulai rusak juga mampu menjadi penyebab tenaga mesin menurun. Kondisi ini ditandai dengan mobil berjalan sangat berat dan lambat.
    • Mesin Mobil Mendadak Mati, kadang-kadang suka kesel kalau kendaraan beroda empat sedang digunakan dan tiba-datang mesin kendaraan beroda empat mati sendiri. Kondisi ini menjadi salah satu indikasi jika koil kendaraan beroda empat mengalami kerusakan.
    • Mesin Mobil Sulit Dinyalakan, keadaan seperti ini terkadang dialami oleh pengemudi. Keadaan mesin yang secara tiba-tiba susah dinyalakan, terlebih dalam keadaan cuaca acuh taacuh. Jika kamu mengalami hal ini, kemungkinan koil telah mengalami kerusakan.


    Itulah fungsi koil kendaraan beroda empat dan ciri-ciri kerusakannya. Jika tata cara pengapian pada kendaraan beroda empat mengalami gangguan, segeralah kerjakan pengecekan untuk menentukan komponen mana yang mengalami kerusakan, jangan menangguhkan -nunda untuk melaksanakan pemeriksaan. Hal ini untuk ketentraman Anda dikala berkendara. Semoga Bermanfaat.


    Sumber https://nuroehi.blogspot.com

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar