--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

4 Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi Dan Cara Mengatasinya

Berkendara memakai sepeda motor berkopling manual memiliki rasa yang lebih tenteram dalam hal performa, dimana akselerasi perpindahan gigi menjadi lebih lezat dan halus. Namun kenyamanan berkendara berkopling manual mampu saja hilang jikalau adanya kerusakan pada kopling. Beragam kerusakan yang menyerang kopling menjadikan menurunnya tampilan kendaraan, mirip kampas kopling yang telah habis, plat kopling bengkok dan sebagainya.

Sebagai komponen motor yang memiliki fungsi untuk memutus dan menghubungkan energi dari mesin ke transmisi saat pengemudi akan melakukan perpindahan gigi percepatan, hal inilah yang membuat kopling termasuk salah satu bagian terpenting pada kendaraan. Tak cuma itu saja, kopling motor juga berfungsi untuk membebaskan laju kendaraan dari kondisi rem mesin dan menghentikan kendaraan tanpa memposisikan gigi transmisi ke keadaan netral. Sebab itu, cukup berbahaya jikalau sistem kopling tidak mampu berfungsi dengan baik, pasalnya motor akan susah dikendalikan.

Berkendara menggunakan sepeda motor berkopling manual memiliki rasa yang lebih nyaman dala 4 Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab yang membuat kopling motor tidak berfungsi. Penyebab yang terjadi buka semata-mata alasannya adalah kelalaian pemilik kendaraan karena kurangnya perawatan, tetapi juga aspek usia pemakaian kopling yang telah terlalu usang sehingga perlu dijalankan perbaikan dan pergantian unsur. Langsung saja, berikut ini penyebab kopling tidak berfungsi dan cara memperbaikinya.

1. Kopling Motor Terlalu Pendek

Penyebab kopling motor tidak berfungsi yang pertama adalahkopling terlalu pendek atau free play terlalu jauh. Hal ini lazimnya berhubungan dengan pengaturan pedal kopling yang diubah-ubah. Sebagian pengemudi motor merasa kurang tenteram dengan setelan kopling tinggi, dimana pedal kopling ditarik sedikit saja sudah terbebas. Sehingga mereka mengubah setelan pedal kopling menjadi pendek, dimana kopling akan terbebas ketika pengemudi motor menawan pedal kopling sampai mentok.

Namun, penyetelan jarak bebas pada kopling motor dilarang sembarangan. Karena mampu mengakibatkan kopling menempel sampai tidak berfungsi dengan baik. Pedal kopling telah ditarik sedemikian rupa, namun kopling tidak mampu bergerak secara sarat seperti lazimnya .

Nah, bagi pengemudi yang masih belum paham penyetelan kopling sudah diubah atau belum. Pengemudi motor dapat mengamati jarak bebas atau free play. Jika free play sampai area stang, menandakan free play telah terlalu jauh dan perlu segera dikerjakan penyetelan ulang. Lakukan penyetelan dengan mengandalkan mur penyetelan kopling, tetapi bila kamu belum paham perihal penyetelan kopling. Sebaiknya minta pinjaman mekanik pada bengkel motor doktrin kamu.

2. Kopling Motor Kurang Pelumas

Pada dasarnya kopling pada kendaraan terdiri dari berbagai macam, seperti jenis kopling menurut cara kerjanya, pengendalian, keadaan pelumas dan jumlah plat yang digunakan. Masing-masing jenis kopling tersebut terbagi menjadi berbagai jenis kopling lagi, mirip pada jenis kopling berdasarkan pelumasnya yang terbagi lagi menjadi 2 jenis kopling ialah lembap dan kering.

Kopling kering merupakan jenis kopling yang tidak membutuhkan pelumas pada komponennya, jadi penggunaannya wajib kering dan tidak boleh terkena cairan pelumas. Berbeda dengan kopling berair, dimana kopling jenis ini wajib membutuhkan pelumas alasannya adalah letaknya yang berada di dalam mesin. Jika kelemahan oli maka mampu terjadi slip atau gesekan antar plat.

Agar kopling berair mampu melakukan pekerjaan maksimal maka membutuhkan pelumas, kalau kekurangan pelumas maka menyebabkan plat kopling lengket dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk mengatasinya, pemilik motor harus rutin menganalisa volume oli secara terpola. Biasanya ketika melaksanakan pergeseran oli, motor sedikit kurang nyaman dikendarai. Tetapi setelah beberapa kali dipakai, motor akan kembali nyaman.

3. Kampas Kopling Sudah Habis

Ciri-ciri kampas kopling motor habis adalh hilangnya penampilan kendaraan, meskipun sudah berada pada RPM tinggi, bacin hangus yang menyengat, akselerasi kurang responsif dan sebagainya. Kampas kopling motor habis bisa menjadikan terjadinya tabrakan antara bingkai plat kopling dengan plat penekan yang sama-sama berbahan logam. Hal inilah yang menyebabkan plat-plat kopling menempel sehingga kopling kehilangan fungsinya.

Baca Juga :

Untuk mengatasinya, pengemudi mesti mengubah kampas kopling dengan yang baru. Biasanya, ongkos yang perlu dikeluarkan untuk berbelanja kampas kopling yakni Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 untuk motor jupiter MX. Sedangkan untuk motor sport atau moge harganya jauh lebih mahal, mampu mencapai Rp. 300.000 sampai rp. 1.000.000. Biasanya, setiap jenis motor mempunyai harga kampas kopling yang berlainan-beda.

4. Plat Kopling Motor Bengkok

Pada  motor terdapat beberapa plat kopling, dimana jikalau salah satu plat tersebut bengkok maka mampu mengakibatkan plat saling melekat. Tentunya hal ini akan mempengaruhi performa kendaraan yang mampu saja kehilangan tenaga. Untuk mengatasinya, pemilik motor mau tidak mau mesti mengganti plat kopling dengan yang baru agar sistem kopling pada motor mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Itulah yang menjadi penyebab kopling motor tidak berfungsi. Jika motor kau menandakan gejala di salah satu penyebab di atas maka segeralah untuk melaksanakan pemeriksaan di bengkel resmi atau bengkel langganan kamu. Semoga bermanfaat.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar