Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Cara Cepat Menciptakan Desain Jam Dinding Di Corel Draw

Dalam sehari berapa kali kalian melihat jam? Wah niscaya gak terhitung ya. Ya karena jam ini ialah sebuah alat penunjuk waktu yang sudah banyak di pakai oleh aneka macam kelompok untuk keperluan masing-masing.  Bentuk atau jenis jam yang ada sekarang sudah beragam, ada jam dinding, jangan tangan, bahkan jam digital.
 Dalam sehari berapa kali kalian melihat jam CARA CEPAT MEMBUAT DESAIN JAM DINDING DI COREL DRAW
Dari menyebarkan jenis tersebut yang tidak asing dan hampir siapa pun punya yaitu jam dinding. Sesuai dengan namanya jam ini berada atau menggantung di tembok. Jenis jam ini lumrah berada di rumah, sekolah, kantor bahkan di kamar kalian. Tapi jam ini tidak bisa kalian bawa kemana ya hehe.

Nah supaya menghasilkan dekor ruangan yang unik dan berlainan dari yang lain lazimnya akan diseleksi rancangan jam dinding yang unik. Namun biasanya desain jam yang ada tidak sesuai dengan yang kita kehendaki. Nah maka dari itu di sini admin akan menunjukkan panduan Cara menciptakan Desain Jam Dinding Sendiri di CorelDraw.

Dengan bisa menjadikannya sendiri kalian dapat mengkreasikan desain jam dinding kalian, mungkin bisa dengan foto kalian, foto keluarga, sobat dan lainnya sehingga menghasilkan rancangan yang tidak pernah kalian lihat di tempat lain. Wah keren banget.

Untuk membuatnya cukup rencanakan software Coreldraw X7 atau model lain bebas di laptop dan PC kalian. Oo iya sebelum ke tutorial, meskipun ini membuat desain jam dinding tetapi mampu kalian terapkan juga untuk membuat desain jam tangan laki-laki atau perempuan. Penasaran? Langsung aja simak panduan Membuat Desain Jam Dinding dengan CorelDraw X7 di bawah ini.

Baca Juga:

1. Buatlah bulat sempurna dengan Ellipse tool. Tekan dan tahan tombol Ctrl pada saat akan membuat lingaran. Jika telah jadi duplikat lalu kecilkan ukurannya dan letakkan di bagian tengah mirip di bawah ini. seleksi kedua objek tersebut dengan cara di blok, lalu pada sajian shaping di bab atas pilih Trim untuk memotong.
2. Sebelum berlanjut ke langkah berikutnya kalian munculkan dulu jendela Transformation. Caranya pilih hidangan Objects dibagian atas kemudian cari Transformation pilih yang Rotate. Kalau kalian pakai CorelDraw X3, X4 dan X5 itu menunya ada di sajian Arrange. Nah nanti akan timbul jendela perintah di bagian kanan.

3. Jika telah, kalian buatlah objek persegi  panjang dengan Rectangle tool lalu letakkan seperti yang admin buat di bawah ini. Rapikan objeknya agar berada di tengah. Selanjutnya kalian double klik objek perseginya sampai muncul lingkaran pusat. Setelah itu kalian pindahan bundar sentra tersebut ke bagian tengah lingkaran seperti ini.

4. Pada jendela Transformation atur sudut putarnya menjadi 30 derajat. Kemudian atur juga jumlah copyan nya menjadi 12 buah. Nah jika sudah tinggal kalian tekan Appy. Kalau kalian tidak memindahkan pusat sudutnya maka perintah yang kalian harapkan tidak akan terjalankan.
5. Ok langkah selanjutnya kita akan menciptakan bab untuk detiknya. Caranya kalian buat lagi objek persegi panjang yang lebih kecil dari yang pertama tadi. Setelah itu kalian letakkan di bab tengah objek pesegi panjang pertama. Di sini admin beri warna biru biar kalian mampu membedakannya. jangan lupa pusat lingkarannya juga pindah ke tengah bulat besar.

6. Nah jika sudah kita masuk ke menu Transformation lagi. Atur derajat putarannya menjadi 6, lalu untuk copiesnya atur menjadi 60 buah. Selanjutnya tinggal klik Appy dan lihat risikonya.
7. Selanjutnya kita masukkan angka jamnya. Buatlah angka dengan Text tool dan letakkan di bagian tengah atas. Usahakan angka harus berada di tengah-tengah bulat secara horizontal. 

8. Sama seperti tadi double klik pada angka (double klik secara perlahan), lalu kalian pindahakan pusat sudutnya ke bab tengah bundar. Tambahannya di sini kalian harus menertibkan rataannya menjadi rata Tengah, ada di munu bab atas.
9. Masuk pada jendala Transformation lagi. Kalian atur deraat putarnya menjadi 30 dan copiesnya 12 buah lau klik Apply.


10. Jika sudah jadi, kita mesti mengedit angka ini biar sesuai dengan posisinya. Caranya double klik pada angka yang ingin kalian atur posisinya hingga timbul bundar sentra seperti tadi. Biasanya bulat pusat akan timbul di bagian tengah lingkaran. Pindahkan pusatnya ke tengah angka yang kalian pilih tadi, sesudah itu ubah rotatenya menjadi “0” ada di bab atas hidangan.
11. Jika sukses barulah kalian ubah angkanya sesuai dengan urutan angka jam. Lakukan hal yang sama ke nomor yang yang lain.

12. Langkah yang selanjutnya kita akan membuat jarum jamnya. Buatlah dulu objek persegi panjang dengan Rectangle tool. Atur objek menjadi di bab tengah secara horizontal dari lingkaran. Sama seperti tadi pindahkan sentra persegi panjang ke bagian tengah lingkaran.
13. Buat bab atas menjadi lebih runcing dibandingkan yang bawah. Pergi ke menu Effects di menu atas cari perintah Add Perspective. Jika sudah tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift pada keyboard kemudian kalian tarik sudut kiri atau kanan atas persegi panjang ke bagian tengah mirip ini.
14. Jika berhasil kalian duplikat objeknya dan kalian kecilkan ukurannya. Setelah itu kalian putas sesuai selera. Yang kecil ini ialah jarum yang mengambarkan waktu jamnya.
15. Selanjutnya kita buat jarung penanda waktu detiknya. Buatlah objek persegi panjang dengan ukuran yang lebih kecil tetapi lebih panjang dari yang lain. Buat juga objek lingkaran dengan Ellipse tool dan letakkan di bagian tengah sentra bulat. Nah di sini kita menciptakan 3 objek sekaligus mirip gambar berikut.

16. Kalian seleksi ketiga objek tersebut, caranya klik objek yang paling bawah apalagi dulu, tekan dan tahan tombol Shift kemudian klik objek bundar dan persegi yang paling panjang. Akan keluar hidangan fungsi Shaping di bab atas, kalian pilih yang Weld untuk menggabungkan.
17. Jika sudah, berikutnya kalian beri warna pada objek tersebut hilangkan garis pinggirnya dengan menggunakan Outline Pen > No outline.

18. Langkah terakhir kita akan menunjukkan sebuah gambar pada desain jamnya. Kalian buat objek bulat yang ukurannya sama dengan ukuran bundar bab tengah jam. Kalian bisa juga drag atau tarik bulat yang ada tengah jam kalau tidak inginrepot. Jangan lupa beri warna untuk bulat yang terbesar ya.
19. Berikutnya import gambar yang kalian inginkan. Transparankan dengan Transparency tool, sehabis itu klik kanan pada gambar, pilih PowerClip Inside dan arahkan tanda panah ke lingarannya tadi.
Baca Juga :

20. Jika telah, berikutnya kalian letakkan gambar nya di bagian bawah dari jam. Jika belu tau cara memindahkan objek ke belakang Klik Disini. Dan ini lah kesudahannya simpulan.
Untuk warna jam dan desain gambarnya itu bebas mampu kalian tukar sesuai dengan kreatifitas temen-temen semua atau sesuai pesanan dari peminat. Ok sekian dahulu Cara Membuat Desain Jam Dinding di CorelDraw bila ada yang kurang paham bisa tanya di komentar. Terima kasih telah berkunjang, sampai jumpa di panduan selanjutnya.


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar