Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Menciptakan Efek Teks Terpotong Keren Di Corel Draw

Efek Tulisan Terpotong - Menjadi seorang desainer grafis memang dituntut untuk selalu berfikir inovatif serta inovatif bukan cuma menguasai software desain grafis saja. Karena sebuah project rancangan grafis yang dibuat diperlukan memiliki hasil ynag anggun dan nilai jual yang tinggi. Maka dari itu untuk mengembangkan skill, seorang desainer grafis akan mengeksplor fitur serta rancangan-rancangan yang dibentuk.
 Menjadi seorang desainer grafis memang dituntut untuk selalu berfikir kreatif serta inova MEMBUAT EFEK TEKS TERPOTONG KEREN DI COREL DRAW
Hal ini tidak lain-tidak bukan agar sebuah desain grafis yang dibentuk tetap disenangi dan mendapat perhatian dari orang yang melihatnya. Setiap desainer grafis memiliki softwarenya sendiri-sendiri dalam membuat suatu desain. Ada yang memakai Adobe Ilustrator, Photoshop, CorelDraw dan lain sebagainya.

Setiap software yang ada punya keunggulan dan kekurangannya masing masing. Kaprikornus jangan merasa software mu yang paling baiknya hehee. Dari semua software itu admin ialah penggunakan aplikasi CorelDraw dan pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tips dan trik menciptakan imbas kombinasi pada goresan pena atau teks.

Bukan cuma sebuah tulisan yang berisikan abjad-huruf saja, tetapi teks dapat membuat desain menjadi lebih keren dan bernilai. Sebuah teks memang paling yummy untuk dikotak katik dan divariasikan. Selain gampang, teks juga mampu diberikan aneka macam imbas yang kita harapkan seperti teks bercahaya, timbul, emboss dan berekor. Bahkan ada lo font yang menyediakn tulisannya menjadi lebih beraneka ragam.

Nah semua imbas diatas sudah pernah admin buatkan juga tutorialnya di blog ini. maka dari itu mari kita eksplor lagi panduan lainnya. Di sini admin akan memberikan tutorial Cara Membuat Efek Teks Terpotong di CorelDraw. Mungkin dari kalian ada yang menduga bahwa panduan ini biasa saja?

Namun tidak mirip tutorial lainnya, admin akan menjadikannya tampak lebih keren dan berkelas, ya seperti gambar di atas tadi. Dengan menggunakan cara yang sederhana dan tehnik serta fitur yang gampang menimbulkan bimbingan ini mampu diikuti oleh siapa pun bahkan pemula sekalipun.

Tips dan Trik

Inti dari panduan ini ialah memotong atau terbelah dan efek warna. Nah itu ialah tehnik dasar kan? Pasti kalian yang sudah usang memakai aplikasi CorelDraw juga sudah bolak-balik mengaplikasikan tehnik ini disetiap desain yang dibuat. Tapi kalau kalian yang masih berguru CorelDraw admin juga menjelaskannya dengan rincian yang disertai gambar juga.

Tips ini dibuat dengan CorelDraw model X8 jadi bila tapilannya tambak berlainan itu beberarti kalian menggunakan versi usang. Kalau kalian mau pakai yang model usang tetapi tampilannya sama seperti X8, kalian bisa gunakan coreldraw X6 atau X7 maka tampilannya gak jauh berbeda. Namun itu tidak menghipnotis cara pembuatannya.

Sebelum ketutorial, sediakan dulu materi-bahan perangnya. Tidak banyak hanya siapkan sebuah gambar yang nantinya dijadikan latar belakang background. kalian bisa search di mbah google dengan keyword gedung, jalan raya, gunung atau lainnya dan tentukan pilih yang mutu HD ya.

Baca Juga :

Caranya sungguh mudah dan cuma beberapa langkah saja. Penasaran? Inilah bimbingan Cara Membuat Efek Tulisan Terpotong di CorelDraw X8.

Proses Pembuatan

1. Pada lembar kerja, buatlah sebuah goresan pena dengan memakai Text tool. Setelah itu ubah fontnya menjadi font yang tebal agar akhirnya cantik. Kalau admin menngunakan font Impact. Beri warna putih pada teks.
2. Disini admin buat backgroundnya berwarna debu-bubuk agar kalian gampang untuk melihat efeknya. Tapi kalian juga mampu memodif warnanya menjadi yang lain mirip hitam.

3. Selanjutnya kalian buatlah suatu objek yang digunakan untuk memotong dibagian bawah teks. Bentuk objeknya mirip yang admin buat ini. Ada banyak tool yang bisa kalian pakai untuk menjadikannya, diantaranya Freehand tool, Bezier tool, Pen tool dan lainnya. Admin sendiri membuatnya dengan Freehand tool.
4. Jika telah jadi berikutnya seleksi objek tersebut lalu tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kemudian klik tulisan yang telah dibuat tadi. Kalian juga bisa melakukannya dengan cara di blok agar lebih mudah. Nah pada sajian shaping yang keluar dibagian atas pilih Intersect untuk menciptakkan objek baru.
5. Objek gres yang tercipta tadi ubah warnnya menjadi warna hitam. Selanjutnya seleksi lagi objek kotak tadi, tekan dan tahan Shift kemudian klik tulisan yang berwarna putih. Kali ini pada sajian shaping yang keluar kalian pilih yang Back Minus Front.
6. Langkah berikutnya ubah warna tulisannya menjadi bubuk-bubuk. Setelah itu geser sedikit kebagian atas dan kesamping sehingga terbentuk efek seperti terbelah.
7. Berikutnya kalian seleksi goresan pena yang berwarna hitam, kemudian pada tool box pilih Interactive Fill tool. Selanjutnya kalian tarik dari atas ke bawah sehingga membentuk warna gradasi seperti gambar di bawah ini. Atur sampai kira kira telah pas.
8. Langkah selanjutnya kalian seleksi goresan pena yang bagian atas kemudian kerjakan hal yang sama seperti cara di atas tadi. Bedanya adalah kalian tarik dari bawah ke atas dan atur hingga benar benar cocok.
9. Agar kesudahannya lebih cantik dan keren tambahkan imbas shadow atau bayangan. Caranya, seleksi lagi tulisan yang bab atas lalu pilih Drop Shadow tool. Setelah itu kalian tarik menyilang kesamping. Ubah mode shadownya menjadi Subtract kemudian untuk levelnya atau tingkat kejelasan bayangan buat menjadi 23 atau bisa juga kalian coba coba level yang cocok.
10. Nah imbas tulisan terpotongnya telah terbentuk. Tapi agar semakin keren lagi kalian import sebuah gambar kelembar kerja coreldraw. usahakan menggunakan gambar yang bermutu elok dan tidak pecah pecah.

11. Jika telah di import lalu kalian atur gambarnya menjadi transparan dengan cara pilih Transparency tool dan atur level transparannya menjadi 85 saja.
Baca Juga:

12. Selanjutnya klik kanan pada gambar lalu pilih PowerClip Inside, arahkan kursor ke background yang dibuat sebelumnya tadi dan klik kiri pada background. sehingga gambar akan masuk ke dalam objek, maka kesudahannya akan seperti ini.
13. Untuk CorelDraw X3, X4, dan X5 cara lainnya adalah pada hidangan  kafe dibagian atas pilih Effects kemudian cari PowerClip dan pilih Place Inside Container.

14. Kalau gambarnya kurang pas, kalian mampu mengaturnya dengan cara klik kanan pada background lalu pilih Edit PowerClip.

Mantap gak karenanya? Nah dari setiap langkah kira-kira bab mana yang kalian kurang paham, silahkan tanya di komentar. Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan desain kalian supaya kalian lebih cekatan lagi.

Sekian dulu bimbingan Cara Membuat Efek Teks Terpotong di CorelDraw. Terima kasih telah berkunjung di halamantutor, mudah-gampang bimbingan yang diberikan berfaedah. Selamat mencoba!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar