Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Menciptakan Berbagai Bentuk Tanda Panah Di Corel Draw

Cara Membuat Tanda Panah - Tehnik dasar ialah sesuatu yang harus dimengerti dan dikuasai oleh seseorang saat akan mengoprasikan suatu perangat, baik itu perangkat computer ataupun android. Dengan menguasai tehnik dasar, maka kita mampu mengembangkannya lebih jauh lagi.
 Tehnik dasar merupakan sesuatu yang harus diketahui dan dikuasai oleh seseorang ketika ak MEMBUAT BERBAGAI BENTUK TANDA PANAH DI COREL DRAW
Contohnya seperti perangkat rancangan grafis, baik itu photoshop, coreldraw, adobe illustrator dan perangkat yang lain. Nah untuk mendesain dengan aplikasi tersebut, maka kita mesti mampu menguasai tehnik dasarnya terlebih dulu.

Nah buat kalian yang mendesain dengan aplikasi coreldraw, mungkin kalian sudah tau beberapa tehnik dasarnya. Seperti memotong objek, menyambungkan objek, menghapus background dan masih banyak lagi yang yang lain.

Kalau kalian baru memulai dan ingin berguru CorelDraw, maka kalian mampu menyaksikan bimbingan dasarnya di blog ini. dan pada peluang ini admin sudah mempersiapkan sebuah panduan dasar lagi yang berjudul Cara Membuat Tanda Panah di CorelDraw, ya seperti judul di atas.

Tidak seperti panduan yang lain, di sini admin akan mengajarkan bagaimana cara membuatnya dalam banyak sekali bentuk dan versi, seperti menciptakan tanda panah melengkung, panah melingkar, lurus, pokonya kalian  ikuti hingga simpulan ya.

Fungsi Tanda Panah

Tanda panah ialah suatu ikon penanda yang berfungsi untuk menawarkan arah ataupun lokasi, sehingga membuat lebih mudah kita untuk menemukan objek dan daerah yang kita cari. Ikon ini merupakan ikon penunjang dalam desain grafis.
Dalam dunia desain grafis selain digunakan sebagai penunjuk, tanda panah juga berfungsi untuk memastikan suatu tulisan yang kita buat supaya pembaca terkonsentrasi dengan goresan pena tersebut.
Selain itu juga mampu dijadikan sebagai penanda dari poin-poin tulisan. Contohnya seperti gambar di atas tadi.

Penggunaan Tanda Panah

Tanda panah mempunyai bentuk yang tegas dan lugas. Sehingga ikon satu ini paling cocok digunaan untuk membuat poster yang bertemakan lembaga pemerintah seperti kepolisian, poster lalu lintas dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Selain poster, kalian juga dapat memasukkannya ke dalam desain lain. Contohnya pamflet, liflet, dan banner atau spanduk. Namun tidak menutup kemungkinan, kalian mampu mengeksplorasinya lagi sesuai kreatifitas temen-temen.

A. Membuat Tanda Panah Lurus

Ini merupakan cara dasar yang berdasarkan admin mesti kalian pahami sebelum ke tahap berikutnya. Caranya cukup gampang dan praktis, lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Pertama kalian buatlah sebuah garis lurus vertical. Kalian bisa menggunakan Freehand tool untuk membuatnya. Kalian juga dapat mengganti ketebalan garisnya sesuai ke inginan.

2. Jika sudah, selanjutnya kalian lihat pada bagian atas. Nah di sini lah kalian bisa membuat tanda panahnya. Ada berbagai macam jenis tanda panah yang bisa kalian pilih. Ya seperti yang admin buat ini.
3. Pastikan kalian seleksi apalagi dulu objek garisnya agar sajian perintah di bagian atas tadi timbul.

B. Membuat Panah Melengkung

Agar bentuk panah yang kalian buat tidak monoton, maka kalian dapat menjadikannya menjadi melengkung. Sehingga nantinya desain kalian terlihat lebih kreatif dan keren. Caranya cukup sederhana untuk dipraktekkan.

1. Awalnya kalian buat suatu garis dengan menggunakan Freehand tool. Kemudian kalian pilih Shape tool yang ada di Tool Box. 

2. Nah lalu kalian klik di bagian tengah garis mirip yang admin tandai, maka nanti akan muncul menu perintah di bagian atas. Pilih Convert to Curves sehabis itu kalian tarik garisnya ke atas atau ke bawah sehingga risikonya seperti berikut.
3. Langkah selanjutnya tinggal kalian pilih jenis atau bentuk panah yang kalian mau, seperti cara yang pertama tadi.
4. Kalian juga mampu mengkreasikan bentuk lengkungannya menjadi bergelombang mirip gambar di bawah. Caranya kalian tarik garis biru, bab kanan ke atas dan bab kiri ke bawah atau sebaliknya.

C. Membuat Tanda Panah Putus-putus

Sebenarnya tutorial yang ke dua ini ialah adonan dari 2 cara. Yaitu menciptakan garis putus-putus dan membuat tanda panah. Dengan memadukan ke dua cara ini, menghasilkan suatu rancangan yang keren. Cek dibawah ini.

1. Masih sama mirip cara yang pertama tadi. Terlebih dahulu kalian buat garis dengan Freehand tool. Kemudian kalian pilih bentuk tanda panah yang kalian kehendaki seperti tadi.

2. Jika semua sudah berikutnya pada bab atas kalian pilih kotak yang tengah diantara bentuk panah tadi. Nah tinggal kalian pilih jenis garis putus-putus yang kalian mau pakai. Ada banyak jenis yang mampu kalian coba.

D. Membuat Panah Melingkar

Cara yang ke empat ini ialah panduan yang paling banyak ditanyakan oleh kalian semua. Yaitu bagaimana menciptakan panah melingkar. Setelah admin pelajari ternyata caranya sangatlah gampang sekali, walaupun sedikit berbeda dengan ke tiga cara di atas. Simak caranya berikut ini.

Baca Juga:

1. Pertama buatlah sebuah objek bundar dengan memakai Ellipse tool. Nanti dibagian atas, kalian akan diberikan pilihan 3 jenis bentuk bulat. Nah kalian pilih yang lingkarannya ter potong mirip yang admin tandai ini.
2. Tips menciptakan lingkaran. Pada saat kalian akan menciptakan objeknya, tekan dan tahan tombol Ctrl. Maka nanti akan menghasilkan bentuk bulat yang tepat.

3. Tidak sama mirip cara di atas yang mana menu perintahnya akan eksklusif muncul dikala kita mengseleksi objek. Di sini kalian mesti pilih dahulu Outline tool, dan cari Outline Pen lalu klik.
4. Nanti akan timbul suatu jendela perintah. Di sinilah kalian dapat menggantinya menjadi tanda panah. Tepatnya pada menu Arrows, kalian tinggal pilih jenis dan bentuk yang cocok keinginan.
5. Jika sudah tekan Ok. Dan bila sukses, maka kesannya akan mirip gambar di bawah ini.
Semua cara di atas bisa kalian praktekan ke semua versi CorelDraw. Alasannya alasannya adalah ini merupakan panduan dasar, maka setiap versi CorelDraw mulai dari X3, X5 hingga yang terbarupun bisa. Mungkin cuma ada perbedaan tampilannya saja.

Tutorial ini dibuat dengan mengguankan CorelDraw X7. Admin kira sekian dahulu panduan Cara Membuat Tanda Panah di CorelDraw X7. Jangan bosan-bosannya untuk terus berguru dan biar berguna. Sukses!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar