Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Membuat Mockup Kaos/T-Shirt Di Corel Draw Dengan Segera

Buat para freelance atau pelakon industry sablon pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mockup. Membuat mockup mungkin sudah menjadi pekerjaan sehari-hari, ya sebab memang itu mesti dilakukan demi menyanggupi permintaan dari customer.
 Buat para freelance atau pelakon industry sablon pasti sudah tidak asing lagi dengan yang MEMBUAT MOCKUP KAOS/T-SHIRT DI COREL DRAW DENGAN CEPAT
Kita mungkin sering menyaksikan template-template muckup dari suatu kaos, mirip di internet contohnya. Namun kadang kala muckup tersebut tidak cocok dengan selera kita baik itu desainnya atau warnanya. Maka dari itu admin akan mengajarkan cara menciptakan muckup kaos atau T-shirt.

Dengan membuatnya sendiri, maka kalian mampu mengendalikan sesuai impian. Muckup lazimnya dipraktekkan pada sebuah kaos atau T-shirt polos. Ya seperti gambar yang kalian lihat di ataslah.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, muckup juga dikerjakan dibeberapa produk lain. Misalnya mirip box atau kotak, kain dan sebagainya. Bicara soal muckup, apakah kalian tau apa itu mockup? Nah di bawah ini merupakan sedikit penjelasan tentang mockup.

Pengertian Mockup

Mockup yaitu gambaran atau preview dari sebuah desain yang kita buat yang menyerupai aslinya dikala nanti akan dibuat . Ingat ya ini bukan ialah gambar atau foto aktual dari sebuah produk tetapi hanya gambaran yang nyaris sama.

Hal ini perlu dilakuakan biar customer atau konsumen bisa membayangkan balasannya nanti ketika sudah dibuat . Agar tampak lebih profesionel berikan mockup bukan hanya di satu sisi saja yaitu bab depan kaos, tetapi tambahkan juga di bab belakang kaos.

Kaos atau T-shirt yang mampu kalian gunakan bebas, tetapi admin saranan untuk mempunyai banyak sekali warna. Seperti kaos hitam, merah, dan putih. Serta aneka macam jenis kaos baik itu lengan pendek, lengan panjang, kaos dewasa, dan kaos belum dewasa. Dengan berbagai jenis tersebut, kalian bisa membayangkan apakah desian kalian itu cocok jikalau dipakai di kaos ini, atau warna ini.

Manfaat Mockup

Ada laba atau faedah jika kita melakukan mockup diantaranya kita tidak butuhmemproduksi barangnya telebih dulu lalu baru kita tawarkan atau kita promosikan terhadap pelanggan. Cukup dengan memmockupnya maka barang sudah mampu di promosikan.

Dengan begitu maka akan menghemat biaya alasannya tidak ada aktivitas buatan. Sehingga kerugian akibat barang tidak laris juga tidak ada. Untuk menciptakan mockup diperlukan sentuhan digital dengan memakai software atau aplikasi.

Software yang mampu digunakan diantaranya CorelDraw, Photoshop, dan Adobe Ilustrator. Dari ketiga aplikasi tersebut admin akan mengggunakan aplikasi CorelDraw tepatnya CorelDraw versi X8. Buat pengguna X7,X5 atau bahkan X3 akan ada perbedaan performa saja.

Berikut ini ialah tutorial Cara Membuat Mockup Kaos/T-shirt dengan CorelDraw. Silahkan diprakteka!

Baca Juga:

Cara Pertama, Pembuatan Logo

Oo iya sebelumnya kalian jangan lupa untuk mendownload teladan kaosnya terlebih dulu. Bisa kalian cari di google atau pixabay. Ok untuk langkah pertama kita akan buat merk atau logo apalagi dulu sebagai pola.

1. Buatlah segitiga dengan menggunakan Polygon tool. Ubah jumlah sudutnya menjadi 3 buah supaya menjadi segitiga. Agar ketiga sudut sama rata tekan dan tahan tombol Ctrl saat akan membuat objek tersebut.
2. Langkah selanjutnya, potong atau hilangkan garis yang ada di bab bawah. Caranya klik kanan pada objek kemudian pilih Convert to Curves. Setelah itu kalian pilih Shape tool, klik titik biru yang ada di garis bawah lalu pada bab atas pilih Delete nodes.
3. Jika telah, kalian klik lagi bab tengah garis tadi sekali saja, lalu kalian pilih lagi Delete nodes. Maka nanti secara otomatis garis akan terpotong seperti gambar berikut.
4. Langkah berikutnya kita besarkan ukuran garisnya menjadi 20 mm, atau sesuai selera kalian. Nah itukan sudutnya masih lancip, kalian ubah supaya garis tersebut menjadi tumpul. Yang belum tau, mampu cek artikelnya disini.
5. Ubah garis tersebut menjadi objek. Caranya seleksi garisnya lalu pilih menu Object di bagian atas lalu kalian pilih Convert Ounline to Object. Atau untuk cara singkatnya tekan Ctrl + Shift + Q.
6. Berikutnya kalian buat lagi objek segitiga dengan polygon tool. Beri warna yang sama dan letakkan seperti yang admin buat ini. lalu kalian seleksi kedua objek tersebut kalian umummelakukannya dengan cara di blok. Lalu pada bagian atas kalian kalian pilih Combine biar objek tergabung.
7. Maka pembuatan logo sudah tamat.

Cara Kedua, Membuat Mockup

Nah pastikan kalian telah mendownload gambar kaosnya ya.

Baca Juga:

1. Pertama kalian import gambar baju yang sudah kalian download. Agar kesannya anggun usahakan kalian menggunakan gambar HD biar jelas dan tidak pecah-pecah.

2. Langkah selanjutnya kalian letakkan logo kalian di atas kaos. Jika logo berada di belakang kaos pindahkan ke depan. Caranya tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard lalu tekan tombol Pg Up. Biasanya tombol ini berada dipaling kiri dari keyboard kalian.

3. Jika telah seleksi logo lalu pilih Transparency tool yang ada di Tool Box. Pilih mode transparannya yang Uniform Transperency. Setelah itu atur efek transparannya pilih yang Multiply.
4. Kalau CorelDraw model sebelumnya akan ada perbedaan tampilan dibagian sini.

5. Jika telah tinggal kalian atur tingkat atau level transparannya biar terlihat kongkret dan keren. Maka seperti ini lah karenanya.
6. Selanjutnya eksport dan simpan. Selesai.

Dari klarifikasi langkah-langakah diatas sekiranya ada yang belum mengetahui silahkan ditanyakan. Admin rasa gak sukar untuk Membuat Mockup Kaos di CorelDraw. Kalian juga bisa mempraktekkannya di rumah.

Catata, jikalau kalian ingin mengmockup suatu gambar, bukan logo atau icon, kalian mampu eksklusif ke cara yang kedua. Namun ukurannya  juga harus diperhatikan ya. Selamat mencoba!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar