Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Cara Clone Objek Di Corel Draw Dengan Gampang

Terkadang jika kita membuat rancangan grafis niscaya akan melakuan duplikasi objek atau rancangan yang dibentuk. Hal ini dilaksanakan tidak lain dan tidak bukan ialah untuk menghemat waktu dan dianggap cara yang paling mudah.
 Terkadang kalau kita membuat desain grafis pasti akan melakuan duplikasi objek atau desai CARA CLONE OBJEK DI COREL DRAW DENGAN MUDAH
Menduplikat ialah tehnik dasar dalam merancang. Apapun  itu aplikasi desain grafisnya, baik itu CorelDraw, Adobe Ilustrator, Photoshop dan aplikasi rancangan lainnya itu caranya sama. Bahkan jikalau kalian mempunyai aplikasi di android ya caranya juga sama aja.

Duplikasi bisa dikerjakan dengan cara copy paste atau kalau dengan cara Shortcut pada keyboard yakni Ctrl + C kemudian Ctrl + V maka objek atau gambar akan terduplikat. Mungkkin diantara kalian telah sering melakukan perintah ini.

Tapi kita tidak akan bahas itu. Namun admin akan membahas Cara Mengclone objek atau gambar di CorelDraw. Nah apakah kalian tahu sesungguhnya duplikat dan clone itu berbeda? Bukanya duplikat dan clone itu sama aja ya? Oops kalian salah.

Yang kalian sering praktekan itu yaitu duplikat atau copy paste. Untuk pengguna CorelDraw fitur clone ini telah ada sejak versi lamanya, mulai dari CorelDraw X5, X3, X4 dan X7. Namun memang fitur yang keren ini sungguh jarang dipakai atau bahkan belum banyak yang tahu fitur ini.

Nama fiturnya yakni Clone tool. Tool ini tidak berada di Tool Box melainkan berada di hidangan Edit yang ada di Menu Bar. Lalu apa bedanya clone dan dupliat? Namun sebelumnya kita diskusikan dulu fungsi dari Clone ini.

Fungsi

Kalau dipandang dari sudut sedehananya duplikat dan clone berfungsi untuk meminimalisir pekerjaan biar merancang jadi lebih singkat, praktis dan efisien. Dengan duplikat dan clone alasannya adalah kita mampu memperbanyak gambar dan objek secara cepat tanpa harus menggambar ulang.

Namun bila fungsi Clone tool itu sendiri lebih membuat pekerjaan menjadi lebih mudah lagi ketimbang duplikat. Lebih praktisnya dimana? Admin akan jelaskan di perbedaan antara clone dan dupliat di bawah ini.

Perbedaan Duplikasi dan Clone

Kalau dilihat dari fungsinya mengkin tidak ada perbedaan yang terlalu siknifikan dari kedua perintah ini ya. Namun ada perbedaan yang sangat mencolok jika dilihat dari hasil yang diberikan.

Duplikat ialah mencopy gambar atau objek sama persis sesuai dengan objek yang dicopy. Biasanya kita menyebutnya dengan copy paste. Sedangkan jikalau Clone, objek yang dicopy dianggap sebagai turunan dari objek pertama yang diclone.

Objek yang diduplikasi akan bangkit sendiri tidak tergantung oleh objek pertama yang dicopy. Makara kita mampu mengatur ulang objek namun objek lain tidak terpengaruh. Sehingga  alau kita sudah terlanjur mengcopy banyak maka kita mesti ubah satu persatu.

Sedangkan jikalau objek yang diclone, objek tersebut akan mengikuti apapun yang dilaksanakan terhadap objek yang pertama. Artinya bila kalian sudah mengcopy banyak objek, namun kalian ingin mengeditnya lagi, maka kalian cukup mengedit objek yang pertama, maka nantinya objek yang lain akan ikut teredit.
Coba lihat gambaran berikut.
Nah itu sedikit penjelasan mengenai fungsi dan perbedaan dari duplikat dan clone. Selanjutnya mari kita langsung praktekkan dengan aplikasi. Inilah tutorial Cara Clone di CorelDraw simak dengan teliti.

1. Sebelum mengcloning kita harus menciptakan sebuat objek atau gambar terlebih dulu. Disini admin akan membuat menara kubah masjid. Karena desain bangunan umumnya akan membutuhan clone yang banyak.

2. Pertama buatlah sebuah garis seperti yang admin buat di bawah ini. kalian bisa menggunakan Freehand tool, Bezier tool atau yang lain. Admin menjadikannya dengan Freehand tool.

3. Setelah itu kita akan membuatnya melengkung. Caranya kalian pilih Shape tool kemudian kalian klik di bagian tengah garis deperti yang admin buat di bawah ini. lalu pada bagian atas kalian pilih Convert to curves.
4. Langkah selanjutnya akan ada 2 tanda panah berwarna biru di bab tengah. Kemudian kalian tarik ke atas dan ke bawah hingga membentuk mirip kubah masjid. Lihat gambar berikut.
5. Jika sudah, kalian duplikat garis tersebut, kemudian kalian mirrorkan menggunakan fitur mirror yang ada di bagian atas. Setelah itu gabungkan ke dua garis tersebut. Admin sudah pernah menyebarkan tutorialnya. Yang belum bisa cek disini.
6. Berikutnya, kalian buatlah sebuah objek persegi panjang dengan memakai Rectangle tool. Usahakan lebarnya tidak terlalu kecil dan terlalu besar. Paskan dengan lebar kubah yang kalian buat semoga akhirnya bagus.

7. Kemudian kalian seleksi semua objek dengan cara diblog, lalu pada bab atas pilih Weld untuk menggabungkan kedua objek.
8. Selanjutnya buat lagi objek persegi panjang dan letakkan di tengahnya. Pilih Shape tool, tapi sebelumnya tentukan objek yang gres kalian buat sudah terseleksi. Kemudian tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard kemudian kalian tarik sudut bab atas ke arah bawah sampai melengkung seperti gambar berikut.
9. Lakukan lagi pada sudut sebelahnya hingga bab atas persegi berbentuk setengah bulat. Selanjutnya kalian seleksi kedua objek tersebut. Caranya sama mirip di atas dengan cara di blok, kemudian pada hidangan di atas kalian pilih Trim untuk memotong.
10. Jika sudah kalian buat lagi objek persegi dengan Rectangle tool untuk membuat pedoman udaranya. Saat kalian akan membuat tekan dan tahan Ctrl biar karenanya menjadi persegi sama segi.

11. Kalian duplikat menjadi beberapa. Tips, kalian duplikat 1 buah dahulu lalu tekan Ctrl + D agar hasil dupliatnya memiliki jarak yang serupa. lalu tinggal kalian rapikan objeknya.

12. Selanjutnya letakkan mirip ini, lalu kalian blok semuanya dan kalian pilih lagi Trim untuk memotong objek.
13. Jika telah beri warna dan hilangkan garis pinggirnya. Caranya pilih Outline Pen kemudian cari No outline dan lihat risikonya.
14. Berikutnya kalian buatlah suatu garis lagi dengan Freehand tool sepeti gambar di bawah ini.
15. Jika telah kalian jadikan melengkung dengan memakai Shape tool seperti cara di atas tadi.
16. Langkah selanjutnya beri warna dengan menggunakan Smart Fill tool. Beri warna yang lebih jelas dari warna dasar kalian ya. Setelah itu hilangkan garisnya, dan duplikat warna tersebut dan letakkan di sebelahnya.
17. Setelah objek sudah jadi, berikutnya kita masuk ke panduan mengclone objeknya. Caranya kalian blok semoga semua objek terseleksi kemudian pada menu Bar dibagian atas, pilih sajian Edit dan cari Clone. Maka nanti secara otomatis objek akan tercopy.
18. lalu letakkan objek clone disampingnya. Catatan kalian bisa menggrup apalagi dulu objek pertama semoga tidak terpisah-pisah memakai tombol variasi Ctrl +G.

Baca Juga :

19. nah objek yang sudah di clone mampu kalian duplikat menjadi beberapa seperti ini. ingat yang kalian copy itu objek hasil clone bukan objek pertama.
20. Jika sudah, coba kalian ubah warna dari objek induk atau objek pertama maka objek lainnya juga akan berubah. Selain mengganti warna kalian juga mampu merubah bentuk dari objek induk, dan nantinya objek clone juga bakal berubah.
Ya kira-kira begitulah tehnik dasar yang bisa admin sampaikan untuk kalian. Mudah-mudahan bimbingan Cara Mengclone dengan CorelDraw X8 ini bermanfaat buat kalian semua.

Dan tentu saja akan menambah skill kalian dalam memakai CorelDraw sehingga desain grafis kalian akan tambah keren dan manis. Sampai jumpa lagi!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar