Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

2 Cara Menciptakan Teks Berekor Di Corel Draw

Banyak yang mengataan bahwa sebuah gambar memiliki sejuta makna. Ya itu karena setiap orang mempunyai persepsinya sendiri dalam menatap suatu gambar. Maka dari itu dalam sebuah gambar juga dimasukkan sebuah goresan pena atau teks untuk memberikan pesan dari gambar tersebut.
 Banyak yang mengataan bahwa sebuah gambar memiliki sejuta makna 2 CARA MEMBUAT TEKS BEREKOR DI COREL DRAW
Selain itu derma teks juga mampu mempercantik desain yang kita buat, seperti poster, pamflet dan rancangan lainnya. Itu kenapa teks dikategorikan selaku salah satu bagian penting  dalam desian grafis. Setiap rancangan tentunya memiliki jenis font yang berlainan.

Ada banyak macam-macam font style dasar yang harus kalian tahu, diantaranya serif, sans serif, display, script dan masih banya lagi. Dari setiap jenis font tersebut pastinya memiliki tempatnya sendiri, dan tidak sembarangan kalian tempatkan di setiap rancangan yang dibentuk.

Tapi kerap kali tulisan yang kita pakai terlalu monoton jikalau gitu-gitu aja. Maka dari itu kita akan memodif goresan pena kita dengan berbagai bentuk atau imbas. Kalau diartikel sebelumnya admin juga telah memberikan tutorial menciptakan goresan pena typography dan efek goresan pena lainnya.

Maka kini admin akan menciptakan tutorial yang gak kalah kerennya, yakni bagaimana cara membuat ekor tulisan. Maksutnya yaitu tulisan yang kita buat akan memiliki ekor dibelakangnya. Ya mirip contoh yang bisa kalian di atas. Dengan menunjukkan efek ini tulisan akan terlihat artistic.

Sebenarnya cara ini sudah usang admin pakai di android dengan menggunakan aplikasi Picart dan picsay. Namun untuk di software computer baru kini umumadmin buatkan. Kalau di Photoshop mungkin juga telah biasa namun di sini kita pakai aplikasi CorelDraw.

Admin menyebarkan dua panduan sekaligus untuk kalian. yang petama cara manual dan yang kedua cara otomatis atau paktis. Dari kedua cara tersebut patinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Mari kita bahas satu persatu.

Sekilas klarifikasi, bahwa cara yang kedua kalian harus mendownload suatu font terlebih dahulu, nama fontnya sialhkan cek dipenjelasan di bawah nanti. Untuk alamat web mendownload font keren dan gratis admin ada beberapa rekomendasi :

c. Dafont

Tapi mirip umumpersiapkan terlebih dahulu alat alatnya. Pastikan laptop atau Pc kalian sudah terinstall aplikasi CorelDraw dan usahakan untuk menggunaan versi yang tidak telalu jadul. Admin rekomendasikan untuk memakai CorelDraw X7, X8 hingga yang modern.

Tapi kalau laptop kalian adanya CorelDraw X3, X4 dan sejenisnya di bawah X7. Juga tidak papa mungkin cuma akan ada sedikit perbedaan penampilan saja. Lest go ini beliau bimbingan Cara Membuat Tulisan Berekor di CorelDraw.

Cara Manual

Cara yang pertama ini merupakan cara dimana kita akan menciptakan goresan pena berekor sendiri. Ya memang cara ini kurang mudah tetapi sisi baiknya kalian dapat memvariasi tulisan yang dibuat sesuai dengan selera. Sehingga goresan pena kalian akan tambah keren.

Caranya gak sulit sulit banget kok. Simpel dan mudah dimengerti, berikut tutorialnya.

1. Pertama buatlah dulu suatu tulisan dengan menggunakan Text tool. Setelah itu kalian ubah fontnya, usahakan gunakan font yang bentuknya mirip goresan pena latin. Ada banyak font bawaan yang mampu kalian gunakan.

2. Setelah itu kalian buat garis mirip yang admin buat di bawah ini menggunakan Freehand tool. Pastikan objek yang kalian buat tersambung dengan teks biar jadinya tepat.
3. Langkah selanjutnya kita modif garis yang kita buat. Kalian mampu memakai Shape tool untuk memvariasikan garis menjadi lengkung atau sebagainya. disini ialah daerah kalian berkreasi. Yang belum tau cara memakai Shape tool klik disini.
4. Berikutnya, kalau dirasa telah pas dan mantap, selanjutnya seleksi kedua objek tersebut. Kalian mampu melakukannya dengan cara diblok. Jika benar maka akan muncul sajian perintah di bab atas. Nah kalian pilih yang Weld untuk menggabungkan kedua objek tersebut.
5. Setelah tergabung, selanjutnya tinggal kalian beri warna. Namun bila kalian merasa bahwa masih ada yang kurang dengan ekor goresan pena yang dibentuk, kalian masih mampu mengeditnya dengan memakai Shape tool.

Cara Otomatis

Untuk cara yang kedua ini ialah cara yang paling mudah berdasarkan admin sendiri. Karena kita gak perlu menjadikannya secara menual, tapi kita akan memanfaatkan font yang kita pakai.

Kelemahannya sendiri kita tidak bisa memodif ekornya sesuai harapan dan untuk menggunakannya kalian mesti menginstall suatu font terlebih dulu. Nama fontnya yakni Krinkes. Linknya ada di bawah.


Nah untuk cara menambahkan font di CorelDraw admin juga sudah mengembangkan artikelnya, silahkan cek disini. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis font berekor selain font yang admin sebutkan di atas. Kalian mampu mencari dan mendownloadnya di google.

Gak pakai usang lagi, berikut tutorialnya.

1. Langkah awal, kalian buat sebuah goresan pena dengan menggunakan Text tool dengan memberikan sebuah satu buah angka diakhir goresan pena. Bebas angka berapa saja mirip gambar dibawah.
2. Setelah itu kalian ubah fontnya memakai jenis font Krinkes yang sudah kita download dan tambahkan sebelumnya tadi. Maka kesudahannya seperti gambar di bawah ini.
3. Setiap angka memiliki bentuk ekor tulisan yang berbeda beda dari nomor 0 – 9. Perbedaan seperti apa? Kalian dapat melihatnya di gambar berikut ini.
Cara yang kedua ini memang sangat mudah, namun tidak sesuai kalau dalam rancangan kalian terdapat banyak angka. Yang mana nantinya angka-angka tersebut akan berganti bentuk, sehingga akan menciptakan rancangan menjadi rusak.

Nah dari kedua cara tersebut, bebas kalian mau pakai yang mana. Atau mau coba keduanya juga boleh. Terima kasih telah mampir di tutorial Cara Membuat Tulisan Berekor di CorelDraw X7. Silahkan berkreasi dan bereksperimen.

Semoga berguna untuk temen-temen sekalian. Selamat mencar ilmu di rumah. Semangat!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar