--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Bagaimana Memakai Flow Komposisi Yang Bagus Dalam Panel Komik

Flow Komposisi bantu-membantu mempunyai fungsi biar komik yang kita buat menjadi enak dibaca. Walaupun tampaktidak penting, namun jikalau kita tidak mampu memanfaatkannya dengan baik, komik akan terasa bosan dikala dibaca dan kadang kita tidak tau kenapa dan jika ini tetap terjadi di halaman-halaman selanjutnya maka akan sangat fatal balasannya, pembaca akan merasa jenuh membaca komik kau dan akan meninggalkannya. Kuncinya ada di mana arah komposisi panel komik kita secara keseluruhan dalam satu halaman, kalau condongnya ke kanan, buat arah komposisinya secara keseluruhan ke arah kanan dan begitu juga sebaliknya.  Gambar ini merupakan contoh komposisi yang salah alasannya panel terkahirnya. Meskipun secara individu, komposisinya sudah pas (pemberian kaki yang lebih bersahabat kemera sebelah kanan berfungsi untuk menyeimbangkan komposisi yang berat sebalah kiri) namun secara keseluruhan, panel tersebut seakan menggiring pembaca untuk menyaksikan dari arah kanan ke kiri akibat imbas tilt pada kamera. Padahal arah komposisi atas sudah di arahkan ke kanan. Karena panel bagian bawahnya juga cukup besar, maka kesalahan arah komposisi panel tersebut bisa mengacaukan arah komposisi secara keseluruhan. Contoh Flow Komposisi yang salah Apa solusinya? Solusinya pilih arah komposisi yang hendak digunakan sejak permulaan. Kalau mau mekakai arah kanan, ubal tilt panel bawah menjadi ke kanan. Kalau mau ke kiri, ubah arah komposisi dari 4 panel pertama ke kiri. Flow komposisi tidak terpatok apakah halaman yang kita buat itu mengarah ke arah kiri ataupun kanan, atau bagaimana cara membaca komik kita. Kaprikornus mampu saja halaman yang ada ke kanan dengan cara baca dari kiri ke kanan, memakai flow komposisi ke arah kiri. Hal penting lain yang perlu diamati dalam flow komposisi ialah posisi objek kepada kamera, usahakan kalau masih dalam satu halaman yang sama bila objek/huruf tidak clash/interaksi secara intens dengan objek/aksara lain, pertahankan posisinya kepada kamera. Contoh; Jika dalam satu halaman huruf A selalu ada di sebalah kanan dari karakter B, maka pertahankan posisi ini semaksimal mungkin jika masih ada dalam satu halaman. Angle kamera mampu berganti tetapi posisi secara keseluruhan harus tetap sama. si A mesti berada di sebelah kanan si B. Dikutip dari Post FB   Hadiyas Hanafi
Sumber https://blogblahbloh.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar