Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Kerusakan Yang Paling Kerap Terjadi Pada Sepeda Motor Matic

Motor matic merupakan alat angkutanyang paling banyak diminati oleh masyarakat di dunia. Selain harganya yang relatif lebih murah dibandingkan kendaraan mobil, dari sisi penggunaannya pun lebih gampang, alasannya alat transportasi ini sudah menggunakan transmisi otomatis. Walaupun mempunyai banyak kelebihan, motor jenis matic kerap kali mengalami kerusakan yang terjadi pada beberapa komponennya, sehingga perlu ada perawatan kendaraan secara berkala .

 Motor matic merupakan alat transportasi yang paling banyak digemari oleh masyarakat di du Kerusakan Yang paling Sering Terjadi Pada Sepeda Motor Matic

Para pengemudi motor matic di dominasi oleh para perempuan, mirip ibu rumah tangga dan anak sekolah. Melihat jumlah peminat motor matic yang semakin banyak, kini perusahaan otomotif berlomba-kontes membuat motor matic dengan penemuan-inovasi baru supaya mampu bersaing dengan perusahaan yang lain.

Bagi Anda yang sudah memiliki dan penggemar motor matic, semestinya lakukan perawatan berkala dengan membawa ke bengkel untuk melaksanakan pengecekan pada setiap unsur pada motor. Jangan sampai timbul kerusakan yang berakibat fatal, sehingga Anda perlu banyak mengeluarkan biaya perlengkapan. Berikut berbagai jenis kerusakan pada sepeda motor matic yang acap kali terjadi, diantaranya:

1. Kerusakan Pada Lampu Motor

Sekarang telah banyak kita jumpai motor matic yang lampu depan atau belakang senantiasa hidup secara otomatis, tanpa adanya saklar pemutus arus. Kondisi lampu motor yang terus menerus menyala menciptakan bohlam lampu menjadi panas dan gosong.

Untuk menanggulangi persoalan tersebut terkadang pemilik motor memodifikasi motor matic dengan membuat saklar pemutus arus, hal ini bermaksud meminimalkan bohlam lampu yang acap kali terputus. Apalagi bohlam lampu yang orisinil / original tentu memiliki kualitas yang bagus. Akan Tetapi, harga lampu motornya jauh lebih mahal.

2. Kerusakan Pada Vanbelt

Vanbelt ialah unsur yang dipakai pada motor matic untuk menggerakkan roda bab belakang. Karena letak vanbelt yang tidak tampakdan tertutup, membuat kerusakan pada vanbelt sukar untuk disadari oleh pemilik motor. Gejala vanbelt yang telah mulai aus / rusak dapat ditandai dengan kurangnya tenaga dikala kondisi jalan menanjak. Apabila vanbelt hingga putus, maka motor matic Anda tidak mampu berlangsung.


3. Kerusakan Ban

Mungkin telah menjadi hal biasa jika semua jenis motor kadang-kadang mengalami bocor ban. Pada motor matic, ban yang digunakan mempunyai ukuran diameter yang relatif lebih kecil sehingga ban akan berputar lebih banyak dibandingkan pada motor lazimnya . Dengan demikian ban akan cepat mengalami keausan. Beberapa penyebab ban pada motor acap kali bocor, yakni permukaan ban yang telah tipis, terdapat benda tajam pada jalan yang sedang dilaluinya, dan adanya salah penempatan ukuran ban yang tidak cocok dengan tolok ukur yang telah diputuskan.

4. Aki Motor Rusak

Sistem penerangan dan starter elektrik ialah bagian yang paling banyak memakai arus listrik. Sudah ditentukan bahwa aki yang sudah rusak akan mempunyai dampak jelek bagi bagian yang yang lain, motor matic akan sukar menghidupkan kendaraannya kalau starter elektriknya tidak dapat berfungsi maka mau tidak mau harus memakai cara lain yakni stater kaki / diengkol.

Bagi pengendara wanita dan orang renta, pasti ini akan menjadi masalah yang cukup rumit. Untuk motor matic yang sudah injeksi, ada beberapa pendeteksi unsur dan pompa minyak yang membutuhkan asupan arus listrik, semestinya lakukan perubahan aki yang sudah rusak dengan aki yang gres.

5. Kerusakan Pada Engkol (Stater Kaki)

Penggunaan starter elektrik yang terus menerus membuat starter kaki menjadi jarang dipakai. Saat Anda memanaskan motor di pagi hari, seharusnya untuk membangkitkan mesin memakai starter kaki saja. Ini untuk mencegah engkol supaya tidak rusak sehabis sekian lama tidak pernah dipakai.


Itulah berita tentang kerusakan yang paling kerap terjadi pada sepeda motor matic yang diakibatkan kurangnya perhatian dalam merawat motor matic. Ada cara yang mampu Anda lakukan di rumah untuk mempertahankan motor matic senantiasa tetap terawat seperti melakukan ganti oli secara berkala , memanaskan motor beberapa menit sebelum digunakan, dan bahan bakar di tangki jangan hingga habis. Semoga berguna dan terima kasih.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar