Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Interaksi Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Tahukah Anda pemahaman dari ekosistem? Ekosistem yakni kesatuan makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya yang membentuk sebuah korelasi timbal balik, saling ketergantungan satu sama lain dan adanya pola interaksi antar makhluk hidup. Ekosistem terdiri atas susunan bagian biotik dan abotik. Adanya acuan interaksi yang terjadi antar makhluk hidup menciptakan ekosistem berlangsung dengan sebanding, interaksi yang dilakukan oleh makhluk hidup memiliki relasi, bentuk dan tujuan.

 Ekosistem adalah kesatuan makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya yang membentuk sebuah  Interaksi Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

  • Komponen biotik yakni komponen yang terdiri dari makhluk hidup. Misalnya manusia, hewan, tumbuhan, jamur dan lainnya. Dilihat dari kiprahnya di dalam ekosistem, unsur biotik terbagi menjadi tiga, yaitu produsen, konsumen dan decomposer (pengurai)
  • Komponen abiotik yaitu unsur yang tidak hidup atau mati. Misalkan udara, batu, tanah,air, suhu dan cahaya.

Apabila interaksi antar makhluk hidup tidak mampu berjalan dengan baik. Tentu ini akan mempunyai efek pada keseimbangan yang terjadi di dalam ekosistem, dan ini tidak baik untuk makhluk hidup yang ada di dalam ekosistem tersebut. Lantas apa saja jenis-jenis interaksi makhluk hidup? Berikut penjelasannya.

Jenis Interaksi Antar Makhluk Hidup

1. Simbiosis

Simbiosis ialah jenis interaksi antara dua makhluk hidup yang berlawanan spesies, dimana saling berhubungan atau bekerjasama. Simbiosi terbagi menjadi tiga bab adalah simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme.

  • Simbiosis mutualisme yaitu korelasi interaksi yang dilakukan oleh makhluk yang saling menguntungkan satu sama lain. Contohnya hewan lebah dan bunga, lebah mendapatkan madu dari bunga sedangan bunga mendapatkan laba karena dapat berkembangbiak dari proses penyerbukan yang dibantu oleh lebah.
  • Simbiosis komensalisme yaitu hubungan interaksi yang dilakukan oleh makhluk hidup, dimana satu mendapat laba dan yang lainnya tidak dirugikan. Contohnya ikan remora dengan ikan hiu dan ikan badut dengan anemone.
  • Simbiosis parasitisme ialah interaksi makhluk hidup yang satu menerima laba dan yang yang lain dirugikan dari sahabat simbiosisnya. Contoh pohon benalu yang melekat pada flora lain, benalu mengambil masakan dari flora yang di tumpanginya. Keadaan ini yang terus menerus terjadi menciptakan pohon yang dihinggapi akan mati.

2. Predasi

Pernahkah Anda menyaksikan dua binatang yang saling kejar-kejaran untuk menerima mangsanya? mirip hewan kucing yang mengejar tikus, lalu memangsanya. Peristiwa tersebut dinamakan predasi, yang artinya interaksi antara pemangsa dan mangsanya.

3. Antibiosis

Antibiosis yakni interaksi yang dilakukan antar makhluk hidup, dimana salah satu makhluk hidup menghambat perkembangan makhluk hidup yang yang lain. Contohnya pada jamur pinicillium yang mengeluarkan racun sehingga menghambat perkembangan dan perkembangan makhluk hidup yang berada di sekitarnya. Karena mampu menghambat kemajuan bakteri, jamur ini sekarang banyak digunakan untuk obat antibiotik yang dikenal dengan penicillin.

Baca Juga : Ciri-Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup

4. Predatorisme

Predatorisme yakni interaksi yang terjadi antar makhluk hidup yang satu dengan yang lain, dimana salah satu diantara mereka memangsa makhluk hidup yang lainnya. Misalkan di suatu ekosistem persawahan terdapat ular yang sedang memakan tikus. Peristiwa semacam itu tergolong dalam rantai kuliner.

5. Kompetisi

Kompetisi yaitu interaksi yang terjadi antara dua atau lebih makhluk hidup untuk merebutkan sebuah hal yang sama-sama diharapkan. Kompetensi terbagi menjadi dua adalah intraspesies yakni pesaingan dengan dua spesies yang sejenis dan interspesies yaitu pesaingan dengan dua makhluk hidup yang berlainan spesiesnya. Contoh intraspesies yakni pesaingan yang dikerjakan dua binatang singa yang saling merebutkan mangsanya. Contoh interspesies yaitu pesaingan dua hewan sapi yang saling merebutkan rumput.

6.  Netral

Netral yakni interaksi antara dua atau lebih makhluk hidup di dalam ekosistem yang sama tanpa adanya pesaingan dan tidak saling mengusik satu sama yang lain. Misalnya kucing dengan anjing yang tinggal dalam satu rumah dan mereka menjalin persahabatan yang bagus. Walaupun pada dasarnya kucing dan anjing susah untuk hidup rukun, alasannya adanya interaksi yang baik sehingga mereka mampu hidup bareng .

Ketergantungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

1. Rantai kuliner

Rantai masakan adalah proses makan dan dikonsumsi dengan urutan dan bergerak secara linear. Rantai masakan bisa dikatakan selaku proses pemindahan energi makanan lewat seri organisme. Sebagai teladan tanaman dimakan belalang, kemudian belalang disantap burung dan selanjutnya burung dikonsumsi ular. Dalam insiden tersebut flora digambarkan sebagai produsen, belalang sebagai pelanggan tingkat l, burung sebagai pelanggan tingkat ll dan ular selaku pelanggan tingkat lll.

2. Jaring-jaring kuliner

Jaring-jaring kuliner yakni gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling berkaitan dan lebih kompleks dalam suatu ekosistem makhluk hidup. Organisme yang ada di dalamnya pun lebih banyak dibandingkan pada rantai kuliner. Makara dalam jaring-jaring makanan, satu produsen tidak dimakan oleh satu konsumen saja melainkan beberapa konsumen. Begitu juga dengan pelanggan yang yang lain dapat disantap oleh beberapa konsumen yang tingkatannya lebih tinggi.

Baca Juga : Adaptasi Makhluk Hidup dan Cara Melindungi Diri

3. Piramida kuliner

Piramida makanan adalah sebuah diagram yang menggambarkan perbandingan komposisi biomassa, energi dari produsen hingga pelanggan puncak dalam ekosistem. Untuk produsen menempati pada posisi paling bawah menurut komposisi biomassa yang paling besar, demikian pula dengan jumlah energi terbesar terletak pada dasar piramida. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa komposisi kian ke atas akan terus mengecil.

Demikian pembahasan perihal interaksi antar makhluk di dalam ekosistem, supaya dapat berfaedah untuk menambah wawasan dan bagi Anda yang sedang mencari peran sekolah perihal interaksi antar makhluk hidup, mungkin artikel ini dapat membantu untuk menuntaskan peran tersebut, terima kasih.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar