Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

7 Kerusakan Yang Kadang Kala Terjadi Pada Kendaraan Sepeda Motor

Sepeda motor yakni kendaraan angkutanyang paling banyak digunakan oleh manusia. Sepeda motor memiliki beberapa macam atau tipe, yang mana masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tidak mampu dibantah lagi, bahwa motor juga mengalami gangguan berupa kerusakan yang terjadi pada komponennya. Mempunyai sepeda motor tidak hanya menggunakannya saja, tetapi Anda juga mesti memperhatikan perawatannya supaya nanti tidak timbul berbagai macam kerusakan pada sepeda motor Anda.

 Sepeda motor adalah kendaraan transportasi yang paling banyak digunakan oleh manusia 7 Kerusakan Yang Sering Kali Terjadi Pada Kendaraan Sepeda Motor

Dengan mengerti kerusakan yang sering terjadi pada motor, pasti ini sungguh menolong Anda dalam memperoleh penyelesaian yang terbaik untuk memperbaiki dan merawat kendaraan sepeda motor secara berkala . Namun, jika terjadi kerusakan pada kendaraan motor dan Anda tidak bisa memperbaikinya, maka langkah yang perlu dikerjakan yakni membawanya ke bengkel motor supaya dapat ditangani oleh mekanik yang telah hebat. Lantas, apa saja kerusakan yang sering dialami pada kendaraan sepeda motor? Berikut ulasannya.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor

Inilah beberapa kerusakan pada kendaraan sepeda motor yang sering dialami oleh penggendara dan akan kami jelaskan penyebab terjadinya kerusakan tersebut.

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Terkadang masalah seperti ini sering kali terjadi saat keadaan mesin dalam keadaan acuh taacuh. Banyak sekali indikator penyebab mesin sukar untuk hidup, mirip tidak tersedianya bahan bakar dalam tangki, pengapian yang tidak normal, busi yang sudah mulai bermasalah dan kompresi lemah. Untuk menangani masalah pada mesin, memang sangat susah untuk ditangani / diperbaiki. Untuk mengenali kerusakan pada mesin yang susah hidup, Anda dapat menyelidiki satu persatu indikator penyebab tersebut.

2. Mesin Mati Secara Tiba-Tiba

Pernahkah Anda dikala berkendara sepeda motor, kondisi mesin mati secara datang-tiba? Tentu hal ini sungguh membuat Anda menjadi kesal dan emosi. Mesin yang mati secara datang-datang biasanya terdapat kerusakan yang terjadi pada busi yang tidak mengeluarkan api, koil pengapian memiliki masalah, habisnya bahan bakar dan keadaan karburator yang kotor sehingga adanya penyumbat pada kanal bahan bakar.


3. Aki Mengalami Kerusakan dan Soak

Aki berperan penting dalam tata cara penerangan kendaraan. Aki berfungsi sebagai penyimpan arus listrik pada kendaraan dan sungguh berpengaruh pada metode penerangan motor. Apabila kondisi aki yang telah rusak mampu menimbulkan gangguan pada bagian sepeda motor yang memerlukan arus listrik. Kondisi arus pada aki yang cepat habis tanpa ada penggunaan yang berlebih, biasanya terdapat kebocoran arus listrik yang Anda tidak sadari. Tipe aki pada kendaraan ada 2 macam yakni aki kering dan aki yang menggunakan cair.

4. Kondisi Mesin Yang Tersendat-Sendat

Saat Anda membangkitkan mesin sepeda motor lalu terdengar bunyi yang tidak wajar , itu sebab unsur yang berhubungan dengan mesin mengalami kerusakan atau gangguan. Kondisi mesin yang tersendat-sendat memungkinkan besar sepeda motor akan mengalami mogok. Penyebabnya yaitu  busi yang sudah mulai rusak, materi bakar yang masuk pada ruang bakar terlalu banyak, karburator yang kotor dan saringan bahan bakar tersumbat.

5. Mesin Motor Mudah Panas

Mesin motor yang gampang panas mampu mengusik perjalanan Anda untuk hingga ke tujuan. Makara mau tidak mau jika mesin telah sungguh panas, Anda haru berhenti sejenak untuk menurunkan kondisi suhu mesin. Temperatur mesin yang panas akan menimbulkan kerusakan yang fatal dan tentu hal ini tidak mau terjadi pada kendaraan sepeda motor yang sedang Anda gunakan. Penyebab mesin cepat panas yakni jarang mengubah oli mesin dan tidak berfungsinya radiator.

6. Tenaga Mesin Menjadi Berkurang

Tenaga sepeda motor menjadi berkurang sebab dipengaruhi oleh usia motor yang telah bau tanah, kompresi lemah, keausan pada ring piston dan keausan blok silinder. Kompresi yang lemah membuat motor tidak besar lengan berkuasa berjalan pada kondisi jalan yang menanjak. Solusi yang perlu dilakukan ialah melakukan tune up mesin pada sepeda motor, dan ini membutuhkan waktu yang lama serta rumit.


7. Keluar Asap Berwarna Putih Pada Knalpot

Sebagian dari orang mungkin merasa resah, mengapa knalpot mengeluarkan asap yang berwarna putih diikuti bau yang tidak sedap? Hal ini disebabkan adanya piston, ring piston dan dinding silinder mengalami keausan / rusak, mengisi oli mesin yang melebihi batas dosis yang telah diputuskan, dan salah berbelanja oli mesin yang tidak sesuai anjuran. Bila kerusakan ini kian parah maka perlu melaksanakan tune ap mesin.

Demikian klarifikasi wacana kerusakan yang kadang kala terjadi pada kendaraan sepeda motor, dikala Anda akan bepergian jauh, sebaiknya periksa kembali semua bagian pada sepeda motor Anda. Mulai dari memeriksa sistem penerangan, sistem pengapian, oli mesin, perlengkapan keselamatan dan bawalah peralatan kunci untuk mengatisipasi ketika motor mogok dalam perjalanan. Dan jangan lupa untuk senantiasa menservis kendaraan Anda agar kerusakan tidak merembet ke komponen yang lain. Semoga berguna dan terima kasih.


Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar