Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

17 Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Menurut Islam

Manusia memiliki sisi kelebihan dan sisi kekurangan yang terdapat dalam dirinya sehingga insan sering kali melakukan hal yang berujung pada perbuatan dosa dan kerusakan. Sudah semestinya kalau kita melakukan kesalahan hendaklah untuk berhijrah dan memperbaiki langsung menjadi lebih baik agar kehidupan yang kita jalani menjadi lebih berkah dan selalu dalam ridhanya Allah Ta’ala.

 Manusia mempunyai sisi kelebihan dan sisi kekurangan yang terdapat dalam dirinya sehingga 17 Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Menurut Islam

Mungkin kita semua pernah mendengar istilah “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus jauh lebih baik dari hari ini”. Dari istilah tersebut manusia mesti senantiasa istiqomah untuk menjadi pribadi yang bagus dan menarik setiap harinya. Dalam Al Qur’an menerangkan bahwa “Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” (QS Ar Ra’d 11).

Oleh karena itu kesempatan hidup yang Tuhan berikan pergunakan dengan bijak dengan melaksanakan kegiatan yang bersifat faktual. Kerjakan kegiatan yang sederhana sebagai awalan melatih diri untuk menjadi lebih baik. Lantas apa saja cara yang dapat dijalankan untuk mengganti diri menjadi lebih baik, berikut penjelasannya.

Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Jika telah mempunyai niat yang bagus tentu akan mempermudah langkah Anda menuju pribadi yang bagus. Tetap konsisten dalam berikhtiar serta selalu berdoa kepada Allah Ta’ala untuk memperlancar jalan hijrah Anda karena segala sesuatu yang terjadi di alam ini atas izin-Nya.

1. Meningkatkan Kadar Keimanan

Ini ialah cara pertama dan penting untuk selalu anda kerjakan, karena untuk menjadi insan yang lebih baik mesti dibarengi dengan pendekatan diri kepada Allah SWT. Kepentingan akhirat dan duniawi harus sebanding biar Allah Ta’ala menunjukkan kebahagiaan dan keberkahan yang selalu mewarnai kehidupan anda.

Dengan beribadah anda akan dituntun mengubah sifat dan perilaku menjadi lebih baik, utamanya belajar menjadi insan yang selalu banyak bersyukur, penyabar, displin dan lain sebagainya. Kondisi yang mirip itu memang perlu untuk kita perjuangkan sebagaimana  yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Selalu Istiqomah

Saat seseorang berhijrah menjadi insan yang lebih baik, umumnya berbagai godaan yang menguji seberapa besar kemantapan hati untuk terus berkomitmen pada keputusan yang diambil. Banyak sekali macam-macam godaan yang mau anda hadapi baik yang berasal dari lingkungan dan orang-orang terdekat.

Dalam mempertahankan hati agar selalu istiqomah memang tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh sebab itu minta perlindungan terhadap Allah Ta’ala, alasannya adalah Dialah Maha Dzat yang mampu mebolak-balikan hati makhluknya.

3. Bersyukur

Penyebab manusia sukar untuk merubah pribadinya menjadi lebih baik ialah sebab masih suka mengeluh wacana kondisi kehidupannya yang tidak seberuntung orang lain. Berhentilah untuk senantiasa membandingkan diri anda baik dalam bentuk fisik atau keadaan ekonomi.

Percayalah bahwa Allah Ta’ala selalu memperlihatkan yang terbaik kepada hambanya. Hanya saja anda harus senantiasa bersabar dan bersyukur. Suatu ketika nanti akan tiba di mana keistimewaan dan kebahagiaan hidup akan tiba menghampiri anda.

4. Bertaubat

Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa maka dari itu cepat-cepatlah melakukan taubatan nasuha sebagai langkah untuk memperbaiki diri dari perbuatan yang melanggar agama. Tobat sebenar-benarnya dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang serupa.


Memohon ampun terhadap Allah SWT dan tingkatkan ibadah dzikir anda untuk mengingat dan merenungkan kesalahan yang sudah diperbuat. Dengan bertaubat Allah Ta’ala akan meniadakan dan menggugurkan dosa serta mengambarkan kembali jalan yang benar / lurus.

5. Jaga Hati Agar Selalu Sabar

Menjaga hati dan perasaan biar senantiasa bersabar menghadapi suasana dan cobaan tidaklah mudah, alasannya adalah pada dasarnya batasan ketabahan pada seseorang tidak dapat ditentukan. Tingkat ketekunan pada insan mampu dilihat dari keimanan dan cara mengontrol diri biar tidak gampang terpancing emosi. Saat anda sedang menghadapi persoalan yang menguji keteguhan, seharusnya banyak-banyak mengucapkan Astagfirullaahal’azhiim semoga hati menjadi lebih tenang.

6. Bersikap Baik, Sopan Dan Santun

Saat anda mempunyai tekad untuk mengganti langsung menjadi baik maka anda juga harus mengubah semua perilaku buruk yang selama ini dikerjakan menjadi baik. Selalu baik, sopan dan santun kepada orang lain adalah salah satu bentuk pergeseran diri menjadi lebih baik.

Selalu mengatur perkataan dan tingkah laku dengan memperhatikan adap dan hukum dikala berbicara dengan orang lain. Hal ini semoga apa yang kita kerjakan tidak menyinggung perasaan lawan bicara anda.

7. Belajar Untuk Memaafkan

Ketika anda memiliki masalah dengan orang lain biasanya akan muncul rasa emosi dan jengkel dikala berjumpa dengannya. Emosi ialah salah satu karunia yang diberikan oleh Allah terhadap manusia selaku bentuk wujud makhluk yang sempurna dibandingkan makhluk lainnya.


Namun rasa emosi yang ada dalam diri anda cuma akan membuat hidup menjadi kurang nyaman dan selalu tidak hening. Sebaiknya maafkan saja kesalahan orang lain yang sudah menyakiti anda, sebab itu lebih baik untuk dijalankan. Allah saja maha pemaaf kepada hambanya yang mau bertaubat dan memohon ampun.

8. Menghormati Dan Menghargai Orang Lain

Sudah sewajarnya bila kita semua mesti selalu menghargai dan menghormati orang lain biar kehidupan yang kita jalani menjadi lebih makmur dan mampu menjalin relasi baik dengan manusia yang lain. Untuk merubah langsung menjadi lebih baik, anda juga perlu menerapkan cara yang satu ini. Sehingga perilaku toleransi kepada insan yang berlainan usia, agama, ras, bahasa dapat hidup rukun, meskipun daerah tinggal mereka saling berdekatan satu sama lain.

9. Bertanggung Jawab Dalam Menghadapi Masalah

Kehidupan manusia selalu diwarnai dengan ujian dan permasalahan. Dari sebagian ujian hidup menunjukkan kita pelajaran dan pesan tersirat semoga kita selalu memperbaiki diri dan terus berhati-hati dalam mengambil langkah. Bertanggung jawab dikala menghadapi problem yaitu sebuah bentuk usaha tentang bagaimana cara anda menghadapi masalah dan untuk melatih diri semoga tidak lari dari tanggung jawab. 

10. Manfaatkan Waktu Dengan Sebaik-Baiknya

Ketika anda sudah mantap berhijrah menjadi lebih baik maka manfaatkan waktu yang ada untuk melakukan acara / acara yang menuntun diri ke arah yang bagus, seperti membaca Al Qur’an, beramal, membersihkan masjid, mencari nafkah dan menyimak ceramah.

Tinggalkan kegiatan yang cuma mencampakkan banyak waktu tanpa ada manfaatnya dan justru membuat anda menjadi lebih buruk. Hidup ini hanyalah sementara jadi pergunakan hidup anda untuk hal yang faktual dan mencari bekal untuk kehidupan di darul baka.

11. Membiasakan Untuk Menolong Orang Lain

Menolong orang yang sedang mengalami kesusahan dan kesusahan adalah sifat yang terpuji dan sungguh dicintai oleh Allah SWT. Manusia tidak mampu hidup sendiri dan mereka saling memerlukan derma satu sama lain. Jika anda mempunyai niatan untuk menolong orang lain tetapi tidak memiliki barang yang dapat diberikan maka anda dapat membantu mereka dengan jasa atau tenaga.

Begitu juga sebaliknya, kalau anda tidak mampu menawarkan santunan berbentuktenaga / jasa maka dapat menawarkan pertolongan berupa barang dan duit. Hal ini juga untuk melatih anda pada hati untuk selalu bederma.

12. Jangan Mudah Putus Asa

Saat memutuskan untuk berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik, banyak sekali rintangan dan ujian yang hendak anda hadapi. Anda tidak perlu sedih, cemas ataupun putus asa, percayalah bahwa Allah selalu berada di bersahabat hambanya yang sedang berjuang untuk menjadi insan yang bagus. Hanya saja anda tidak dapat melihatnya tapi anda mampu merasakannya. Allah maha pengasih dan maha penyayang, jadi Dialah yang hendak menolong dan menguatkan hati anda.

13. Bergaul Dengan Orang-Orang Baik

Anda memerlukan banyak ilmu untuk menuntun pada jalur hidup yang lebih baik, maka perbanyak berkumpul dengan orang-orang baik. Semakin sering anda bertemu orang baik dan mencari komplemen ilmu dengannya maka anda juga akan tahu seperti apa yang dikerjakan oleh orang yang bagus.


Misalkan anda memiliki sahabat yang suka pergi ke masjid, maka dengan sendirinya mereka juga akan mengajak anda untuk melakukan shalat di masjid. Dan itu sangat bagus sekali buat anda yang sedang berhijrah.

14. Optimis Dan Percaya Diri

Optimis dan yakin diri memiliki arti selalu berprasangka baik terhadap Allah dan diri sendiri. Anda mesti yakin bahwa apa yang sedang dilaksanakan tidaklah sebuah hal yang sia-sia, meskipun terkadang mendapatkan kesusahan saat mewujudkannya. Memang tidak mudah untuk mewujudkan cita-cita dengan begitu cepat alasannya di segi lain ada proses dan perjuangan yang perlu dilakukan.

Namun jika anda selalu optimis dan percaya pada kesanggupan yang terdapat pada diri anda maka segala sesuatu yang dijalankan akan menjadi lebih mudah.

15. Mencari Motivasi

Ketika anda sedang istiqomah untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, kadang kala ada acara yang anda kerjakan menjadikan rasa jenuh dan malas untuk melakukannya lagi. Jika itu yang terjadi berarti anda perlu motivasi, sehingga anda mampu kembali semangat untuk melaksanakan acara tersebut.

Untuk mendapatkan motivasi, anda mampu menemukanya dengan membaca Al Qur’an, menyimak ceramah agama dan membaca buku yang berisi motivasi hidup. Anda juga mampu mengajukan pertanyaan kepada orang yang lebih mengenali problem yang sedang anda hadapi, untuk memperoleh penyelesaian terbaik yang bisa dilaksanakan.

16. Hilangkan Sifat Sombong Dalam Diri Anda

Kesombongan hanya akan menghancurkan hidup anda secara pelan-pelan, sifat arogan dapat membuat orang lain menjadi tidak suka kepada anda, alasannya adalah sifat sombong cenderung mengarah pada sikap yang tidak bisa bersyukur, merasa dirinya paling benar, suka merendahkan orang lain dan gemar memamerkan harta yang dimiliki.


Menjadi insan yang lebih baik berarti mesti menghindari perilaku yang dapat menghancurkan etika, termasuk sifat arogan. Allah Ta’ala juga sangat tidak senang terhadap makhluknya yang suka menyombongkan diri.

17. Hargai Dan Pujilah Diri Anda

Dengan menghargai dan menunjukkan kebanggaan untuk diri sendiri akan menciptakan suatu kekuatan hidup dan anda akan merasakan bahwa semua insan berhak untuk senang. Pujilah diri anda dikala mendapatkan suatu perkembangan hidup yang terus membaik. Selain itu lakukan hal-hal aktual yang mampu membuat anda merasa senang sehingga akan timbul dorongan dalam diri untuk semangat dikala menjalani kehidupan.

Demikian beberapa cara menjadi pribadi yang lebih baik menurut islam yang mampu Anda coba. Untuk menjadi orang yang lebih baik memang mudah untuk diungkapkan dibandingkan dengan tindakan. Setelah membaca beberapa kiat di atas, Apakah Anda termotivasi? Marilah kita perbaiki diri dari sekarang sebelum tiba waktu telat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar