Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

12 Aplikasi Belajar Mengaji Offline Terbaik Untuk Anak Dan Cukup Umur

Dalam melakukan kehidupan yang bahagia dan damai. Umat islam memiliki Kitab Suci Al Alquran selaku anutan umat insan supaya setiap langkah jalan hidupnya menerima kebahagian dan pahala dari Allah SWT.  Setiap umat islam diwajibkan untuk bisa mengaji dan berguru mempelajari Al Alquran, baik yang masih muda maupun yang telah dewasa.

 Dalam menjalankan kehidupan yang bahagia dan damai 12 Aplikasi Belajar Mengaji Offline Terbaik Untuk Anak dan Dewasa

Namun masih ada sebagian orang yang sudah remaja namun belum bisa membaca Al Quran dengan fasih. Banyak penyebab yang membuat orang sukar membaca Al Alquran alasannya tidak ada niatan untuk berguru, terlalu sibuk dalam beraktivitas, minimnya guru ngaji di tempat tersebut dan kurangnya perhatian dari orang renta.

Tidak perlu khawatir! Bagi Anda yang berhasrat untuk belajar mengaji, sekarang telah banyak aplikasi android offline dan gratis  untuk mencar ilmu mengaji yang bisa Anda download di play store. Dengan adanya aplikasi tersebut Anda bisa mempelajari tentang tajwid, aturan bacaan dan dilengkapi dengan audio. Dengan demikian mencar ilmu mengaji menjadi lebih mudah, cepat dan menggembirakan.

Aplikasi Belajar Mengaji Untuk Anak dan Dewasa di Android

Kecanggihan teknologi yang terus diperbarui membuat acara insan menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan adanya smartphone, Anda mampu mempergunakan aplikasi belajar mengaji yang tersedia di play store dengan mengunduh secara mudah dan gratis. Langsung saja, berikut aplikasi yang mampu Anda pakai untuk mencar ilmu membaca dan mempelajari Al Alquran.

1. Learn Quran Tajwid : Belajar Mengaji

Learn Quran Tajwid yaitu aplikasi untuk belajar mengaji yang lengkap dan cocok untuk semua tingkatan. Ini merupakan aplikasi panduan, latihan, tumpuan dan evaluasi bacaan Al Quran Anda, dengan mempergunakan aplikasi ini belajar mengaji menjadi lebih gampang, efektif dan cepat. Jangan cemas, pelajaran yang tersedia di aplikasi ini telah lengkap, mulai dari yang paling dasar, pelajaran tajwid dan makhroj tingkat tinggi.

Ada banyak topik lainnya yang bisa Anda dapatkan di learn quran tajwid, mirip aksara hijaiyah, fathah, kasroh, dhommah, goresan pena sambung, waqof, sukun, tanwin tasydid, idghom tingkat lanjutm ayat-ayat khusus dan masih banyak lagi. Di setiap pelajaran terdapat teori penjelasan dasar diikuti misalnya, latihan dan kemudahan tes untuk menguji seberapa jauh kemampuan Anda dalam menguasai topik pelajaran.


Selain itu ada fitur yang mampu Anda coba untuk meningkatkan kelangsungan membaca Al Quran, yakni latihan dan acuan dilengkapi dengan suara, terdapat gambar dan video untuk membuktikan makhroj, transliterasi dan rekaman. Jika Anda ingin menginstalnya, klik disini untuk mengunduh aplikasi Learn Alquran Tajwid.

2. Al Alquran & Terjemahan Indonesia

Bagi Anda yang ingin berguru Al Alquran namun membutuhkan terjemahan maka aplikasi ini cocok untuk Anda gunakan. Al Quran dan Terjemahan merupakan sebuah aplikasi Al Alquran digital yang penulisan ayat Al Alquran menggunakan penulisan indopak asia dan resm usmani dengan dilengkapi 114 surah dan 30 juz.

Aplikasi ini mempunyai 6 pilihan bunyi murattal Al Alquran dari beberapa qori terkenal, sehingga mampu memilih sesuai dengan keinginan dan keperluan Anda. Aplikasi ini ringan dan interface yang simple menciptakan mencar ilmu mengaji menjadi lebih mudah dan menggembirakan, Anda dapat mengakses aplikasi ini secara online dan offline tanpa pembatasan.

3. Al Alquran Indonesia

Sebuah aplikasi Al Quran digital dan terjemahan bahasa Indonesia, latin, tafsir al jalalain, jadwal shalat, audio, murottal full, terdapat 114 surah dan 30 juz tanpa pembatasan. Aplikasi Al Quran Indonesia dapat dibaca secara offline serta mempunyai penampilan antar tampang yang user friendly.

Untuk dilema fitur, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan mulai dari daftar surah & juz, terdapat tajwid berwarna, mampu membackup-restore boomark dan penAnda bacaan, dilengkapi audio mp3 murottal dengan 8 qori adalah Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril, Syaikh Abdul Rahman Al Saudis, Syaikh Fares Abbad Dan Syaikh Mahmud Khalil Al Husary.

Selain mencar ilmu mengaji ada fitur untuk jadwal shalat dan imsakiyah termasuk alarm adzan, kalender agenda shalat, kalender hijriah dan fitur-fitur selanjutnya masih dalam pengembangan. Aplikasi Al Alquran Indonesia telah ada di play store atau klik disini jikalau Anda ingin menjajal untuk menggunakannya.

4. Belajar Membaca Al Alquran

Sebuah aplikasi yang mengajarkan membaca Al Quran yang dibarengi dengan pengucapan dan dilengkapi dasar-dasar ilmu tajwid. Anda akan diajarkan abjad-aksara hijaiyah, mukhrorijul abjad, shifatul karakter, pengenalan tAnda baca (harokat), merangkai dan menyambungkan huruf hijaiyah sehingga membentuk suatu kata.

Untuk mampu membaca Al Quran dengan sempurna maka mesti mempelajari hukum bacaan dalam ilmu tajwid, mirip hukum nun sukun, mim sukun, idghom, ghunnah, qolqolah, waqof, ibtida dan bacaan ghorib dalam Al Quran. Dan hal menarik yang lain, terdapat fitur penilaian untuk melatih kesanggupan membaca Al Alquran.

Aplikasi ini mempunyai penampilan sederhana dan menawan sehingga Anda gampang untuk menggunakannya. Di play store aplikasi Belajar Membaca Al Quran hingga dikala ini telah mencapai 100 ribu kali di download. Penasaran untuk mencobanya, coba klik disini untuk menginstal aplikasinya.

5. Belajar Al Quran Metode Tartil

Aplikasi yang menunjukkan pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tartil. Dengan rancangan penampilan layar yang sederhana dan mempesona menciptakan pengguna lebih gampang untuk berguru sistem membaca Al Alquran dengan nyaman, cepat, baik dan benar. Untuk fitur dalam aplikasi ini sudah diubahsuaikan dengan kebutuhan pengguna dan aplikasi ini sudah dirilis pada tahun 2017 dengan jumlah download mencapai 50 ribu kali di play store. Untuk mampu memakai aplikasi ini, silahkan klik disini untuk menginstal di ponsel pintar anda.

6. Al Alquran Tajwid, Tafsir, Audio

Al Alquran Tajwid ini berisi terjemahan Indonesia, audio, tajwid, tafsir dan asbabun nuzul. Kelengkapan fitur yang tersedia membuat lebih mudah anda dalam belajar memahami dan mempelajari Al Alquran dengan sangat mudah dan cepat.


Aplikasi ini dilengkapi dengan tajwid berwarna lengkap 30 juz, dimana setiap hurufnya diberikan warna yang berlainan disesuikan dengan kaidah tajwid. Terdapat juga tafsir jalalain lengkap dalam bahasa Indonesia, audio murottal dengan 10 qori opsi, penampilan penelusuran untuk mempermudah pengguna mencari terjemahan dan fitur bookmark untuk menandai ayat-ayat tertentu. Anda mampu mendownloadnya disini jikalau ingin memasangnya di ponsel pintar.

7. Belajar Mengaji Al Alquran

Sebuah aplikasi ringan untuk menawarkan fasilitas bagi semua kelompok baik belum dewasa, cukup umur, cukup umur, hingga orang renta yang ingin mempelajari cara mengaji Al Alquran. Aplikasi ini disusun secara sistematis mulai dari tingkatan paling dasar hingga tingkat level yang lebih tinggi. Kelengkapan fitur mirip menulis aksara arab dan audio menolong dalam pengucapan yang tepat dan benar. Desain performa di buat sederhana dan menarik semoga pengguna lebih mudah menggunakan  aplikasi ini.

Materi pelajaran yang diajarakan dalam aplikasi belajar mengaji lumayan banyak, mirip karakter hijaiyah, iqro, tajwid, tanwin, sukun, madd murni, madd panjang, syaddah dan hafalan surat pendek dengan audio. Tingkatkan berguru mengaji Anda dengan mencoba aplikasi ini, klik disini jika Anda ingin menggunakannya.

8. Belajar Tajwid Lengkap & Audio

Ilmu tajwid memang sangat diharapkan untuk bisa membaca dengan baik dan benar. Aplikasi mencar ilmu tajwid & audio menyajikan bahan ilmu tajwid secara lengkap dan contohnya dalam Al Alquran. Dan supaya mampu lebih mudah mengetahui pelafalan dan pengucapan maka aplikasi ini juga memiliki fitur audio. Aplikasi ini mampu Anda download melalui play store atau juga bisa klik disini untuk menginstalnya.

9. Belajar Iqro Dengan Audio

Belajar Iqro dengan Audio ialah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mencar ilmu membaca Al Alquran. Aplikasi ini khusus anak-anak yang baru mulai belajar mengaji, terdapat gambar serta warna yang menawan biar anak-anak lebih semangat belajar mengaji. Suara audio dalam aplikasi ini memakai model suara anak.

Dalam Iqro 1 mencar ilmu perihal abjad hijaiyah, Iqro 2 mencar ilmu tentang aksara sambung dan bacaan panjang, Iqro 3 mencar ilmu mengenai kasroh dan dhommah, Iqro 4 belajat tentang bacaan tanwin, kasrotain, sukun, nun mati dan qolqolah, Iqro 5 berguru bacaan waqof, tasydid, mad jaiz munfasil, mad wajib muttsail dan mad lazim kilmi, dan terakhir Iqro 6 mencar ilmu iqlab, ikhfa, dan tanda waqof. Klik disini untuk mengunduh aplikasinya.

10. Iqro Digital Lengkap

Iqro identik untuk anak-anak yang baru memulai belajar membaca Al Alquran. Langkah pertama yang paling fundamental yaitu pengenalan aksara-aksara hijaiyah. Aplikasi ini disajikan dengan lengkap untuk menolong bawah umur mencar ilmu membaca Al Quran mulai dari Iqro jilid 1 sampai jilid 6.


Aplikasi Iqro Digital ini dibentuk simple dan mempesona. Supaya pengguna aplikasi ini bisa memajukan minat dalam berguru mengaji dan membaca Al Quran. Sampai ketika ini sudah banyak orang yang mengistal aplikasi ini dengan mencapai 500 ribu kali download. Bila Anda ingin mencobanya klik disini untuk memasang aplikasi Iqro Digital di smarphone anda.

11. Marbel Belajar Mengaji

Aplikasi yang dipergunakan untuk mencar ilmu mengaji hijaiyah, lengkap harokat fat’kha, kasroh, dumma dan tanwin. Aplikasi ini sangat membantu anak-anak yang ingin berguru membaca al quran. Setiap bahan dilengkapi dengan klarifikasi, sehingga bawah umur mampu mencar ilmu dengan mudah. Di dalam aplikasi ini juga terdapat permainan edukasi untuk menguji kesanggupan pada anak.

Bagi Anda yang mempunyai adik usia 3-8 tahun mampu menggunakan aplikasi ini untuk mengajarkan tentang huruf dalam bacaan Al Alquran. Klik disini untuk mengunduh aplikasi Marbel Belajar Mengaji secara gampang dan simple.

12. Belajar Mengaji

Satu lagi aplikasi untuk belum dewasa yang ingin cepat berguru membaca Al Quran. Belajar mengaji adalah aplikasi yang sangat tepat untuk mempelajari, mengenal, menghafal dan menulis huruf hijaiyah tingkat dasar. Dengan rancangan smart touch anak dapat mengenali, menyimak , mengucapkan huruf hijaiyah dan memperkenalkan kepada anak bagaimana mengeja dan membaca iqro dengan benar.

Disain performa sederhana dan fasilitas penggunaan aplikasi ini menimbulkan anak lebih semangat untuk belajar membaca Al Alquran.

Demikian 12 aplikasi belajar mengaji offline terbaik untuk anak dan orang remaja yang mampu Anda gunakan. Walaupun aplikasi mencar ilmu mengaji di atas bisa membuat Anda membaca Al Quran, seharusnya Anda tetap membutuhkan seorang pembimbing yang sudah jago dalam membaca Al Alquran. Semoga berfaedah dan terima kasih.

Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar