Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Trik Mempopulerkan Bisnis Melalui Sosial Media dengan Cara Sederhana

Mempopulerkan bisnis melalui sosial media kerap digunakan para pebisnis diera digital seperti sekarang ini. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk ini, namun jika trik kurang tepat maka hasilnya akan nihil. Dalam edisi khusus akhir pekan ini, saya akan mengulas sedikit trik jitu untuk membuat bisnis semakin melejit.


Sosial media memiliki dampak dan

peranan yang besar terhadap popularitas sebuah bisnis terutama yang berhubungan

dengan pelanggan. Meskipun pemilik bisnis saat ini memahami bahwa mereka harus

menggunakan sosial media, namun mereka tidak selalu melihat hasil yang positif.


Membuat bisnis Anda semakin

produktif melalui sosial media berarti menilai tujuan Anda apakah telah sesuai

dengan manfaat dari masing-masing situs sosial media. Kunci sukses dalam setiap

kampanye dan promosi bisnis Anda adalah pada penjadwalan dan pendelegasian

usaha Anda.





Trik Mempopulerkan Bisnis Melalui Sosial Media dengan Cara Sederhana

Berikut ini ada beberapa elemen

penting dalam mempopulerkan bisnis khusunya melalui sosial media, simak

ulasannya.




#1.

Gunakan Koneksi yang Anda miliki


Trik Mempopulerkan Bisnis Melalui Sosial Media dengan Cara Sederhana

Popularitas pada situs sosial media bukan

hanya tentang siapa diri Anda. Untuk itu Anda harus membedakan siapa yang Anda

kenal dan tidak Anda kenal. Setiap orang rela membayar mahal untuk menjadi

populer pada setiap platform-sosial media dan tentunya masing-masing memiliki

alasan yang berbeda.


Bisnis Anda harus aktif dalam

menghubungkan semua pengguna dan pelanggan di setiap situs sosial media.

Membuat koneksi yang baik tentu akan membuat mereka merasa memiliki terhadap

produk Anda. Jika hal ini sudah terbangun dengan baik, maka mereka tidak akan pernah

mengabaikan posting Anda di situs sosial media untuk jangka waktu yang lama.


Semua orang tentu ingin informasi

yang cepat dan akurat. Nah, sosial media merupakan media untuk kampanye konten yang

atraktif pada website utama Anda. Kuncinya yaitu mengembangkan konten yang menarik,

relevan dengan produk atau layanan serta konten informatif yang up-to-date

dengan berita.


Yang tak kalah penting adalah menyampaikan

fakta, mengumumkan peristiwa dan mempromosikan kontes dengan cara yang efektif serta

terlibat dalam hubungan sosial media Anda, kemudian Anda akan mendapatkan lebih

banyak omzet dari halaman bisnis Anda.


Di antara koneksi Anda, Anda harus berusaha

untuk menjadi ahli. Melampaui apa yang mereka impikan dan berbagi. Anda juga

harus menanggapi isi dengan wawasan baru, sudut pandang yang berbeda atau

dengan (Call To Action) ajakan positif yang menentukan untuk bertindak.


#2.

Biarkan Platform yang Bekerja


Trik Mempopulerkan Bisnis Melalui Sosial Media dengan Cara Sederhana

Mungkin sampai saat ini Anda masih

tidak mengerti poin penting pada Instagram. Atau mungkin Anda hanya tidak

menyukainya. Mungkin juga Anda sudah mendapatkannya tanpa itu dan tidak

menganggap itu berlaku untuk bisnis Anda.


Apapun alasan Anda, dan apa pun situs

sosial media yang Anda gunakan saat ini, saatnya untuk mengevaluasi kembali

manfaatnya untuk bisnis Anda pada setiap platform.


Tidak ada situs sosial media yang

diciptakan sama dengan orang lain. Tapi itu terserah Anda untuk memutuskan

apakah Anda salah satu dari sekian banyak bisnis lainnya. Lampiran pribadi Anda

atau keengganan Anda untuk bertatap muka melalui saluran sosial media tertentu

harus dikesampingkan.


Anda juga harus menentukan nama dan

platform apa yang tepat untuk bisnis Anda. Sudah waktunya untuk berkembang dan

memutuskan hubungan dengan yang biasa Anda gunakan saat ini. Bisnis Anda harus

memiliki eksistenti yang konsisten saat ini, situs Anda juga harus memiliki otoritas

sehingga dapat ditemukan di search engine.


Berikut ini ada beberapa pilihan

situs sosial media yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.


Instagram – Instagram dapat

benar-benar digunakan untuk bisnis Anda. Setelah semua selesai, seorang

fotografer yang baik dapat membuat sesuatu terlihat menarik.


Google+ – Gunakan halaman Google

Bisnis Saya dengan membuatnya link ke peta dan website. Google+ memungkinkan

Anda untuk mengelola pengguna Anda yang terdapat pada “lingkaran”

untuk menjaga kepentingan yang terpisah.


Facebook – Semakin berorientasi

bisnis, dan menawarkan pengguna terbesar (baru-baru ini penggunanya mencapai

angka 1 miliar pengguna dalam sehari.) manfaatkan iklan berbayar dan iklan gratis

di facebook untuk merek Anda.


Pinterest – Sebuah papan buletin

virtual tentang semua hal yang menarik. Sebuah pilihan yang ramah untuk posting

bisnis Anda. Platform ini adalah E-commerce dan hal pokok untuk untuk pemasaran

visual terhadap usaha kecil.


LinkedIn – Jaringan dengan

profesional di bidang Anda. Posting pekerjaan untuk bisnis Anda.


Twitter – Headlines, cepat dan

sumber berita dengan topik tertarget. Sosial, ekonomi, politik, jurnalistik,

bisnis dan keperluan pribadi dengan pengguna terbesar.


YouTube – Berguna dalam tandem

dengan situs sosial media lainnya. Video hosting yang tidak terbatas pada hiburan

atau pendidikan.


Situs ini telah membuktikan daya

tahan yang baik, akan tetapi beberaa hal dapat berubah dengan cepat. Lakukan riset

dan percobaan dengan platform marginal seperti Scoop.it. Bermain-main di situs

yang sama untuk media tertentu dan membandingkan hasil Anda (yaitu Tumblr vs Flickr

vs YouTube).


Coba beberapa hal yang berbeda,

namun pada akhirnya Anda yang harus memutuskan untuk menggunakannya hanya jika

Anda memiliki waktu untuk menjaga mereka dan jika mereka memberikan hasil.


#3.

Konsisten dalam Hal Posting


Trik Mempopulerkan Bisnis Melalui Sosial Media dengan Cara Sederhana

Untuk menjalankan bisnis yang Anda miliki,

bagaimana Anda menangani semua ini? Untungnya, ada tools yang dapat membantu

Anda untuk menggunakan sendiri tools pada situs sosial media. Selain tips ini, toos

ini juga memungkinkan Anda untuk mengorganisir sehingga lebih mudah dari yang

Anda pikirkan.


Anda juga bisa mendelegasikan usaha

Anda. Tergantung pada skala perusahaan Anda sehingga situs sosial media memungkinkan

Anda untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan. Tugas serta tanggung jawab yang terpisah

antara masing-masing karyawan, untuk mengelola situs sosial media tertentu.


Anda bisa membuat jadwal untuk

posting seperti mingguan untuk Facebook, Twitter harian, dll. Anda juga wajib memiliki

pedoman tertulis untuk setiap situs sosial media contohnya gambar 300 x 300 pixel

untuk Instagram, 100 kata max. untuk LinkedIn, dll.


Anda bisa membuat satu akun untuk

mengelola beberapa platform sosial media. Dapatkan akun Hootsuite dan gunakan

untuk meledakan salah satu bagian dari konten di beberapa platform. Baca: Tips

Update Status Sosial Media yang Memancing Banyak Komentar
.


Menghabiskan waktu merespon pelanggan,

terutama ulasan. Revinate adalah alat yang dirancang untuk agregat ulasan.

“Kami menggunakannya untuk menanggapi umpan balik dari Hotels.com.

Expedia, Booking.com, perjalanan penasihat dan banyak lagi.


Kita dapat mengatasi masalah,

memperdalam hubungan bisnis, menjawab pertanyaan, mengklarifikasi pernyataan

dan terima tamu kami, “kata Fernanda Williams, administrator media sosial

untuk staySky Hotels & Resorts.


Menganalisis pengikut Anda secara

teratur. Memantau kemajuan dan menggunakan analisis untuk melihat lalu lintas

sejalan dengan konversi dari setiap situs sosial media. Selalu mencari tren dan

pengguna terterget karena mereka dapat menginspirasi strategi baru.


Semua yang diungkapkan diatas

merupakan trik yang dapat Anda lakukan untuk mempopulerkan bisnis Anda melalui

sosial media. Yang terpenting adalah tetap relevan dengan bisnis Anda, menarik,

dan tetap berpegang pada jadwal.


 





Sumber er.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar