Seseorang
yang memiiki keterampilan berkomunikasi yang baik tentu terampil pula dalam hal
mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik merupakan kunci sukses dalam
berkomunikasi.
yang memiiki keterampilan berkomunikasi yang baik tentu terampil pula dalam hal
mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik merupakan kunci sukses dalam
berkomunikasi.
Memang
sulit untuk menjadi pendengar yang baik, terlebih topik pembicaraan tidak
sesuai dengan yang apa yang kita senangi, apalagi ketika Anda berkomunikasi
dengan klien. Contoh, anda sangat hobi menonton bola, namun klien Anda membahas
tentang sinetron, ya nggak nyambung.
sulit untuk menjadi pendengar yang baik, terlebih topik pembicaraan tidak
sesuai dengan yang apa yang kita senangi, apalagi ketika Anda berkomunikasi
dengan klien. Contoh, anda sangat hobi menonton bola, namun klien Anda membahas
tentang sinetron, ya nggak nyambung.
Disatu
sisi, Anda wajib membuat klien Anda merasa nyaman saat berkomunikasi. Karena
pada saat itulah Anda akan menemukan jawaban “ya” atau “tidak” untuk sebuah
misi yang sedang Anda jalankan yaitu “Mencetak Goal”.
sisi, Anda wajib membuat klien Anda merasa nyaman saat berkomunikasi. Karena
pada saat itulah Anda akan menemukan jawaban “ya” atau “tidak” untuk sebuah
misi yang sedang Anda jalankan yaitu “Mencetak Goal”.
Dalam
beberapa bulan terakhir, saya sendiri mulai belajar menjadi pendengar yang
baik. Terutama profesi yang saya jalani memang setia hari bertemu klien.
Awalnya memang sulit menjadi seorang pendengar yang baik, namun karena sering
mendengarkan akhirnya saya pun terbiasa melakukannya, dan saya yakin Anda pun
bisa seperti itu.
beberapa bulan terakhir, saya sendiri mulai belajar menjadi pendengar yang
baik. Terutama profesi yang saya jalani memang setia hari bertemu klien.
Awalnya memang sulit menjadi seorang pendengar yang baik, namun karena sering
mendengarkan akhirnya saya pun terbiasa melakukannya, dan saya yakin Anda pun
bisa seperti itu.
Komunikasi
yang baik adalah komunikasi yang terjadi dua arah, ada feedback dari lawan
bicara. Komunikasi memang tak pernah terpisah dari mendengar dan berbicara.
Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda simak agar menjadi seorang pendengar
yang baik, diantaranya:
yang baik adalah komunikasi yang terjadi dua arah, ada feedback dari lawan
bicara. Komunikasi memang tak pernah terpisah dari mendengar dan berbicara.
Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda simak agar menjadi seorang pendengar
yang baik, diantaranya:
• Tatap
orang yang sedang berbicara, saat Anda menatap mata lawan bicara Anda
akan melihat dan memahami maksud dan tujuan pembicaraan dengan cepat. Selain
itu, Anda juga memperhatikan dan menghargai lawan bicara Anda.
orang yang sedang berbicara, saat Anda menatap mata lawan bicara Anda
akan melihat dan memahami maksud dan tujuan pembicaraan dengan cepat. Selain
itu, Anda juga memperhatikan dan menghargai lawan bicara Anda.
• Condongkan
badan menghadap mereka, hal ini menandakan keseriusan Anda saat
mendengarkan. Anda menghentikan semua aktivitas yang sedang Anda lakukan,
kemudian fokus pada topik pembicaraan.
badan menghadap mereka, hal ini menandakan keseriusan Anda saat
mendengarkan. Anda menghentikan semua aktivitas yang sedang Anda lakukan,
kemudian fokus pada topik pembicaraan.
• Jangan
memotong
pembicaraan, biasakan diri Anda untuk membiarkan lawan
bicara Anda selesai bicara, setelah itu baru Anda tanggapi. Ingat, Anda sedang
berkomunikasi yang intens bukan berdebat.
memotong
pembicaraan, biasakan diri Anda untuk membiarkan lawan
bicara Anda selesai bicara, setelah itu baru Anda tanggapi. Ingat, Anda sedang
berkomunikasi yang intens bukan berdebat.
• Ajukanlah
pertanyaan yang
tulus, saat Anda mendengarkan setiap pembicaraan, maka Anda pasti
memahami alur pembicaraan dan Anda tahu apa yang anda pahami dan tidak Anda
pahami. Bertanyalah tentang sesuatu yang belum Anda pahami, bukan untuk
menguji!
pertanyaan yang
tulus, saat Anda mendengarkan setiap pembicaraan, maka Anda pasti
memahami alur pembicaraan dan Anda tahu apa yang anda pahami dan tidak Anda
pahami. Bertanyalah tentang sesuatu yang belum Anda pahami, bukan untuk
menguji!
• Ikuti
topik yang dibicarakan dengan penuh perhatian, mimik wajah dan
ekspresi menentukan serius atau tidaknya seseorang dalam mendengarkan. Jadi
saat Anda menjadi pendengar, berusahalah fokus pada apa yang sedang
dibicarakan.
topik yang dibicarakan dengan penuh perhatian, mimik wajah dan
ekspresi menentukan serius atau tidaknya seseorang dalam mendengarkan. Jadi
saat Anda menjadi pendengar, berusahalah fokus pada apa yang sedang
dibicarakan.
• Gunakan
kata anda dan bukan “saya, aku, atau milikku”, kata “Anda” merupakan
sapaan yang sopan kepada lawan bicara. Terlalu banyak mengatakan “Saya, Aku
atau Milikku” menandakan kita mementingkan diri kita.
kata anda dan bukan “saya, aku, atau milikku”, kata “Anda” merupakan
sapaan yang sopan kepada lawan bicara. Terlalu banyak mengatakan “Saya, Aku
atau Milikku” menandakan kita mementingkan diri kita.
Nah
itulah beberapa tips agar lebih terampil menjadi seorang pendengar yang baik.
Tidak ada yang lebih penting dari itu semua selain mencoba dan mempraktekannya
setiap saat. Baca juga: 8
Cara Melatih Kekuatan Pikiran.
itulah beberapa tips agar lebih terampil menjadi seorang pendengar yang baik.
Tidak ada yang lebih penting dari itu semua selain mencoba dan mempraktekannya
setiap saat. Baca juga: 8
Cara Melatih Kekuatan Pikiran.
Tindakan
yang dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan, jadi biasakanlah menjadi
pendengar dan bukan penggerutu.
yang dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan, jadi biasakanlah menjadi
pendengar dan bukan penggerutu.
Sumber er.com