Melihat banyaknya seruan mendorong Yamaha untuk terus bergairahmengupgarde dan memperbaharui Byson semoga terus menjadi idola setiap tahunnya. Perubahan desain, spesifikasi dan fitur menjadi poin utama dalam menyajikan sepada motor Byson yang unggul dan masih dalam koridor motor yang cukup murah. Mengusung bentuk body yang kekar dan garang menjadi ciri khas Byson dalam mempertahan eksistensinya walaupun pesaing di kelasnya sudah bermunculan.
Kehadiran motor Byson di Negara India lebih diketahui dengan istilah FZ dan memiliki pilihan warna. Yamaha sendiri membekali Byson dengan kapasitas mesin yang sedikit lebih besar dibandingkan Yamaha Vixion yang cuma 149.8 cc. Untuk lebih jelasnya, kami sudah merangkum isu dari generasi Yamaha Byson dari tahun ke tahun mulai dari rancangan, spesifikasi dan fitur yang digunakan.
Yamaha Byson Periode Pertama Tahun 2010
Tipe Mesin | Berpendingin udara, 4 stoke, 2 valve SOHC |
Silinder | Single Cylinder / Tegak |
Diameter x Langkah | 58 x 57,9 mm |
Daya Maksimum | 13.73 kW / 7500 rpm |
Torsi Maksimum | 13.6 Nm / 6000 rpm |
Volume Silinder | 153 cc |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kick Starter |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual |
Transmisi | Manual, 5 Percepatan |
P X L X T | 2075 mm x 780 mm x 1045 mm |
Berat | 137 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 12 Liter |
Tipe Rangka | Diamond |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Monocross |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 100 / 80 - 17 M/C (52P) |
Ban Belakang | 120 / 70 - 17 M/C (58P) |
Tipe Rem Depan | Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Drum Brake |
Yamaha Byson mengapdopsi transmisi manual 5 percepatan dengan rasio gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 yang diyakini mampu menolong mengoptimalkan tenaga mesin. Body Byson memiliki ukuran panjang 2075 mm, lebar 780 mm dan tinggi 1045 mm, sedangkan rangka yang dipakainnya bermodel diamond dengan suspensi teleskopik di bab depan dan monocross pada suspensi belakang. Fitur headlamp belum menerapkan teknologi LED, tidak perlu khawatir Yamaha sendiri sudah merancang bab lampu depan dan belakang semoga cahaya yang dipancarkan pada malam hari menjad lebih optimal.
Baca Juga : Harga Yamaha Byson FI 150, Review, Spesifikasi dan Gambar
Tangki bensin yang menempel pada rangka diamond mampu memuat hingga 12 liter. Yamaha Byson sendiri sangat cocok dibawa touring, alasannya tangguh dan dibekali tangki bensin yang besar. sehingga pengendara tidak susah payah mengisi bensin dalam waktu pendek. Pilihan warrna yang ditawarkan Yamaha untuk Byson ada empat ialah merah, putih, abu-debu dan biru. Untuk metode pengereman bagian roda depan memakai disc brake sedangkan belakang masih drum brake (rem tromol). Beban keseluruhan Byson 153 meraih 137 kg.
Yamaha Byson Periode kedua Tahun 2011
Menginjak tahun 2011 Yamaha Byson mulai diproduksi di Negara Indonesia dan pada bulan September Byson 153 menerima pemanis warna modern. Pada era kedua ini terdapat perbedaan yang signifikan dibandingkan abad sebelumnya, khususnya pada bagian warna dan grafis body kian tampakkeren. Untuk tampilan mesinnya masih tetap sama dan tidak ada yang diberubah, hanya saja ada penambahan varian warna luxury gold sehingga diperiode ini Yamaha Byson mempunyai lima pilihan warna yaitu Solid Black, Mighty Blue, Brave Red, Modern White Dan Luxury Gold. Yamaha Byson Periode Ketiga Tahun 2012
Diperiode ketiga Yamaha berinovasi dengan menyuguhkan varian warna yang lebih menarik dan memperbesar bentuk body yang terkesan mewah. Tahun 2012 mendatangkan Yamaha Byson 153 dengan didominasi warna hitam dan terkesan gelap. Sistem pengereman, penerangan dan tampilan mesin diperode ketiga ini tidak ada pergeseran sehingga masih sama dengan Yamaha Byson pada kala sebelumnya, tetapi ada penambahan opsi warna adalah Deep Red Metallic, Black Metallic X, Vivid Purplish Blue dan White Metallic 6. Yamaha Byson Periode Keempat Tahun 2013
Memasuki bulan September 2013 Yamaha kembali memproduksi Byson 153 dengan tampilan body yang lebih cerah, namun masih mempertahankan rancangan gelap. Bentuk desain diperiode sebelumnya masih dipakai, hanya saja terdapat grafis warna yang berbeda dari sebelumnya. Pada tahun 2013 Yamaha Byson membekali dirinya dengan 4 warna ialah Tough Blue, Valorous Red, Black Armor dan Bold White. Selebihnya Byson belum merubah apapun dari sisi mesin dan fiturnya. Yamaha Byson Periode Kelima Tahun 2014
Sahabat otomotif pasti selalu berharap adanya perubahan dari Yamaha Byson ini, baik itu mesin maupun penambahan fitur yang lebih modern. Tapi diperiode kelima ini tetap belum ada pembaharuan yang besar pada motor naked tersebut. Semua spesifikasi dari model sebelumnya masih tetap sama, hanya yang dirubah yakni desain warnanya saja. Varian warna tersebut ialah merah hitam, putih, hitam dan bubuk-debu. Yamaha Byson Periode Keenam Tahun 2015
Tipe Mesin | Air cooled 4-stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder / Tegak |
Perbandingan Kompresi | 9,5 : 1 |
Daya Maksimum | 9.61 kW / 8000 rpm |
Torsi Maksimum | 12.98 Nm / 6000 rpm |
Kapasitas mesin | 150 cc |
Sistem Starter | Elektrik Starter & Kickstarter |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Basah, Kopling Manual, Multiplat |
Tipe Transmisi | Constant Mesh, 5 Percepatan |
P X L X T | 1990 mm x 780 mm x 1045 mm |
Berat | 133 Kg |
Kapasitas Tangki Bensin | 12.0 Liter |
Tipe Rangka | Diamond |
Suspensi Depan | Telescopic |
Suspensi Belakang | Swingarm |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 100 / 80 - 17 M/C |
Ban Belakang | 130 / 70 - 17 M/C |
Tipe Rem Depan | Single Disc Brake |
Tipe Rem Belakang | Drum Brake |
Baca Juga : Sejarah Generasi Yamaha Vixion Dari Tahun ke Tahun
Desain stang street fighter dibentuk lebar menciptakan posisi berkendara teggap dan lebih tenteram ketika melaksanakan perjalanan erat maupun jauh. Yamaha Byson sendiri memakai rangka diamond dengan suspensi teleskopik di depan dan swing arm di belakang. Ukuran body periode keenam ini lebih pendek dibandingkan versi sebelumnya dengan panjang 1990 mm, lebar 780 mm dan tinggi 1045 mm. Ukuran roda dibentuk lebih besar 100 / 80 – 17 M/C ukuran roda depan dan ukuran 130 / 70 – 17 M/C pada roda belakang. Ukuran ban yang lebar dapat membuat pengendalian stabil dan tenteram dikala berkendara. Pengereman yang disisipkan masih memakai disc brake dan drum brake serta belum menggunakan teknologi ABS.
Demikian berita wacana Sejarah Generasi Yamaha Byson Dari Tahun ke Tahun. Semoga ulasan ini dapat berguna untuk kita semua dan terima kasih. Sumber https://nuroehi.blogspot.com