Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Mengenal Jenis Sekering Yamaha Nmax Dan Fungsinya

Sekering merupakan sebuah unsur pengaman pada rangkaian kelistrikan. Cara kerja sekering yaitu secara otomatis sekering akan memutus ajaran listrik yang mengalami kelebihan arus dan  untuk mencegah kerusakan pada bagian lain yang diakibatkan korsleting listrik. Sekering pada kendaraan mobil maupun motor mempunyai beberapa rangkaian, seperti sekering untuk arus baterai, tata cara penerangan, tata cara pengapian, rangakaian ultilities dan sebagainya..

Sekering merupakan suatu komponen pengaman pada rangkaian kelistrikan Mengenal Jenis Sekering Yamaha Nmax dan Fungsinya

Pada sepeda motor Yamaha Nmax mempunyai box sekering yang berada sempurna di bawah daerah duduk pengemudi (jok), di dalam box sekering tersebut terdapat banyak sekering (fuse) yang menyangkut seluruh tata cara kelistrikan yang ada di Yamaha Nmax.

Sekering tancap Yamaha Nmax mempunyai aba-aba dan warna, hal ini untuk menunjukkan isu kepada pengemudi perihal spesifikasi dan kegunaan sekering tersebut, biasanya sekering tancap dilengkapi goresan pena arusnya yang berada dibagian atas. Akan tetapi, tidak semua sekering tancap dilengkapi instruksi goresan pena sehingga pemilik kendaraan harus berpatokan pada warnanya.

Jenis Sekering Yamaha Nmax dan Fungsinya

Setidaknya ada 6 sekering di dalam box yang berperan penting dalam kelistrikan Yamaha Nmax dan sisannya sekering cadangan. Pemilik kendaraan mampu memakai sekering cadangan untuk mengambil alih sekering yang putus dan mengalami kerusakan. Berikut berbagai jenis dan fungsi sekering pada sepeda motor Nmax, adalah:

1. Sekering Utama

Sekering ini merupakan sekering yang terpenting sebab menghubungkan semua tata cara kelistrikan yang ada pada motor tersebut, jika sekering ini mengalami kerusakan maka semua fitur mirip seepdometer digital tidak akan berfungsi dan motor pun tidak dapat menyala sebagaimana mestinya. Sekering utama ini mampu menjadi pendeteksi utama bila motor mengalami mati mendadak atau susah hidup.

2. Sekering ABS

Apabila sekering ABS terjadi kerusakan maka fungsi pada tata cara pengereman mengalami gangguan dan bahkan menjadi tidak berfungsi.

3. Sekering Main Switch

Dapat dikatakan bahwa sekering main switch ialah sekering paling penting kedua setelah sekering utama. Pasalnya, kalau sekering ini putus atau rusak maka sistem kelistrikan pada motor menyala namun mesin tidak dapat hidup. Bagi pengemudi yang mengalami duduk perkara pada mesin yang sulit hidup maka selaku langkah awal bisa memeriksa pribadi apakah sekering ini masih berfungsi atau tidak.

Baca Juga :  Inilah 5 Penyebab Yamaha Nmax Mati Mendadak

4. Sekering Seepedometer

Sekering ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan pada seepedometer, jadi bila sekering ini mengalami kerusakan maka seepdometer tidak mampu menyala namun semua indikator mampu berfungsi wajar , mirip mesin mampu hidup, klakson dapat berbunyi dan lampu pun mampu menyala wajar .

5. Sekering Signal

Apabila sekering signal ini putus maka indikator klakson, lampu sein, lampu rem akan mati dan tidak berfungsi normal. Selain itu pula mesin tidak mampu hidup karena signal daripada switch rem lampu belakang tidak menyala.

6. Sekering ABS Unit

Sekering ABS unit berperan penting pada sistem pengereman. Komponen yang berhubungan dengan sekering ini terletak di bagian dalam body depan motor. Untuk mengenali unsur tersebut pemilik motor harus membongkar body apalagi dulu untuk mendeteksi apakah terdapat kerusakan pada unsur tersebut.

7. Sekering Cadangan

Sekering cadangan ini tidak terhubung dengan apapun. Yamaha sendiri menunjukkan sekering serep untuk digunakan oleh pemilik motor jika salah satu sekering putus atau mengalami kerusakan lainnya. Jadi tidak butuhmerasa khawatir jika terjadi problem pada sekering, alasannya Yamaha sudah memperlihatkan 3 sekering cadangan sekaligus.

Baca Juga : Perjalanan Generasi Yamaha Jupiter Dari Tahun ke Tahun

Banyak sekali problem kerusakan pada Yamaha Nmax yang seringi dialami oleh pemilik motor sehingga perlu dibawa ke bengkel. Bahkan duit yang mesti dikelurkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut sampai ratusan ribu. Padahal tanpa kita sadari kerusakan tersebut hanyalah hal sepele, adalah pada sekeringnya saja.

Sebelum membawanya ke bengkel resmi, seharusnya pemilik motor perlu mengevaluasi terlebih dahulu pada box sekering. Jika terjadi kerusakan pada salah satu sekering maka Anda cuma perlu mengganti dengan sekering yang baru dan tidak perlu sukar payah menenteng ke bengkel. Alhasil Anda bisa meminimalisir ongkos, biar bermanfaat.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar