Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Mengenal Jenis Dan Tipe Ban Mobil Yang Banyak Ditemui

Sebagai pengemudi, Anda harus mengamati keadaan kendaraan yang dibawanya. Hal ini untuk menunjang kenyamanan dan keselamaan dalam berkendara, salah satunya pada bab kaki-kaki yakni roda ban. Ketika hendak bepergian sepatutnya melaksanakan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh pada sitem penerangan, pengapian, pendingin, pengereman dan mesin.  hal semacam ini mampu Anda terapkan saat hendak melaksanakan perjalanan jarak jauh maupun dekat.

 Anda harus memperhatikan kondisi kendaraan yang dibawanya Mengenal Jenis dan Tipe Ban Mobil Yang Banyak Ditemui

Ban merupakan bagian yang mempunyai peranan penting dalam geraknya kendaraan. Pasalnya , bagian ini yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Kondisi ban yang sudah menipis ditandai dengan alur ban yang mulai tidak tampakdan ini sungguh membahayakan pengemudi jika terus digunakan. Walaupun dipaksakan, kecepatan kendaraan harus dikurangi dan medan jalan yang rusak serta bergelombang menciptakan ban mudah meletus mengingat ketebalan ban yang sudah mengalami keausan.

Terjadinya ban bisa meletus disebabkan bukan hanya lapisan ban yang telah menipis saja, tetapi adanya tekanan udara di dalam ban yang terlalu tinggi mengingat bobot mobil pun cukup berat. Untuk menyingkir dari hal tersebut, seharusnya Anda perlu mengganti jenis ban kendaraan beroda empat dengan yang baru. Pastikan sebelum mengubahnya, kenali dulu abjad mobil dan jalan yang dilaluinya. Setidaknya ada 4 jenis dan tipe ban kendaraan beroda empat terbaik, diantaranya sebagai berikut:

1. Mud Tire (MT)

Ban tipe mud tire banyak digunakan pada kendaraan beroda empat bermedan lumpur, batu dan berpasir. Karakter yang dimiliki ban MT ini memiliki corak kembang dan bernafsu, dengan tujuan kalau terdapat kotoran lumpur yang melekat pada telapak ban dapat terlepas serta higienis dengan sendirinya.

Ban jenis Mud Tire memiliki bagian yang lunak sehingga tidak diusulkan untuk pengguna jalan raya dengan kecepatan tinggi, alasannya adalah daya cengkeram material ban tidak cukup baik.

Selain itu, ban jenis MT ini dapat menimbulkan suara mendengung dikala mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Terdapat beberapa Negara yang melarang pemakaian ban ini, mirip Negara Singapura. Merk ban yang banyak digunakan untuk jalan berlumpur dan berpasir yaitu ban Bridgestone dan Achilles Desert Hawk.

2. All Terrain (AT)

Ban mobil jenis All Terrain mampu diaplikasikan pada beberapa medan jalan, mirip lintasan salju, tanah, berbatu dan berair. Tetapi ban AT tidak dapat dipercaya di medan off road ekstrem yang berlumpur, sedangkan pemakaian di jalan beraspal ban jenis ini juga dipakai untuk touring maupun perjalanan erat.

Baca Juga : Pola dan Konstruksi Ban

Tetapi alasannya bentuk telapak ban mempunyai alur yang lebar dan tidak rapat membuat ban ini mengeluarkan suara keras ketika kendaraan beroda empat melaju dengan kecepatan tinggi.

3. Mud And Snow (MS)

 Anda harus memperhatikan kondisi kendaraan yang dibawanya Mengenal Jenis dan Tipe Ban Mobil Yang Banyak Ditemui

Mud and Snow yakni ban mobil yang dibuat khusus dan diaplikasikan pada jalan bersalju dan lumpur ringan. Performa daya cengkeram ban pada permukaan jalan sangat bagus untuk perlintasan berair.

4. Highway Tire (HT)

Highway tire yakni jenis ban mobil yang dianjurkan untuk pengguna jalan aspal. Desain ban ini dibuat dengan alur multiguna dan area telapak yang lebih halus, maka tak jarang mobil jenis 4 x 4 banyak menggunakan ban tipe Highway tire. Selain itu ban highway tire sungguh nyaman dipakai, terlebih saat mobil melaju kecepatan tinggi alasannya ban ini tidak menimbulkan bunyi berisik.

Cara Pintar Memilih Jenis Ban

  1. Kenali karakter kendaraan, sebagai pengemudi pastinya tau betul perihal kendaraan beroda empat maupun motor Anda sendiri. Hindari kesalahan pemakaian ban, misalkan ban  untuk kendaraan off road malah diaplikasikan pada kendaraan perkotaan, pasti ini tidak efektif dan merugikan bagi pengguna.
  2. Lintasan yang dilalui, memakai jenis ban yang sempurna harus menyaksikan medan jalan yang diprioritaskan kepada kegiatan pengguna. Apabila kendaraan untuk di tempat perkebunan mampu memakai jenis ban yang mempunyai contoh alur yang lebar. Pasalnya, kendaraan perkebunan harus mempunyai daya cengkeram yang besar lengan berkuasa.
  3. Ukuran ban, pastikan ban yang akan digunakan harus diubahsuaikan dengan bentuk ukuran velg. Untuk mengetahui ukuran ban mobil mampu dilihat pada segi samping yang diukir dalam susunan instruksi angka.
  4. Alur ban, jenis ban mobil yang elok mesti menekankan besarnya gaya gesek pada permukaan jalan. Dengan memperbesar daya gesek ban terhadap jalan, maka kendaraan tidak mudah tergelincir.
  5. Tahun pembuatan, pastikan Anda menentukan ban yang masih berusia muda atau yang belum usang diproduksi. Ban dengan tahun pembuatannya yang lebih muda memiliki mutu elok dibandingkan ban dengan usia yang telah lama. Untuk mengetahui usia ban Anda mampu belihat kode yang berada di sisi samping.

Demikian jenis dan tipe ban kendaraan beroda empat yang banyak ditemui di Indonesia dan dari ulasan diatas kita mampu tau bahwa terdapat 4 jenis ban mobil yang diproduksi untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna sesuai dengan medan jalan yang dilewati. Semoga berguna dan terima kasih.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar