Gangguan pada komponen radiator juga mampu berimbas pada rusaknya mesin, hal ini dipicu adanya peningkatan temperatur mesin yang berlebih (overheat). Mesin yang mengalami over heating akan kehilangan daya dan bahkan mesin menjadi mati atau mogok.
Terdapat banyak komponen tata cara pendingin, diantaranya: radiator, tutup radiator, kipas pendingin, pompa air, thermostat, selang utama inlet dan outlet, selang by pass dan water jaket. Gangguan salah satu atau lebih bagian tersebut akan membuat kinerja sistem pendingin menjadi kurang optimal, sehingga memicu terjadinya overheat yang berlebih.
Gangguan Pada Sistem Pendingin Mesin Mobil
Adapun beberapa gangguan pada komponen pendingin mesin kendaraan beroda empat yang wajib dimengerti, mengenang tata cara ini sungguh penting maka setidaknya pemilik kendaraan harus tau cara memperbaiki sebagai langkah awal jika terjadi gangguan atau bisa juga menjinjing ke bengkel resmi. Berikut beberapa gangguan pada metode pendingin mobil, yakni:
1. Radiator
Radiator merupakan salah satu komponen utama yang berfungsi untuk menukar cairan radiator panas berkembang menjadi cuek. Kaprikornus ketika air radiator keluar dari mesin bersuhu tinggi akan di dinginkan ketika berada di radiator dengan mempergunakan hembusan udara yang melewati sirip-sirip radiator. Dengan demikian, Saat cairan radiator kembali ke mesin memiliki suhu yang lebih rendah sehingga suhu kerja mesin tetap selalu stabil.
Radiator dapat mengalami gangguan kebocoran yang menciptakan kurangnya volume air radiator, akhirnya pertukaran suhu cairan pendingin tidak berlangsung dengan baik. Cara untuk mengatasi gangguan tersebut adalah dengan memperbaiki bagian yang bocor, kalau radiator mengalami korosi maka perlu diganti dengan bab yang gres. Namun kalau gangguan sudah kategori parah maka Anda mesti mengganti dengan unit radiator baru.
Selain itu gangguan radiator berkerak mampu menghalangi pelepasan panas, umumnya radiator berkerak disebabkan adanya endapan kotoran yang sudah mengeras. Sebaiknya perlu dilaksanakan pencucian sebelum gangguan tersebut menjadi parah.
2. Tutup Radiator
Walaupun cuma sebuah tutup, tetapi tutup radiator yang satu ini mempunyai peranan yang sungguh penting pada sistem pendingin. Tutup radiator berfungsi untuk mengontrol tekanan dan mengontrol volume cairan radiator pada kapasitas yang ideal. Gangguan pada tutup radiator berupa rusaknya seal karet dan pegas yang telah melemah, semestinya ganti dengan unit yang baru sesuai spesifikasi persyaratan pabrik.
3. Kipas Pendingin
Komponen ini berfungsi untuk meningkatkan aliran udara yang mengalir lewat sirip-sirip radiator dan sekaligus menghembuskan udara ke arah mesin untuk membantu melepaskan panas. Gangguan pada kipas pendingin berupa putaran kipas yang tidak kencang sebab fan belt kurang tegangan sehingga terjadi selip. Selain itu kipas pendingin yang terlalu lentur akan menghasilkan aliran udara yang tidak begitu berpengaruh sehingga perlu diganti dengan unit kipas gres.
Usahakan dalam pemasangan kipas pendingin tidak boleh terbalik, pasalnya keadaan kipas terbalik akan menciptakan aliran udara tidak sepenuhnya diterima oleh mesin dan radiator sehingga proses pendinginan tidak optimal.
4. Pompa Air
Pompa air atau water pump adalah komponen pendingin yang bertanggung jawab untuk mensirkulasikan cairan radiator melalui pedoman pendingin. Apabila water pump mengalami gangguan maka sirkulasi cairan radiator tidak bekerja optimal, akibatnya pertukaran panas pun akan terusik.
Masalah yang terkadang dialami water pump ialah kebocoran. Gangguan ini terjadi karena usia pakai komponen yang telah lama atau tegangan fan belt yang terlalu keras sehingga kinerja bearing dan seal pada water pump menjadi berat. Apabila kondisi kebocoran parah seharusnya ganti dengan unit pompa air yang gres.
5. Thermostat
Thermostat yaitu bagian yang mengatur pemikiran air radiator dan menertibkan suhu maksimal mesin. thermostat bertugas menutup fatwa air radiator dari mesin dikala suhu mesin masih rendah dan akan membuak dikala suhu telah meraih batas tertentu. Biasanya thermostat membuka pada suhu mesin meraih 80 – 82 derajat celcius.
Apabila thermostat berurusan atau rusak harus secepatnya diganti dengan unit yang gres agar tata cara pendingin kendaraan beroda empat dapat berjalan normal. Pastikan dikala memasang thermostat harus posisi benar karena pemasangan yang terbalik akan menjadikan kebocoran.
6. Selang Inlet dan Outlet
Selang ini berfungsi sebagai pemikiran cairan pendingin dari mesin ke radiator dan dari radiator ke mesin, masing-masing selang berada di bawah dan atas radiator. Selang ini dikaitkan dengan cara di klem pada setiap ujungnya. Masalah yang sering dialami selang inlet dan outlet ialah robek, terlepas dan penggunaan selang yang tidak tepat.
Baca Juga :
- Penyebab Sistem Pendingin Tidak Bekerja Optimal
- Air Radiator Coolant Untuk Motor
- Merk Air Radiator Terbaik
Selang yang robek lazimnya karena usia pakai yang sudah usang atau terjadi benturan dengan benda keras. Untuk selang yang terlepas disebabkan klem yang digunakan terputus, penguncian klem yang tidak besar lengan berkuasa dan panjang selang yang terlalu pendek sehingga saat mesin hidup getarannya mampu membuat selang lepas dari tempatnya.
Sedangkan penggunaan yang kurang sempurna juga bisa membuat selang robek dan terlepas. Carilah selang radiator yang tidak terlalu kaku, bermutu dan bentuknya sesuai dengan bawaan pabrik.
7. Selang By Pass
Selang by pas ialah selang yang berfungsi selaku jalur kompensator tekanan yang dihasilkan oleh water pump ketika thermostat berada keadaan tertutup sehingga mencegah tekanan berlebih dari water pump. Selang ini terletak di bab bawah rumah thermostat dengan ukuran panjang sekitar 10 centimeter.
Selang by pass sering mengalami kebocoran dan sobek. Biasanya masalah tersebut disebabkan periode pakai selang yang sudah usang, mutu selang dan pemakaian selang yang tidak cocok ajuan pabrik. Cara memperbaikinya yakni ganti selang dengan materi bermutu dan sesuai saran pabrik.
8. Water Jaket
Water jaket yaitu ruang fatwa air radiator yang terletak pada blok mesin dan kepala silinder. Water jaket menyelubungi bab mesin yang menciptakan panas saat mesin bekerja dan di ruang water jaket terjadi perembesan panas yang dijalankan oleh cairan radiator terhadap bab mesin yang panas. Dengan cara Inilah suhu kerja mesin selalu stabil.
Gangguan yang sering dialami pada water jaket adalah pemikiran water jaket yang tersumbat sebab kotoran dan terjadi kebocoran alasannya kepala silinder retak. Cara memperbaiki water jaket yang kotor yakni membersihkan dengan memakai radiator flush hingga sungguh-sungguh higienis dan gunakan air radiator yang mengandung bahan pencegah korosi atau karat.
Kepala silinder yang retak biasanya sebab mesin mengalami overheating yang sangat parah. Apabila retaknya tidak terlampau parah semestinya ditembel saja, namun kalau tidak memungkinkan untuk ditembel maka mesti diganti dengan unit kepala silinder yang baru. Akan namun, kasus semacam ini jarang sekali terjadi.
Demikian ulasan ihwal kerusakan bagian sistem pendingin mobil dan cara memperbaikinya, agar bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan ilmu pengetahuan kita semua. Sumber https://nuroehi.blogspot.com