Perbandingan penggunaan bagian suspensi kendaraan beroda empat dengan motor berlainan jauh, bagian motor lebih sedikit dan ukurannya pun lebih kecil. Hal ini dilihat dari ukuran bodi kendaraan dan kapasitas muatan beban kendaraan itu sendiri.
Salah satu komponen suspensi adalah shock. Pada motor, shock berada di bagian depan dan belakang, namun kedua shock ini memiliki tipe berbeda dengan fungsi yang sama ialah meredam getaran saat motor diperlambat atau mengalami benturan. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang unsur shock depan motor beserta fungsinya, diantaranya:
Komponen Shockbreaker Depan Motor

1. Slinder Garpu
Slinder garpu adalah rumah atau disebut juga casing dari semua komponen yang ada di shock depan motor. Komponen ini berfungsi selaku daerah atau wadah minyak oli shockbreaker itu sendiri. Untuk itu, periksa secara bersiklus dan pastikan oli shock jangan sampai menyusut.
2. Seal Oli
Seal oli ialah unsur yang bertugas mempertahankan oli shock biar tidak keluar dari slinder garpu. Seal oli memang jarang sekali rusak, walaupun rusak itu dikarenakan abad pakai yang telah usang dan memang perlu diganti. Selain itu, bubuk dan kotoran shock menjadi pemicu rusaknya bibir karet seal, maka dari itu kamu harus selalu menjaga kebersihan shockbreaker.
3. Cincin Stopper
Komponen shock depan motor selanjutnya yaitu cincin stopper. Adapun fungsinya yaitu untuk menahan oli semoga tidak bergerak ke atas, yang disebabkan adanya tekanan dari minyak shock.
4. Seal Debu
Seal bubuk berfungsi untuk menjaga semoga bubuk dan kotoran tidak masuk ke dalam bagian slinder garpu. Jika bubuk masuk, akan menyebabkan tabung garpu menjadi lecet dan rusak. bahkan yang lebih parahnya, tabung akan gampang mengalami keausan.
5. Tabung Garpu
Tabung garbu yakni unsur yang menjadi sekat atau ruang antara slinder garpu dan juga ruang di dalam tabung garpu tersebut. Ini yang menjadi penyebab shockbreaker Honda menggunakan tipe twin tube atau 2 tabung.
6. Torak Garpu
Torak garpu mempunyai fungsi utama ialah selaku piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di bagian atas torak garpu. Ini yang menciptakan oli shockbreaker berpindah dari ruang di bawah menuju ruang di atas torak garpu, begitu juga sebaliknya. Hal ini bermaksud menyerap gaya oksilasi.
7. Pegas Reaksi
Fungsi utama dari unsur pegas reaksi yaitu menerima dan menyerap getaran dari roda. Selama kamu berkendara di jalan yang tidak rata maka kinerja pegas reaksi menjadi lebih berat, sebab bagian ini yang pertama kali mendapatkan kejutan dari roda.
8. Pegas Garpu
Pegas garpu memiliki kegunaan untuk menahan torak ke atas. Selain itu, pegas garpu juga berfungsi untuk meredam getaran, tetapi itu sehabis mendapatkan gaya dari torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah getaran yang terjadi ketika motor melalui jalan rusak dan berlubang.
9. Baut Garpu
Baut garpu berperan membantu menutup lubang di atas torak garpu. Baut ini menghalangi minyak atau oli tidak keluar dari shockbreaker. Biasanya di bagian ini terdapat ring seal oli.
Baca Juga :
Itulah Sembilan bagian shockbreaker depan sepeda motor dan fungsinya yang perlu kau ketahui. Semoga isu yang singkat ini mampu memperbesar ilmu wawasan kita semua. Salam otomotif..! Sumber https://nuroehi.blogspot.com