Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

6 Ancaman Memodifikasi Kendaraan Mobil Dan Motor Secara Berlebihan

Memodifikasi bagian kendaraan mobil maupun motor menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian pecinta otomotif. Di zaman terbaru banyak orang yang kesengsem untuk merombak performa kendaraannya agar lebih menarik dan mempunyai performa ketika berada di jalan raya. Virus memodifikasi kendaraan beroda empat atau motor telah banyak menjamur dikalangan anak muda dan orang sampaumur. Bahkan mereka rela mengeluarkan banyak biaya cuma untuk menyanggupi kesenangan itu.

Memodifikasi bagian kendaraan mobil maupun motor menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian pec 6 Bahaya Memodifikasi Kendaraan Mobil dan Motor Secara Berlebihan

Merubah performa kendaraan menjadi lebih keren membuat bab body harus dihilangkan ataupun ditambah dengan bagian gres. Terdapat beberapa body kendaraan yang banyak mengalami adaptasi, yakni lampu, ban, velg, knalpot dan sebagainya.

Tapi taukah Anda bahwa memodifikasi kendaraan mobil dan motor yang berlebihan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengendara lain. Selain itu juga dapat memiliki masalah dengan pihak kepolisian bila penyesuaian yang Anda lakukan telah mengganti wujud asli dari kendaraan tersebut. Terdapat Undang-Undang yang mempublikasikan peraturan perihal Berlalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang diterangkan dalam UU No 22 tahun 2009.

Sedikitnya ada 5 argumentasi mengapa Anda tidak diperbolehkan memodifikasi kendaraan secara berlebihan. Kelima poin ini mampu menjadi pilar bahwa memodifikasi juga dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan pengemudi lain. Untuk itu, simak ulasanya dibawah ini.

1. Tubuh Akan Cepat Lelah

Ada bab kendaraan yang dimodifikasi malah justru merugikan pengemudi. Perubahan posisi stang pada motor yang sudah tidak bawaan pabrik atau aslinya mampu membuat pengemudi cepat mengalami pegal dan letih ketika melakukan perjalanan jauh maupun bersahabat. Kenyamanan pegangan stang dan posisi tubuh yang telah diatur sedemikian rupa oleh pabriknya sekarang hilang alasannya adalah ulah adaptasi yang tidak dipertimbangkan apalagi dulu.

Merombak stang yang banyak ditemui sekarang ini ialah dengan memperpendek ukuran stang dan posisi stang yang dibentuk gila-ajaib. Posisi badan yang kurang sinkronisasi dengan pegangan stang akan meminimalisir performa pengendalian motor dan meningkatnya kebosanan alasannya adalah rasa pegal yang cepat dirasakannya.

2. Mengganggu Kenyamanan Orang Lain

Memodifikasi kendaraan juga mampu menganggu kenyamanan penduduk , hal ini berkaitan dengan bunyi yang dihasilkan dari knalpot yang telah mengalami perombakan. Suara knalpot yang berbunyi keras bisa menciptakan orang lain merasa terusik, terlebih ketika malam hari yang tergolong sunyi maka suara knalpot akan terdengar lebih terang.

Baca Juga : 8 Perlengkapan Keselamatan Berkendara Yang Wajib Digunakan

Sebaiknya tetap gunakan knalpot aslinya saja, alasannya adalah desain knalpot bawaan pabrik dibuat dengan mempertimbangkan beberapa aspek yakni kehalusan bunyi yang didapatkan dan bisa mengurangi asap hasil pembakaran dengan memperbesar unsur penyaringan. Atau tidak Anda mampu membeli kendaraan yang memang telah memiliki bunyi nyaring dari pabriknya.

3. Membahayakan Pengendara Lain

Tidak menuntut kemungkinan bahwa adaptasi yang berlebihan bisa membahayakan keamanan pengemudi lain. Merombak bagian kendaraan tanpa mengamati aspek keamanan, pasti mampu memicu terjadinya kecelakaan, seperti penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai, mengurangi tinggi kendaraan dan pemakaian warna lampu yang tidak cocok proposal berlalu lintas.

4. Rawan Terjadinya Kecelakaan

Perubahan kendaraan yang telah mengalami adaptasi akan menghilangkan bentuk standar bawaan pabrik, begitu juga dengan tolok ukur keamanan kendaraan yang telah berganti. Apabila tetap melaksanakan modifikasi secara berlebihan, maka keselamatan Anda mampu terancam, ditambah lagi jika berkendara tidak memakai aksesoris keamanan yang mencukupi.

5. Dapat Mengalami Over Heating

Sebagian besar pemilik kendaraan melakukan modifikasi pada bab mesin guna mendapatkan performa laju kendaraan yang jauh lebih kencang. Tapi taukah Anda jikalau mesin yang sudah dimodifikasi mampu mengalami over heat yang mengakibatkan kendaraan terbakar? Hal semacam ini terjadi alasannya adalah temperatur mesin yang berlebih dan tidak adanya pendingin mesin yang mencukupi. Selain dapat menyebabkan kendaraan terbakar, keselamatan Anda juga mampu terancam.

6. Dapat Kehilangan Masa Garasi

Ternyata merombak atau memodifikasi kendaraan yang berlebihan mampu kehilangan masa garasi, karena telah mengganti tampilan kendaraan yang telah tidak orisinil bawaan pabrik. Anda tentu tak maubukan, bila kecerobohan memodifikasi bisa merugikan diri sendiri. Tapi jika belum siap menerima resiko kehilangan kurun garasi, semestinya membeli kendaraan bekas yang sudah tidak mempunyai kala garasi.

Baca Juga : 7 Kerusakan Karburator dan Cara Memperbaikinya

Itulah ancaman memodifikasi kendaraan mobil dan motor secara berlebihan, sebaiknya dalam merombak kendaraan Anda juga wajib mengamati keselamatan dan memodifikasinya pun sewajarnya saja. Semoga berguna.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar