Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

12 Aksesoris Mobil Yang Membahayakan Keselamatan Bila Tetap Dipasang

Memasang aksesoris di dalam kendaraan beroda empat merupakah hal yang sah-sah saja dan wajar dijalankan oleh pemilik kendaraan guna memperbesar performa mobil terlihat cantik dan glamor. Tak jarang mereka menyertakan benda kesayangan berupa boneka, jam portable, camera CCTV, gorden penutup kaca dan sebagainya yang diletakan di sudut ataupun daerah yang sering dilihat oleh pengendara.

Memasang aksesoris di dalam mobil merupakah hal yang sah 12 Aksesoris Mobil Yang Membahayakan Keselamatan Bila Tetap Dipasang

Tapi tidak semua jenis aksesoris kendaraan beroda empat dapat dipasang pada interior dan eksterior, ada baiknya mempertimbangan keamanan serta keamanan berkendara, penumpang dan orang lain. Pasalnya aksesoris yang disematkan mesti sesuai standard keamanan, meskipun tujuannya untuk mempercantik tampilan mobil. Banyak sekali kendaraan beroda empat yang dimodifikas tanpa mengerti aspek keamanan, akhirnya meningkatnya potensi angka kecelakaan di jalan raya.

Bagi Anda yang telah kadung berbelanja aksesoris mobil dengan biaya yang tidak murah, namun jikalau membahayakan keselamatan pengemudi, alangkah baiknya di copot saja. Mari kenali sekurang-kurangnya 12 aksesoris kendaraan beroda empat yang membahayakan keamanan di bawah ini.

1. Hiasan Dashboard

Hiasan yang diletakan pada area dashboard memang akan menciptakan interior mobil terlihat keren. Sekian banyak pengemudi meletakan aksesoris di dashboard berbentukboneka, patung dan sebagainya. Tapi tanpa kita sadari aksesoris tersebut mampu mengacaukan kosentrasi pengemudi dengan mengalihkan pandangan ke arah yang tidak semestinya, apalagi mobil berada dalam keadaan jalan bebas kendala dan melaju dengan kecepatan tinggi.

Aksesoris dashboard yang tidak memiliki perekat akan mudah sekali jatuh saat kendaraan beroda empat melewati jalan yang berlubang. Kejadian ini kadang-kadang terjadi saat kendaraan beroda empat melakukan pengereman secara tiba-tiba dan melalui jalan berlubang, sehingga persepsi pengemudi akan terahlikan pada aksesoris yang terjatuh. Untuk menyingkir dari hal tersebut, hilangkan semua aksesoris dashboard dan biarkan kosong.

2. Sarung Stir

Penambahan aksesoris sarung setir memang dapat menambah sensasi mengemudi dan nilai interior kabin menjadi lebih mewah. Kualitas bahan yang digunakan untuk membungkus stir harus diperhitungkan, selain itu ukurannya mesti disesuaikan dengan bulat stir dan jangan biarkan longgar agar tidak terjadi selip ketika pengendara memutar stir.

Jika tetap ingin memasang aksesoris sarung stir, tentukan ukurannya sudah sesuai dan memiliki grip yang baik dengan daya cekraman tangan yang kuat terhadap stir. Hindari penggunaan sarung stir yang berbahan kain dan berbulu, sebab mampu membuat tangan menjadi licin ketika memutar stir kemudi.

3. Karpet Lantai Mobil

Pemilik mobil seringkali menambahkan karpet lantai kabin, manfaat aksesoris ini agar lantai kabin tidak rusak sebab alas kaki yang kotor dan lantai mudah untuk dibersihkan. Penggunaan karpet yang tidak sesuai OEM (Original Equiptment Manufacturing) yang dibeli bukan dari keluaran pabriknya, pasti harus dipertimbangkan. Pasalnya materi yang non OEM tidak di rancangan melekat pada lantai kabin sehingga mampu bergeser dan menganggu pengontrolan pedal gas dan rem.

4. Cover Pedal

Pembungkus pedal menjadi bagian dalam kendaraan beroda empat untuk mempercantik penampilan interior. Penggunaan cover pedal berbahan logam menciptakan kaki gampang tergelincir ketika menginjak pedal alasannya adalah permukaan yang licin. Disarankan memasang aksesoris pembungkus  pedal berbahan karet alasannya memiliki grip yang lebih baik sehingga kaki tidak mudah terpeleset dikala pengemudi menginjak pedal.

5. Sabuk Pengaman

Fitur keamanan yang wajib dipakai dikala pengemudi hendak menjalankan kendaraannya yakni sabuk pengaman. Sabuk ini berfungsi menahan tubuh untuk tidak terpental ke bagian depan saat kendaraanya mengalami kecelakaan. Penambahan aksesoris pada fitur keamanan boleh-boleh saja, asalkan aksesoris tersebut tidak mematikan fungsi dari fitur sabuk pengaman tersebut.

6. Aksesoris Spion Tengah

Penempatan gantungan pada spion tengan dapat menghemat kosentrasi pengendara. Biasanya pemilik mobil senang menambahkan aksesoris berupa boneka, tasbih dan pengharum ruangan yang dikaitan di spion tengah. Pada dikala kendaraan beroda empat melewati jalan yang berlubang, aksesoris bisa saja terobang-abing ke kiri dan ke kanan sehingga mampu mengalihan pandangan pengendara serta mengakibatkan bunyi brisik. Tidak cuma mengusik kosentrasi pengendara, benda yang digantung di spion tengah juga mampu membentur bab mobil yang ada disekitarnya, mirip beling depan.

7. Memasang Stiker Berlebihan

Memasang tiker pada body kendaraan beroda empat memang diperbolehkan, asalkan senantiasa memperhatikan ukuran stiker yang akan dipasang. Hindari pemasangan aksesoris stiker yang berlebihan pada bagian kaca depan dan belakang, alasannya mampu menghalangi pandangan pengemudi dan pengendara di belakangnya.

Baca Juga : 12 New Accessories Yamaha Nmax Original

Lagi pula memasang stiker yang berlebihan hingga menutupi bagian body, justru akan menghilangkan nilai kemewahan dari kendaraan beroda empat itu sendiri. Makara saat memasang stiker harus tau posisi yang sempurna untuk menempelkan dan seperlunya saja.

8. Memasang Handle Steering

Handle steering ialah aksesoris berbentuk bola bilyar yang dipasangkan pada kemudi. Pemilik mobil yang menggunakan perangkat ini cuma untuk kebutuhan tertentu saja, namun dianjurkan untuk tidak memasangnya alasannya mampu mengakibatkan masalah yang fatal kalau patah atau tersangkut.

9. Memasang Aksesoris Elektronik

Sistem penerangan dan pengapian dapat berjalan dengan baik alasannya adalah menerima pemikiran listrik dari aki yang disalurkan melalui perangkat kabel. Memodifikasi mobil dengan memperbanyak lampu di bagian body akan memperindah kendaraan beroda empat pada malam hari, tetapi perlu juga memperhatikan sambungan kabel yang dikaitkan satu sama lain. Pemasangan kabel yang semrawut atau asal-asalan akan merusak tata cara kelistrikan pada mobil jika terjadi korsleting.

10. Aksesoris Lampu

Lampu ialah perangkat penerangan pada kendaraan yang sungguh penting untuk menerangi jalan di malam hari dan dipakai untuk memberikan isu pada pengendara lain. Kendaraan kendaraan beroda empat memiliki desain lampu yang berlawanan-beda pada setiap mereknya, alasanya untuk memperlihatkan variasi penampilan khas pada kendaraan beroda empat. Walaupun sudah dirancang dengan baik dari pabriknya, tak jarang pemilik mobil menganti atau merubah lampu yang telah tidak sesuai standarnya.

Pemilik kendaraan yang senang dengan modifikasi, semestinya mempertimbangkan dahulu dari sisi keselamatan, utamanya di bab lampu. Mengganti warna lampu dan ukuran lampu yang tidak cocok akan mempengaruhi kinerja penerangan dan memiliki potensi terjadinya kecelakaan. Seperti menganti warna lampu rem menjadi putih, lampu sein menjadi warna hijau dan warna headlamp menjadi merah.

11. Bumper Protector

Penambahan bumper protector atau yang lebih diketahui dengan tanduk depan memang akan memperlihatkan penampilan eksterior kendaraan beroda empat yang gagah dan menawan. Akan tetapi penggunaan bumper protector hanya dipakai pada kendaraan kendaraan beroda empat yang berada di medan Off Road, yaitu daerah perkebunan dan pertambangan.

Baca Juga : 10 Aksesoris Motor yang Membahayakan Keselamatan Berkendara

Bumper protector berkhasiat untuk meredam atau menyerap benturan saat terjadi kecelakaan, penggunaannya sering diaplikasikan pada kendaraan yang desainnya gampang hancur. Untuk mobil perkotaan sendiri tidak direkomendasikan untuk menggunakan aksesoris ini, pasalnya mampu menawarkan cidera lebih parah pada orang yang ditabrak dengan rasio benturan yang kuat. Selain itu pemasangan tanduk depan justru akan meminimalkan nilai kemewahan dari kendaraan beroda empat tersebut.

12. Head Unit Display

Pabrik sudah mendesain teknologi yang diterapkan pada mobil sesuai dengan keperluan dan keuntungannya. Akan namun, sebagian orang kurang puasa dengan fitur yang sudah disematkannya dan berminat untuk mengganti dengan parts aftermarket. System infortainment yang telah standard bawaan pabrik di desain agar tidak mengganggu pemilik mobil jika sedang mengemudi, yakitu dengan menonaktifkan video ketika mobil hendak berjalan. Hindari melakukan pergantian pada system infortainment yang justru menganggu kosentrasi saat mengemudi.

Itulah 12 aksesoris mobil yang dapat membahayakan keamanan berkendara, kerjakan pertimbangan dikala melakukan pergantian dan penambahan aksesoris pada kendaraan beroda empat kesayangan Anda dengan langkah yang sempurna. Semoga bermanfaat dan terima kasih, Salam Otomotif.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar