--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Mengenal Perbedaan Angin UmumDan Nitrogen Pada Ban

Ketika kamu akan mengisi angin ban di SPBU ataupun tukang ban, lazimnya mereka akan memperlihatkan opsi untuk mengisi angin lazimatau nitrogen. Pada beberapa pengguna kendaraan mungkin ada yang belum mengenali perbedaan antara angin lazimdan angin nitrogen, sehingga pada umumnya dari mereka cenderung lebih menentukan angin biasa sebab harganya yang lebih murah.

Pada biasanya, angin yang digunakan pada ban kendaraan terbagi menjadi dua yaitu angin lazimdan nitrogen. Masing-masing angin tersebut mengandung persentase nitrogen, oksigen dan air yang berlawanan-beda.  Bagi pengguna kendaraan tentu saja sudah mengetahui fungsi, cara kerja  dan keunggulan dari masing-masing angin tersebut.

Ketika kamu akan mengisi angin ban di SPBU ataupun tukang ban Mengenal Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen Pada Ban

Namun ada beberapa perbedaan yang dimiliki angin biasa dan nitrogen yang perlu pengguna motor dan mobil ketahui. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu akan lebih mudah memilih opsi angin ban yang sesuai untuk kendaraan kesayanganmu. Menggunakan angin ban yang tepat akan menciptakan ban menjadi lebih baka.

Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen

Nitrogen ialah gas udara yang telah disaring dan tidak mengandung air di dalamnya. Meski tidak mengandung air, tetapi nitrogen mempunyai suhu rendah dan lebih ringan. Tapi lebih mengisi komposisi di dalam ruang, di mana dalam hal ini adalah ban sepeda motor.

Suhu rendah pada nitrogen menciptakan ban tidak mudah meletus dikala terpapar sinar matahari dalam waktu yang usang. Sedangkan sifat ringan menciptakan tekanan ban akan lebih stabil dan akselerasi pun jadi lebih ringan.

Baca Juga :

Berbeda dengan angin biasa yang mempunyai kandungan air di dalamnya. Air ini bisa menguap saat suhu di dalam ban naik.  Udara dalam tekanan angin biasa akan berkembang menjadi air yang membuat bobot ban menjadi bertambah. Tentunya hal ini akan menyebabkan ban sobek alasannya menahan beban yang lebih  berat ketika melaju dan ban akan cepat menipis.

Kelebihan Mengisi Ban Dengan Nitrogen

Berikut beberapa kelebihan yang mau kamu peroleh jika ban di isi dengan angin nitrogen, diantaranya:

  • Tekanan angin pada ban menjadi kekal, sehingga usia pengisian ulang angin menjadi lebih jarang.
  • Tekanan ban senantiasa stabil dan memberikan daya cengkram pada permukaan jalan lebih optimal.
  • Minimnya kandungan air menciptakan velg terhindar dari korosi.
  • Angin nitrogen memiliki suhu rendah sehingga tidak mudah meletus saat terpapar matahari.
  • Ban yang tekanan udaranya ringan membuat tarikan menjadi enteng.

Saat hendak mengubah ke angin nitrogen, semestinya dilaksanakan pengurasan angin dalam ban. Pastikan sudah tidak ada angin yang tersisa, barulah kemudian diisi dengan angin nitrogen.

Biaya Mengisi Angin Nitrogen


Seperti yang telah kau ketahui bahwa harga angin nitrogen lebih mahal dibandingkan angin biasa. Untuk harga isi gres nitrogen pada ban kendaraan beroda empat mulai Rp. 10.000, sementara tambah nitrogen berkisar Rp. 8.000. Sedangkan harga isi gres pad ban motor mencapai Rp. 5.000 dan perhiasan nitrogen sekitar Rp. 4.000.

Itulah perbedaan angin biasa dan nitrogen. Semoga info ini bisa menjadi bahan rujukan dan berfaedah untuk Anda. Salam otomotif.


Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar