--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Cara Mengganti Glasswool Knapot Racing Dengan Mudah

Ada satu bagian pada knalpot racing yang harus diganti kalau kondisinya sudah tipis dan terbakar, yaitu Glasswool. Pada knalpot rancing, glasswool berfungsi untuk meredam suara gas buang hasil pembakaran sehingga suara yang keluar dari knalpot akan terdengar merdu dan halus.

Penyebab glasswool harus diganti adalah alasannya adalah usia pakai yang telah lama, menipis dan gosong. Apabila glasswool atau peredam suara ini menipis maka kualitas bunyi knalpot kian menyusut, sehingga cenderung terdengar cempreng dan berisik.


Disarankan memakai glasswool yang memiliki kualitas baik biar suara yang dihasilkan knalpot pun terdengar garang dan halus. Tingkatan harga glasswool pun berlainan-beda, mulai dari harga ribuan hingga puluhan ribu, lazimnya orang lebih senang memakai glasswool warna putih. Selain harganya yang murah, glasswool putih mempunyai mutu yang lebih baik dibandingkan yang berwarna kuning.

Selain glasswool putih dan kuning, masih banyak jenis glasswool lainnya. Hanya saja harganya jauh lebih mahal. Prosedur mengganti gaspul atau glasswool ini tidak mampu sembarang pilih, sebab cara yang salah mampu membuat knalpot lecet atau rusak.

Cara Mengganti Glasswool Knalpot Racing

Sebelum mengganti glasswool, semestinya persiapkan dulu peralatan kunci yang hendak dipakai mulai dari obeng minus, tang, palu, paku privet, kain lap dan sebagainya. Pastikan keadaan knalpot sudah dingin agar pembongkaran berlangsung tanpa kendala dan tenteram. Setelah semua sudah siap, maka lakukan tindakan bawah ini.

  1. Siapkan kain lap untuk melapisi knalpot semoga tidak lecet dikala dibongkar.
  2. Buka paku rivet menggunakan obeng minus yang ujungnya sedikit lancip, lalu pukul obeng menggunakan palu sampai paku rivet terlepas.
  3. Setelah semua paku rivet terlepas, lalu tusuk batang rivet yang masih menempel pada knalpot mengarah ke dalam. Kamu bisa menggunakan obeng berukuran kecil atau batang besi kecil.
  4. Selanjutnya lepas bagian ujung knalpot (corong) memakai tang. Tarik setiap segi ujung knalpot dengan kekuatan yang serupa rata, biar tidak ada segi knalpot yang bengkok. Kamu mampu menariknya ke arah atas dan bawah.
  5. Sebelum semua bagian ujung knalpot terlepas, sebaiknya tandai dulu menggunakan simbol garis pada ujung knalpot agar ketika proses pemasangan bisa berada di posisi seperti semula.
  6. Keluarkan semua glasswool yang ada pada knalpot dan ganti dengan yang baru.
  7. Saat mengganti glasswool, usahakan jangan terlalu padat dan jangan terlalu lenggang.
  8. Setelah glasswool diganti, maka yang harus kau lakukan selanjutnya adalah memasang kembali ujung knalpot, end cap dan paku river.

Proses pemasangan nyaris seperti dengan pembongkaran, jadi jangan sampai salah. Apabila kau tidak memiliki perlengkapan yang mendukung seperti alat pemasang paku rivet, maka dianjurkan untuk membawanya ke tukang knalpot.

Baca Juga :

Itulah cara mengubah glasswool knalpot racing dengan gampang. Semoga artikel ini bisa menjadi materi tumpuan dan berguna untuk Anda.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar