--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Cara Ampuh Membersihkan Knalpot Bagian Dalam Yang Benar

Knalpot merupakan perangkat pada kendaraan yang berfungsi sebagai susukan gas buang sisa hasil pembakaran. Bagi sebagian orang, mungkin knalpot bukan komponen yang memerlukan perawatan ekstra sebab jarang sekali mengalami kerusakan.

Padahal, jika salah satu unsur knalpot rusak maka mampu mengalami gangguan pada kendaraan tersebut, mulai dari performa kendaraan yang menurun dan suara mesin yang keluar dari knalpot terdengar bising atau cempreng.

Knalpot merupakan perangkat pada kendaraan yang berfungsi sebagai saluran gas buang sisa h Cara Ampuh Membersihkan Knalpot Bagian Dalam Yang Benar

Knalpot kotor, lazimnya diakibatkan kurun pakai kendaraan yang telah usang. Kotoran sisa pembakaran lama kelamaan akan menempel bahkan menjadi kerak di dalam knalpot. Jika knalpot tidak dibersihkan maka akan kehilangan fungsi normalnya dan ketentraman berkendara menjadi terganggu.

Membersihkan jeroan knalpot memang sedikit sulit, alasannya adalah lubang knalpot yang diameternya kecil menciptakan sikat atau alat yang lain susah untuk masuk dan menjangkau bagian dalam knalpot. Proses pencucian knalpot bagian dalam motor 2 tak berlainan dengan knalpot motor 4 tak.

Cara Membersihkan Knalpot Motor 2 Tak

Proses pembersihan knalpot motor 2 tak cukup gampang, kau harus apalagi dulu melepas knalpot dari motor. Kemudian masukan solar ke dalam perut knalpot dari salah satu lubang, kemudian tutup ke dua lubang dengan menggunakan plastik biar solar tidak keluar dan tumpah.

Baca Juga :

Setelah itu kocok atau goyangkan knalpot supaya solar merata tentang ruang dalam knalpot. Untuk hasil optimal, semestinya diamkan solar di dalam knalpot selama berjam-jam biar kerak yang melekat di dinding knalpot rontok dan luntur. Kamu mampu melakukannya 1 hingga 2 kali hingga knalpot higienis.

Cara Membersihkan Knalpot Motor 4 Tak

Untuk mesin 4 tak, kau bisa membersihkan knalpot tanpa harus melepasnya. Masukan oli baru melalui moncong knalpot, lalu nyalakan mesin. Hal ini bermaksud supaya oli yang berada di dalam silencer menjadi panas sehingga kerak yang melekat di dinding knalpot bisa terurai. jangan heran jikalau asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam, itu bertanda oli ikut terbakar bersama kerak.

Cara lainnya ialah dengan mengorek knalpot menggunakan obeng. cuma saja obeng tidak mampu meraih seluruh bab dalam knalpot sehingga cuma mampu membersihkan di bagian header knalpot yang terhubung dengan mesin.

Apabila telah dipastikan semua kerak telah tak lagi menempel, maka saat berkendara tarikannya akan sedikit lebih enteng dan performa kendaraan meningkat.

Itulah cara ampuh membersihkan bagian dalam knalpot. Kamu bisa menerapkan cara di atas dengan membersihkannya di rumah atau bisa juga meminta tunjangan mekanik untuk membersihkan. Semoga postingan ini mampu menjadi rujukan dan berfaedah untuk Anda.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar