--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

9 Cara Merawat Knalpot Motor Asli Biar Awet Dan Merdu

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil - Pemilik motor pastinya akan mempertahankan keadaan kendaraan biar tetap baka. Mereka tak segan-segan mengeluarkan ongkos yang lumayan banyak untuk melaksanakan perawatan secara berkala agar motor mampu melakukan fungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Salah satu bagian motor yang tak kalah penting untuk dirawat adalah knalpot, bab ini berfungsi sebagai penyalur gas sisa pembakaran dan sekaligus meredam bunyi mesin.

Meskipun knalpot original jarang mengalami duduk perkara, namun kalau dibiarkan tanpa ada perawatan pasti akan rusak juga. Korosi merupakan salah satu yang menjadi penyebab knalpot mudah mengalami pengeroposan dan bahkan bocor. Alhasil suara yang dikeluarkan knalpot terdengar cempreng dan berisik. Selain itu, knalpot rusak juga mampu menyebabkan tenaga motor menjadi menurun dan condong boros materi bakar.

 Pemilik motor pastinya akan menjaga kondisi kendaraan agar tetap awet 9 Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Supaya Awet dan Merdu

Agar kau tetap mampu merasakan ketentraman dari knalpot asli dalam rentang waktu lama, ada beberapa kiat atau cara merawat knalpot asli yang mesti kamu perhatikan. Perawatan ini selain bisa mempertahankan tenaga motor supaya maksimal, tetapi juga berpengaruh pada penampilan motor kamu yang terlihat sempurna. Sehingga saat pergi menggunakan motor menjadi lebih percaya diri.

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil

Pada biasanya merawat knalpot asli cuma dengan mencucinya secara terjadwal. Namun, akankah dengan mencuci knalpot bisa membuatnya awet? Untuk itu, ada beberapa cara perawatan pada knalpot asli yang mampu diterapkan pada motor kau. Berikut ulasan tindakan merawat knalpot motor asli.

1. Hindari memanaskan mesin motor terlalu usang alasannya mampu berpengaruh pada keadaan knalpot. Pasalnya kian usang kamu memanaskan motor maka semakin banyak pula kotoran yang menumpuk dan menempel di dalam knalpot sehingga timbul karat dan kekuningan di area luar knalpot. Untuk itu, direkomendasikan panaskan mesin secukupnya dan jangan biarkan motor tetap hidup jika tidak sedang digunakan.

2. Cara berikutnya adalah melakukan pembersihan pada lubang-lubang silencer dengan cara memberikan oli secukupnya. Untuk hasil yang maksimal kamu mampu menerapkannya setiap dua bulan sekali. Hal ini bermaksud untuk mencegah kebocoran di area silencer dan leher knalpot yang menimbulkan kualitas suara knalpot menjadi berisik. Selain itu, membuat tenaga motor semakin menurun dan tidak ramah lingkungan.

3. Jika pada knalpot motor asli mengalami korosi maka segera hilangkan dengan sikat, untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu mampu mempergunakan cairan pembersih karat. Caranya mudah, oleskan cairan pembersih karat ke bagian knalpot yang terdapat karat, lalu biarkan beberapa menit dan sesudah itu sikat hingga karat rontok.

4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pencucian di bab leher knalpot. Caranya dengan mengoleskan oli higienis pada area leher knalpot secara merata. Selanjutnya hidupkan motor hingga oli panas dan meresap, balasannya tampilan knalpot terlihat lebih higienis.

5. Bersihkan knalpot jikalau terkena air hujan. Karena air hujan mengandung asam yang bisa membuat bagian besi dan logam pada motor rentan terjangkit karat, termasuk knalpot. Oleh sebab itu, cuci knalpot hingga higienis dan jikalau perlu semprot dengan cairan anti karat.

6. Jika silencer knalpot motor kamu yang dibuat dari bahan chrome maka pencucian kalau dilaksanakan dengan memanfaatkan kain bersih dengan cara di lap, hal ini bermaksud supaya tidak menyebabkan lecet pada lapisan silencer. Apabila terdapat kotoran yang menempel di area luar silencer maka membersihkannya cukup dengan memakai oli bekas secukupnya.

7. Cara menetralisir percikan aspal yang masih baru di knalpot ataupun blok mesin, kamu bisa menghilangkanya dengan mengoleskan pertamax plus yang diaduk dengan minyak tanah dan gunakan sikat untuk mengaplikasikan ke knalpot.

8. Langkah berikutnya untuk merawat knalpot asli yakni menilik kebocoran paking yang berada di header knalpot, Setelah itu cek juga baut pengencang pada penyangga knalpot. Kebocoran pada knalpot akan menciptakan proses pembuangan gas menjadi tidak sempurna.

9. Cara merawat knalpot asli yang terakhir adalah periksa lubang pembuangan air yang berada di bagian bawah silencer. Apabila lubang tersebut tersumbat maka tusuk dengan menggunakan paku kecil yang sesuai dengan diameter lubang.
Baca Juga :

Pada dasarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat knalpot motor agar memiliki usia pakai yang lebih lama. Namun, hanya sembilan cara di atas yang paling banyak orang kerjakan dalam menjaga knalpot motor orisinil supaya kekal dan tetap menciptakan bunyi merdu.

Itulah tips atau cara merawat knalpot motor original dengan mudah. Semoga postingan ini bisa menjadi acuan dan berguna untuk Anda.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar