--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

7 Faedah Mengisi Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Manfaat Angin Nitrogen Pada Ban - Sekarang ini banyak pengguna kendaraan mobil atau motor memakai angin nitrogen sebagai pengganti angin biasa untuk ban kendaraannya. Kedudukan angin nitrogen memang lebih baik dibandingkan angin biasa, utamanya untuk melaksanakan perjalanan jauh. Bahkan pihak pabrikan menyarankan bagi pengguna kendaraan roda dua dan empat untuk memakai angin nitrogen, hal ini bermaksud untuk meningkatkan ketentraman berkendara.

Saat ini banyak jasa pengisian angin nitrogen yang mudah ditemui, mirip di SPBU, bengkel atau depot ban. Hanya saja harga angin nitrogen lebih mahal dibandingkan angin biasa, hal ini dilihat dari kelebihan angin nitrogen yang tidak dimiliki angin biasa.

 Sekarang ini banyak pengguna kendaraan mobil atau motor menggunakan angin nitrogen sebaga 7 Manfaat Mengisi Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan

Meskipun begitu, masih banyak pengguna kendaraan yang belum mengenali manfaat dari angin nitrogen dan pada umumnya dari mereka condong memakai angin biasa. Padahal mengisi ban dengan udara biasa mempunyai kelemahan yang mampu menghancurkan ban. Untuk mengenali apa saja faedah dari angin nitrogen? Maka simak ulasan berikut ini.

1. Irit Bahan Bakar


Manfaat yang dimiliki angin nitrogen yang pertama yakni menciptakan konsumsi materi bakar menjadi lebih hemat. Hal ini dikarenakan tekanan angin nitrogen pada ban lebih optimal, inilah yang membuat permukaan ban yang menjamah ke jalan menjadi lebih tepat sehingga materi bakar menjadi lebih ekonomis.

Sedangkan memakai angin umumpada ban tidak memiliki imbas besar, alasannya adalah molekul pada angin lazimtidak menunjukkan tekanan secara optimal. 

2. Dijamin Anti Air

Kandungan yang terdapat di dalam nitrogen yaitu 95 persen nitrogen dan sisanya oksigen. Sedangkan pada angin biasa memiliki kandungan nitrogen sebesar 78 persen dan sisanya oksigen dan air, sehingga bisa mengalami pemuaian massa.

3. Tarikan Motor Menjadi Lebih Ringan

Karena ukuran molekul nitrogen yang besar, padat dan gampang menyesuaikan ruang yang ditempatinya membuat bentuk pada ban dalam menjadi lebih optimal dan lebih sempurna. Meskipun bentuk ban menjadi lebih sempurna, tetapi nitrogen tidak membuatnya keras sehingga tarikan akan terasa lebih ringan.

4. Angin Nitrogen Lebih Dingin


Angin nitrogen mempunyai sifat sejuk, sebab suhu pada angin nitrogen lebih rendah dibandingkan angin umumsehingga angin yang terdapat di dalam ban lebih stabil. Maka dari itu, ban yang memakai angin nitrogen tidak akan meletus balasan kepanasan dikala kendaraan terjemur di bawah sinar matahari.

5. Handling Motor Menjadi Lebih Aman

Karena angin nitrogen membuat tarikan menjadi lebih ringan, maka hal itu pula yang menciptakan kendaraan menjadi gampang untuk dikendalikan. Selain itu, berkendara akan terasa lebih kondusif dan nyaman.

6. Nitrogen Tidak Membuat Korosi

Bagi yang menggunakan velg logam dan memakai angin biasa yang mengandung air akan menciptakan bab dalam velg menjadi berkarat. Berbeda dengan angin nitrogen yang tidak membuat velg rusak ataupun mengalami korosi.

7. Umur Pemakaian Ban Menjadi Lebih Lama

Angin nitrogen bersifat lebih kering dan juga memiliki suhu rendah, sehingga menciptakan ban menjadi lebih abadi. Berbeda dengan ban yang memakai angin biasa yang justru bisa menciptakan ban cepat aus dan keras.

Baca Juga :

Itulah manfaat atau kelebihan angin nitrogen pada ban. Semoga isu ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda. Salam otomotif.


Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar