--> Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

6 Cara Jitu Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Segera

Setiap kendaraan bermotor ataupun mobil tentu memiliki knalpot sebagai exhaust system. Terkadang timbulnya karat pada knalpot menjadi persoalan yang kadang-kadang dikeluhkan oleh pemilik kendaraan. Karat tidak hanya memperjelek performa motor, namun juga berpengaruh pada performa motor itu sendiri. Selain itu, korosi pada knalpot kalau terlalu usang dibiarkan akan menciptakan knalpot keropos dan bolong.

Karat pada knalpot motor terjadi alasannya adalah terdapat embun yang terjebak di dalam knalpot, adanya air yang mengendap dan bab luar knalpot yang jarang dibersihkan. Untuk menangkal datangnya korosi, kau bisa memanaskan mesin motor secara berkala di pagi hari. Memanaskan motor di pagi hari akan menghilangkan embun dan air dalam knalpot.

Setiap kendaraan bermotor ataupun mobil tentu memiliki knalpot sebagai exhaust system 6 Cara Jitu Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Cepat

Selain itu, perawatan knalpot yang bisa kau lakukan untuk menangkal karat yaitu dengan mencuci motor secara berkala , khususnya dikala musim hujan. Namun, Bagaimana dengan knalpot yang sudah mengalami korosi? Apakah ada cara efektif untuk menghilangkan korosi pada knalpot? Adapun 6 cara pembersihan korosi yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Oli Gemuk

Cara menetralisir karat pada knalpot yang pertama adalah dengan menggunakan oli gemuk (stempet). Fungsi utama oli gemuk adalah untuk melumasi komponen-unsur tertentu pada motor dengan tujuan untuk mencegah timbulnya korosi. Biasanya oli gemuk diaplikasikan pada bagian suspensi.

Bahan ini juga diandalkan mampu menetralisir karat, sifat yang lebih kental dibandingkan dengan oli inilah yang menjadikannya lebih singkat merontokan karat yang melekat pada knalpot. Oli gemuk mudah ditemui di toko-toko suku cadang dan harganya cukup murah.

Cara penggunaan oli gemuk untuk menghilangkan karat di knalpot cukup gampang. Oleskan oli gemuk pada bagian knalpot yang berkarat, lalu nyalakan mesin dan tunggu hingga oli gemuk melelehkan tumpukan karat yang membandel pada knalpot. Setelah itu cuci knalpot sampai bersih dan lihat hasinya.

2. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Soda Kue

Metode menetralisir karat berikutnya yakni dengan memanfaatkan soda kue dan perasan air jeruk. Caranya cukup gampang, kamu mampu mencampurkan soda kudapan manis dengan air jeruk, lalu oleskan adonan tadi ke bagian knalpot yang berkarat dan tunggu sampai beberapa menit. Setelah karat tampakmemudar, kau bisa membersihkannya dengan mencucinya atau memakai kain pembersih.

3. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Oli Bekas

Saat kau mengganti oli mesin, sebaiknya jangan buru-buru untuk membuangnya. Nantinya oli bekas tersebut mampu kamu pergunakan untuk melenyapkan korosi yang menempel pada knalpot. Proses pembersihan karat mampu dilaksanakan tanpa harus melepas knalpot.

Baca Juga :

Cara penerapannya sungguh mudah, terlebih dulu kau harus menyalakan motor sampai beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menciptakan knalpot panas, sehabis itu oleskan oli bekas ke area knalpot yang berkarat. Nantinya oli akan melelehkan karat yang melekat pada knalpot.

4. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Pasta Gigi

Knalpot yang memakai lapisan stainless steel riskan mengalami korosi. Permasalahan korosi bisa kau atasi dengan memanfaatkan pasta gigi. Kamu mampu menggunakan pasta gigi brand apa saja untuk menetralisir korosi pada knalpot stainless steel.

Cara mengaplikasikannya pun sungguh simple, oleskan pasta gigi pada area knalpot yang terdapat tumpukan karat. Tunggu beberapa menit hingga tumpukan karat terlepas dengan sendirinya. Selain mampu merontokan karat pada knalpot, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menetralisir kotoran pada rantai motor.

5. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Pertamax Plus

Selain untuk bahan bakar, pertamax plus juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada knalpot. Hanya saja, pratamax plus memerlukan gabungan lain semoga kerjanya lebih optimal ialah minyak tanah.

Campurkan pertamax plus dengan minyak tanah, kemudian aplikasikan pada bagian knalpot yang terkena karat. Selanjutnya, diamkan beberapa menit kemudian bersihkan dengan cara disikat secara berlahan.

6. Menghilangkan Karat di Knalpot  Dengan Cairan Pembersih Keramik

Salah satu cairan pembersih keramik yang bisa dipakai untuk menetralisir karat pada knalpot adalah porstex. materi ini diyakini efektif untuk mengangkat tumpukan karat di knalpot. Cara menggunakannya ialah dengan mengoleskan cairan pembersih ke area berkarat, lalu diamkan sejenak. Selanjutnya siram memakai air hingga bersih.

Perlu diperhatikan juga jikalau materi ini mampu membuat cat menjadi luntur, jadi jangan hingga menetes ke bagian motor mirip blok mesin dan bodi.

Itulah 6 cara menetralisir karat di knalpot dengan mudah dan simpel. Semoga info ini bisa berguna untuk Anda.
Sumber https://nuroehi.blogspot.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar