Setiap orang yang mau berbelanja motor bekas atau second, pasti akan mencari motor dengan mutu yang bagus dan keadaan mesin masih dalam keadaan baik. Mesin motor menjadi poin pertama yang mau dilihat oleh pembeli. Untuk itu, sobat-sobat yang akan berbelanja motor bekas harus mengenal betul tentang mesin motor atau kalau perlu membawa sobat yang paham soal mesin.
Terkadang ketika berbelanja motor bekas kita merasa kesusahan dalam membedakan antara motor yang pernah turun mesin dengan motor yang belum pernah turun mesin. Mengamati bunyi mesin tidak bisa menjadi tolok ukur utama dalam mengecek motor tersebut telah pernah turun mesin atau belum, pasalnya motor yang telah turun mesin pun suaranya mampu kembali jernih mirip motor gres.
Nah, adapun ciri-ciri motor yang pernah turun mesin. Ciri-ciri ini bisa menjadi bimbingan Anda dalam memilih dan membeli motor bekas, semoga Anda tidak di akali ataupun dirugikan. Tanda motor yang pernah turun mesin yaitu:
1. Adanya Lem Yang Menempel di Bagian Mesin
Dalam tahap perakitan, lazimnya seorang mekanik akan menggunakan lem khusus sebagai perekat di beberapa komponen mesin. Fungsi dari lem ini ialah mencegah rembesan oli mesin yang disebabkan permukaan bagian tidak rata atau bergelombang.
Salah satu jenis lem yang dikhususkan untuk komponen-bagian mesin yaitu lem super red silicone yang kini gampang kita jumpai di toko sparepart. Nah, Biasanya motor yang pernah turun mesin akan meninggalkan bekas lem di bagian blog mesin. Cermati dengan teliti ketika hendak membeli motor bekas.
2. Terlihat Packing Gasket di Bagian Mesin
Fungsi gasket ialah untuk menangkal kebocoran selama rentang waktu tertentu. Gasket tahan kepada parts yang dilindungi dan juga memiliki kesanggupan tahan tekanan serta suhu operasi yang sangat tinggi. Biasanya motor yang pernah turun mesin akan memakai gasket untuk mencegah oli mesin supaya tidak bocor.
Baca Juga :
Jika Anda melihat kertas gasket di blog mesin dan diselimuti oleh lem maka kemungkinan besar motor tersebut sudah pernah turun mesin. Namun, ada juga mekanik yang memotong kertas gasket yang tidak diperlukan sehingga performa blog mesin terlihat bersih dan rapi. Oleh karena itu, perhatikan dengan teliti poin ke dua ini pada motor second yang hendak di beli.
3. Mur dan Baut Mesin Ada Yang Tidak Orginal
Beberapa peristiwa yang admin temui dari beberapa motor yang pernah turun mesin, ternyata salah satunya ada yang sudah tidak memakai baut atau mur asli bawaan dari pabrik. Biasanya disebabkan alasannya hilang dan baut sudah dol serta slek.
Pion ketiga ini bisa menjadi tanda untuk mengenali motor tersebut pernah turun mesin. Perbedaan antara baut orisinil bawaan pabrik dengan baut yang tidak asli bisa dilihat dari warna dan bentuk kepala baut iu sendiri.
4. Terdapat Bekas Penguncian di Permukaan Baut dan Mur
Ciri-ciri motor yang pernah turun mesin berikutnya adalah terdapat bekas penguncian pada baut ataupun mur. Kaprikornus saat mekanik membuka atau mengencangkan baut akan meninggal bekas penguncian, apa lagi penempatan kunci yang kurang sempurna pada kepala baut bisa menciptakan sudutnya rusak.
Nah, itulah ciri-ciri motor yang pernah turun mesin. biar gosip ini mampu menjadi acuan dan berguna untuk kita semua, salam otomotif..!! Sumber https://nuroehi.blogspot.com