Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Membuat Rancangan Background 3 Dimensi Dengan Corel Draw

Background sangatlah benting di dikala kita akan membuat suatu rancangan grafis, karena background yang pas dan manis, akan menciptakan rancangan grafis kita baik itu rancangan poster, vector, pamflet dan spanduk menjadi lebih keren dan lezat untuk dilihat.
 Background sangatlah benting di saat kita akan membuat sebuah desain grafis MEMBUAT DESAIN BACKGROUND 3 DIMENSI DENGAN COREL DRAW
Nah untuk itu, postingan ini akan mengajarkan pada kalian semua bagaimana Cara Membuat Desain Background Keren dengan CorelDraw.  Kalau di postingan sebelumnya halamantutor telah mengajarkan bagaimana membuat background abstrak, maka yang satu ini akan berlainan dari sebelumnya.

Kita akan membuat background 3D atau 3 Dimensi. Background ini cocok sekali buat kalian yang suka membuat rancangan yang bertemakan mewah dan wah. Sebelum ketutorial tidak ada salahnya kita mengenali terlebih dulu apa itu desain 3 Dimensi. Desain 3D atau 3 dimensi yaitu rancangan yang jika dilihat memiliki panjang, lebar dan tinggi sehingga akan tampak sepertinyata.

Tutorial ini sangat gampang sekali untuk dibuat, bahkan kalau kalian masih seorang pemula. Dan jangan lupa kalian harus punya dahulu software CorelDrawnya ya. Kalian mampu mendownloadnya di google mulai dari model lama (X3,X4 dan X5) sampai yang terbaru (CorelDraw 2020) semua bisa kalian cari di google.

Kalau admin sendiri sih menggunakan CorelDraw versi X7 ya hehe. Tanpa banyak teori lagi, bimbingan Membuat Desain Background 3 Dimensi Dengan CorelDraw X7 bisa kalian lihat di bawah ini. Perhatikan dengan cermat ya.

Baca Juga :

1. Langkah pertama kalian buat dulu sebuah objek segitiga dengan menggunakan Polygon tool. Caranya pilih Polygon tool atur jumlah sudutnya menjadi 3 aga menjadi segitiga. Beri warna dan hilangkan garis pinggirnya dengan menggunakan Outline pen > No outline.
2. Langkah berikutnya duplikat objek yang sudah jadi kemudian rotate menjadi terbalik mirip ini. Beri warna yang lebih gelap dibandngkan dengan yang pertama dan letakkan seperti yang admin buat. Dan kalian seleksi keduanya dengan cara di blok lalu tekan Ctrl + G untuk menggrup.
3. Jika sudah kalian duplikat objeknya, kemudian kalian rotate menjadi 90 derajat dan kalian latur menjadi seperti di bawah ini.
4. Kalian blok lagi kedua objek tersebut, kemudian kalian copy dan letakkan di sampingnya. Setelah itu pribadi tekan Ctrl + D untuk menduplikat dengan cepat sehingga balasannya seperti ini.
5. Jika telah kalian seleksi semua objek yang ada dengan cara di blok lalu kalian grup lagi dengan cara tekan Ctrl +G. Selanjutnya kalian duplikat lalu letakkan di bawahnya dan dikelola mirip yang admin buat ini.
6. Langkah selanjutnya kita cukup menduplikat menjadi beberapa saja. Agar lebih cepat, kalian blok lagi objek yang dibagian atas dan yang di bawah. Tekan Ctrl + C untuk mengcopy kemudian pastekan di bab bawah dan berikutnya cukup tekan Ctrl + D untuk menduplikat dengan posisi yang sama. Maka kesannya seperti di bawah ini.
7. Ets belum final ya. Agar hasilnya rapi kalian buat apalagi dulu background belakangnya dengan menggunakan Rectangle tool, beri warna hitam dan hilangkan garis pinggirnya.

Baca Juga :

8. Ok kembali lagi ke objek 3 dimensi yang telah dibuat tadi. Usahakan semua objek telah kalian grup ya. Seleksi objek tersebut, klik kanan pada objek pilih PowerClip Inside, lalu aahkan panah ke background yang telah dibuat tadi.
9. Jika risikonya kurang pas, kalian bisa mengaturnya dengan cara klik kanan pada background pilih Edit PowerClip, maka nantinya kalian bisa mengendalikan sesuai dengan harapan kalian. tamat.

Itulah hasil yang telah kita buat. Mudah-mudahan kalian mampu memahami dan mampu juga menjadikannya di rumah. Sekian dulu panduan Cara Membembuat Desain Background 3 Dimensi dengan CorelDraw. biar berfaedah dan admin ucapkan terima kasih.


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar