Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Membuat Imbas Emboss Paling Gampang Di Corel Draw

Apa kabar temen-temen semua, udah nyaris seminggu admin gak ngasih panduan lagi ke kalian semua. Maka dari itu, dikesempatan yang bagus ini admin akan menyebarkan panduan keren yang mampu kalian coba. Nama tutorialnya yakni Membuat Efek Emboss.
 udah hampir seminggu admin gak ngasih tutorial lagi ke kalian semua MEMBUAT EFEK EMBOSS PALING MUDAH DI COREL DRAW
Kalau kalian mempunyai dompet kulit, coba amati logo atau goresan pena yang tercetak pada dompet kulit kalian? apakah mencolokatau biasa saja? Atau coba kalian lihat di suatu kartu bisnis, cover buku, dan postcard.

Gambar di atas ialah acuan imbas emboss yang sudah pernah admin buat. Barang kali kalian juga pernah menyaksikan imbas seperti ini di internet. Efek mirip ini sering dipakai oleh para desainer atau freelance untuk memberikan hasil kerjanya terhadap customer mereka.

Seperti yang kalian lihat, efek ini mengakibatkan tulisan atau desain yang dibuat mirip muncul. Kegiatan ini juga dijadikan gambaran terhadap desain yang kita buat sebelum diproduksi atau yang sering di sebut dengan muckup.

Mungkin di internet sudah ada pembahasan ihwal pembuat efek emboss ini. Namun di artikel ini, cara yang admin sampaikan sangatlah gampang dan simpel bahkan mampu diketahui untuk para pemula atau yang masih berguru menggunaan aplikasi CorelDraw.

Kita akan menciptakan imbas emboss ini dengan mempergunakan tool drop shadow. Tool ini telah disediakan oleh CorelDraw dan ada disetiap versinya. Makara buat kalian pengguna CorelDraw jadul seperti X3 dan X4 tetap bisa mempraktekkannya. 

Kalau admin sendiri menggunakan CorelDraw X7. Oh iya dari tadi kita ngomongin wacana efek emboss, temen-temen tau gak apa itu efek emboss? Yang belum tau simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu imbas emboss?

Emboss yaitu teknik finishing dalam proses percetakkan sehingga menunjukkan imbas timbul pada bagian tertentu. Media acuan yang digunakan umumnya yakni kertas, kayu, dan logam. Kalau kita buat, mesti terdapat bab yang menojol dan bagian yang cekung.

Di era teknologi yang semakin mutakhir mirip dikala ini, membuat imbas emboss mampu dilaksanakan secara visual yaitu dengan memakai media digital.  Kalau kalian seorang pembisnis percetaan mungkin hal seperti ini sudah umumdijalankan.

Ada lagi suatu imbas yang nyaris sama dengan emboss adalah deboss. Deboss merupakan kebalikan dari imbas emboss. Jika emboss menghasilkan imbas muncul, sedangkan deboss menghasilkan efek karam.

Penjelasan sederhanya begini kalau klise berada dibawah metal die lalu media cetak dipress keatas maka hasil akan muncul ialah emboss, sedangkan kalau metal die terdapat didepan media cetak maka hasil akan tenggelam atau cekung ialah deboss.

Ok silahkan lihat tindakan Membuat Efek Emboss pada CorelDraw di bawah ini.

Proses pembuatan

Sebelum memberi efeknya, kalian mesti menciptakan sebuah gambar vector atau goresan pena apalagi dahulu. Nah di permulaan admin akan menciptakan sebuah logo. Kalau kalian sudah ada logo, bisa kalian skip langsung ke imbas embosnya.

Baca Juga :

1. Buatlah sebuah objek persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool. Kemudian kalian pilih Shape tool, tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard. Lalu kalian tarik sudut kanan atas seperti yang admin lingkari ke arah kiri hingga bermetamorfosis lengkung seperti gambar.
2. Jika sudah selanjutnya kalian lakukan lagi untuk bagian kanan bawah. Sehingga membentuk seperti huruf D.

3. Langkah selanjutnya kalian duplikat objek tersebut kemudian Mirror kan sehingga berlainan arah. Selanjutnya kalian susun seperti di bawah ini dan perbesar ukuran outline atau garisnya menjadi 25 mm.

4. Selanjutnya kalian buat sebuah garis dibagian bawahnya seperti gambar berikut. Nah itu kan masih lancip, ubah garis nya menjadi tumpul caranya pilih Outline pen yang ada di tool box.

5. Nanti akan timbul suatu jendela perintah. Kalian atur seperti yang admin buat di bawah ini. lalu kalian klik Ok.
6. Ubah garis-garis tersebut menjadi objek. Caranya kalian seleksi seluruhnya, dengan cara diblok kemudian tekan tombol variasi Ctrl + Shift + Q pada keyboard. Jika sudah kalian blok lagi, dan pada perintah dibagian atas kalian pilih Weld untuk menggabungkan objek menjadi satu kesatuan.

7. Langkah terakhir kalian beri warna sesuai keinginan. Tapi admin sarankan untuk  memberi warna yang tidak terlalu jelas dan tidak terlalu gelap alasannya akan mensugesti kesudahannya nanti.

Pembuatan imbas emboss

Sebelumnya kalian siapkan dahulu backgroundnya di internet. Seperti yang telah admin sampaikan di atas tadi kalian bisa menggunakan background kayu, kertas, atau metalik. Admin menggunakan background kertas.

Baca Juga:

Kalau kalian mau mendownload kertas mirip ini kalian bisa mencarinya di google dengan kata kuncipaper pressed.

1. Masukkan paper yang sudah kalian download ke lembar kerja CorelDraw. Biasanya logo yang kalian buat tadi akan berada di bawah gambar. Pindahkan ke depan dengan menggugankan fungsi Order. Yang belum tau caranya klik Disini.

2. Jika sudah, kalian seleksi logo yang telah dibentuk lalu pilih Transparency tool. Kalian tidak perlu memilih jenis transparannya, cukup kalian ubah mode transparannya menjadi Subtract seperti gambar berikut.
3. Selanjutnya seleksi logo dan gambar yang kalian masukan. Caranya klik logo lalu tekan dan tahan tombol Shift kemudian seleksi gambar kertanya. Jika benar maka akan muncul hidangan perintah di bab atas dan pilih yang Intersect untuk menciptakan objek gres.
4. Kemudian kalian geser kesamping logo yang berwarna tadi. Objek baru yang tercipta memang gak akan nampak, kalian klik aja di lokasi daerah kalian menjadikannya tadi hingga terseleksi. lalu pada hidangan bar pilih Effect > Adjust dan Contrast Enhancement.
5. Setelah diseleksi maka nanti akan keluar sebuah jendela perintah. Nah disini kalian atur level Gamma Adjustment  seperti dibawah ini. atau sesuai cita-cita kalian namun admin sarankan untuk tidak terlampau terperinci lalu Ok.
6. Langkah selanjutnya jangan kalian seleksi yang lain, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard lalu klik background kertasnya sampai timbul sajian perintah di atas dan pilih Trim untuk memangkas.
7. Gabungkan logo yang berwarna hijau dengan yang berwarna debu-abu. Caranya seleksi logo yang berwarna hijau apalagi dulu tekan dan tahan Shift lalu klik logo yang debu-bubuk. Pada keyboard kalian tekan huruf C dan E sehingga kedua logo akan dalam posisi yang serupa.

8. Langkah berikutnya kita pindahkan background kertasnya kebagian paling atas. Caranya seleksi background kertas, tekan dan tahan tombol Shift kemudian tekan tombol Pg Up. Biasanya tombol ini ada dibagian paling kanan dari keyboard.

9. Jika sudah berikutnya pilih Drop Shadow tool untuk menawarkan efek tenggelamnya. Pilih jenis bayangannya yang Flat Bottom Righ seperti yang admin tandai.
10. Kemudian dekatkan sedekat-dekatnya garis efek bayangannya dengan background kertas. kamudian kalian ubah level kejelasan bayangannya menjadi 83 atau lebih dan untuk sebaran bayangannya buat aja menjadi 3 mirip di bawah.
11. Taraaa lihatlah akibatnya. Selesai.

Jika masih kurang realistis kalian mampu ubah warna logo yang hijau tadi menjadi lebih jelas atau lebih gelap. Atur sesuai kreatifitas temen-temen semua.

Nah sekarang kalian sudah bisa menciptakan efek emboss di CorelDraw sendiri kan? Gimana apakah sukar untuk dipraktekan? Pastinya tidaklah. Tapi jikalau ada yang kebingungan bisa lah ditanyakan. Jangan pernah berhenti untuk terus mencoba dan belajar . Sampai jumpa diartikel lainnya!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar