Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Cara Save Logo Di Corel Draw Tanpa Background

Kalian resah bagaimana cara menyimpan gambar atau hasil rancangan yang sudah dibuat di CorelDraw menjadi transparan? Karena biasanya bila kita mengexport gambar atau project pasti akan terdapat background berwarna putih dibelakangnya.
 Kalian bingung bagaimana cara menyimpan gambar atau hasil desain yang sudah dibuat di Cor CARA SAVE LOGO DI COREL DRAW TANPA BACKGROUND
Contohnya saja ya seperti rancangan logo atau desain gambar tunggal seperti kartun foto dan sebagainya. Nah mungkin ini merupakan salah satu panduan yang kalian cari-cari, ialah panduan bagaimana cara save logo di coreldraw tanpa background.

Walaupun ini judulnya menyipan logo, tapi dapat juga dipraktekan di semua desan yang kalian buat. Tutorial ini khusus untuk penggunakan CorelDraw, baik yang masih pemula atau semi ahli. Namun untuk penggunana software lain mirip Photoshop admin rasi panduan ini juga bisa dipraktekan disana. Bagaimana caranya? simak sampai selesai.

Timbul pertanyaan dari temen-temen semua. Kok project yang aku simpan di gallery, terdapat background putih? Padalah aku gak ada buat background. Untuk menjawab pertanyaan ini yakni alasannya adalah ketika kalian mengsave ada kesalahan kecil yang kalian perbuat yaitu :

Kesalahan pertama

Ketika kalian simpulan mendesain, dan saat kalian mengsave kalian tidak mengendalikan format gambarnya. Biasa untuk software CorelDraw akan secara otomatis memilih format gambarnya adalah JPG. Ini yang menyebabkan rancangan logo kalian ada background putih.

Walaupun dalam proses mendesainnya, kalian gak pernah membuat background. Ini sudah pernah admin praktekan sendiri, dan ternyata kesudahannya benar.

Maka yang mesti kalian lakukan yakni mengganti format gambarnya ke dalam bentuk PNG. Kenapa mesti PNG? Karena dengan format ini maka project yang dibuat akan menjadi transparan. Sehingga kalian tidak butuhkerja dua kali untuk menghapus atau menetralisir backgroundnya.

Kesalahan kedua

Pada dikala mulai merancang, di lembar kerja CorelDraw (yang berupa kotak) kalian menciptakan sebuat background, baik dengan Rectangle tool atau dengan lainnya. Jika sudah begini kalian mau menyimpan dalam bentuk JPG atau pun PNG tetap saja akan terdapat background tersebut.

Keuntungan format PNG

1. Menyimpan tanpa background (transparan)

Ya mirip yang disebutkan di atas tadi bahwa format PNG mendukung transparansi dalam alpha channel, maksutnya mampu menghasilkan project dengan background transparan. 

Format PNG sangat bagus dipakai pada dokumen daring (online) ataupun offline. Contohnya saja kalau kalian membuat pamflet atau spanduk. Pasti akan menggunaan logo sebuah instansi. Nah itu menggunakan format PNG.

2. Penampilan warna secara progesif

Kalau kita mendesain seringkali kita pasti memakai gradasi warna. Nah agar gradasi tersebut telihat maka format ini sangat diusulkan. Tapi Bukan mempunyai arti format JPG tidak menampilkan secara detail, namun kalau kalian menggunkan format PNG hasil warna akan lebih detail.

Format PNG tidak akan menghilangkan bab gambaran yang dibuat pada desain. Salahsatu contohnya mirip warna gradasi tadi. Namun bukan berarti format ini gak ada kekurangan dibandingkan yang yang lain.

Jika di save warna PNG akan diplace sebagai gambar Bitmap RGB, hasilnya hanya akan mampu di cetak sebagai gambar komposit saja.

Itu tadi sedikit penjelasan wacana format PNG, sekarang kita mulai saja tutorial Cara Menyimpan Logo Tanpa Background di CorelDraw X7. Jika pakai model dibawahnya atau versi usang juga mampu.

Perlu diingat bahwa ini bukan panduan menghapus atau menghilangkan background gambar karena tutorial itu sudah pernah admin diskusikan di artikel sebelumnya. silahkan mampu kalian cek saja di blog admin ini.

Baca Juga:

Proses Pembuatan

Sebelumnya kita akan membuat suatu logo terelebih dulu. Di sini admin akan menciptakan logo Avengers. Simak caranya sebagai beikut.

1. Buka software CorelDraw yang kalian punya kemudian atur ukuran lembar kerjanya yang cocok keperluan.

2. Catatan, disini kalian tidak perlu menciptakan background tapi langsung aja buat project logonya di bagian lembar kerja coreldraw yang berupa kotak.

3. Kemudian buatlah objek mirip aksara A memakai Freehand tool. Saat akan menciptakan, tekan dan tahan tombol Ctrl supaya nanti kesannya tidak miring miring. Besarkan ukuran garisnya menjadi 30 mm mirip gambar di bawah.
4. Sebelum ke langkah selanjutnya kalian mesti ubah line tersebut menjadi sebuah objek. Untuk cara cepatnya, seleksi apalagi dahulu garis yang telah dibentuk lalu tekan tombol variasi Ctrl + Shift + Q pada keyboard.

5. Langkah berikutnya kalian buat sebuah objek persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool. Buat sebanyak dua buah kemudian tetakkan di bagian atas dan dibagian bawah mirip berikut. Seleksi semua objek yang ada. Agar lebih gampang kalian bisa melakukannya dengan cara di blok.
6. Jika benar maka akan keluar menu perintah Shaping di bab atas. Nah ada beberapa pilihan yang ditawarkan. Di sini kalian pilih yang Trim untuk memotong objek.

7. Setelah objek terpotong, berikutnya buatlah sebuah objek sisi tiga dengan Polygon tool. Agar menjadi segitiga kalian ubah dulu jumlah sisinya menjadi 3 buah. Lalu rotate ke sudut 30 derajat.
8. Catatan biar kesannya rapi tekan dan tahan Ctrl saat akan membuatnya. Setelah itu letakkan letakkan objek segitiganya di bab garis tegak dari huruf A yang sudah di buat tadi.
9. Langkah selanjutnya kalian seleksi kedua objek tersebut, objek segi tiga dan objek utama. Caranya sama dengan diblok agar lebih mudah. Kemudian pada hidangan Shaping kalian pilih lagi yang Trim untuk memangkas.
10. Setelah terpotong jangan dihapus objek segitiganya sebab akan kita gunakan. Kecilkan objek segitiganya, tetapi saat akan mengecilkan tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard mirip yang admin buat ini.
11. Berikutnya kalian buat lagi sebuah garis dengan menggunakan Freehand tool di samping objek segitiga. Untuk ukuran garisnya kalian ubah aja menjadi 25 mm.
12. Jika ketika dibesarkan ukurannya tetapi garis menjadi pendek, kalian tarik aja semoga menjadi panjang. Usahakan antara garis, objek segitiga, dan objek utama tersambung. Jangan lupa untuk ubah garisnya terlebih dahulu menjadi objek, sama mirip cara nomor 3.

13. Langkah berikutnya kita gabungkan menjadi satu. Caranya seleksi semua objeknya dengan diblok aja semoga lebih gampang. Lalu kalian pilih Weld untuk menggabungkan objek.
14. Berikutnya kalian buat objek Lingkaran dengan menggunaan Ellipse tool. Agar menjadi bulat tepat tekan dan tahan tombol Ctrl ketikan akan menciptakan. Besarkan ukuran garisnya menjadi 10 mm saja.

Baca Juga:

15. Kemudian kalian potong garis lingkarannya yang bab bawah dengan menggunakan Shape tool. Yang belum tau bagaimana caranya Klik Disini.
16. Jika telah kalian ubah terlebih dahulu lingkarannya menjadi objek caranya sama sepeti cara di atas. Kemudian kalian seleksi seluruhnya dan kalian pilih Combine untuk membuat objek menjadi satu kesatuan.
17. Pembuatan logo telah akhir. Selanjutnya pada munu Bar kalian pilih File dan cari tulisan Export. Atau bisa tekan Ctrl + E.
18. Nanti akan keluar jendela perintah penyimpanan gambar. Nah disini lah kalian ubah format penyimpanannya menjadi PNG kemudian export dan lihatlah kesudahannya.
Bagaimana gampang sekalikan untuk melakukannya. Dari klarifikasi yang sudah diberikan admin rasa temen-temen semua dapat menjadikannya walapun kalian baru memulai menggunaan CorelDraw.

Sekian dahulu panduan Cara Save Logo di CorelDraw X7 Tanpa Background. Admin harap mampu menolong temen-temen semua yang masih mencar ilmu. See you again!


Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar