Skip to main content
Pelajar Koding

follow us

Cara Menggambar Pemandangan Alam Di Corel Draw

Cara Menggambar Pemandangan Alam di CorelDraw - Perhatikan situasi teknologi kita dikala ini yang mana kini semua serba digital. Ini sebagai bentuk makin berkembangnya pedoman manusia untuk membuat teknologi-teknologi baru. Salah satu bidang yang mempergunakan perkembangan teknologi adalah rancangan grafis.
Cara Menggambar Pemandangan Alam di CorelDraw CARA MENGGAMBAR PEMANDANGAN ALAM DI COREL DRAW
Dulu orang menciptakan desan grafis secara manual adalah dengan pensil dan kertas. Namun kini orang –orang sudah beralih ke teknologi digital. Ada banyak software desain grafis yang bisa digunakan dan salah satu software yang cukup populer ialah CorelDraw.

Software ini banyak digunakan sebab penggunaannya yang gampang dioperasikan dan banyak fitur-fitur yang diberikan.  Untuk menciptakan rancangan grafis yang komplek mirip poster, vector, pamflet, atau menggambar pemandangan kita tidak bisa menggunakan Microsoft, maka dari itu kita pakai CorelDraw.

Dengan software ini kalian mampu menggambar pemandangan alam yang indah dan anggun dengan mudah serta simple. Jenis-jenis gambar pemandangan ada banyak, mungkin waktu kalian Sekolah Dasar juga telah pernah menggambarnya. 

Contohnya ya seperti pemandangan gunung, sawah beserta rumahnya, pemandangan penderasan danau dan masih banyak lagi yang yang lain. Nah jika di panduan ini kita aan berguru bagaimana menggambar panorama alam bukit dengan coreldraw. 

Seperti gambar yang kalian lihat diatas, jikalau admin boleh bilang bahwa gambar tersebut hampir sama dengan flat design. Flat Design adalah seni rancangan gafis yang menekankan komponen 2 dimensi dengan warna warna yang cerah. 

Cara membuatnya cukup sederhana, bisa diikuti dan dipelajari bagi pemula pengguna aplikasi CorelDraw alasannya adalah kita akan diskusikan langkah demi langkah. Selain itu penjelasan juga dilengkapi oleh gambar. Pembuatan desain ini menggunakan CorelDraw X8.

Di CorelDraw lain dibawahnya mirip CorelDaw 7 ke bawah itu akan ada perbedaan tampilan serta letak beberapa fitur. Namun telah diterangkan di bawah ini. inilah Cara Menggambar Pemandangan Alam di CorelDraw yang keren abis.

Baca Juga :

1. Install dan jalankan software CorelDraw yang sudah kalian download di internet. Pada lembar CorelDraw, atur ukuran lembar kerja yang di inginkan.

2. Setelah itu kita buat backgroundnya dulu. Buat objek persegi panjang dengan menggunakan Rectangle tool, atau kalian mau dibentuk persegi juga boleh. Selanjutnya beri warna gradasi dengan memakai Interactive fill tool.

3. Jika Interactive fill tool telah aktif, tarik dari atas ke bawah. Nah kemudian kalian ubah warnanya menjadi biru dibagian atas dan kuning di bagian bawah.
4. Kalau CorelDraw lama diantaranya X5,X3, dan X4 itu untuk membuatnya menggunakan Fill tool atau kalian bisa cek caranya di sini.

5. Jangan lupa hilangkan garis pinggirnya dengan cara, seleksi objek kemudian pilih Outline tool yang ada di tool box dan pilih No Outline.

6. Langkah berikutnya kita tambahkan lagi warna ketiga di bagian tengah. Caranya double klik di garis bagian tengah maka nanti akan muncul kotak warna. Nah di sini kalian ubah warnanya menjadi jingga. Lihat gambar berikut.
7. Berikutnya kita akan menciptakan objek awan. Aktifkan Freehand tool lalu kalian buat empat buah awah memanjang mirip gambar di bawah ini. tidak ada trik khusus untuk menjadikannya, kalian mampu berkreasi sesuai cita-cita. Lalu beri warna putih dan hilangkan garis pingirnya.
8. Langkah berikutnya kalian transparankan semuanya. Agar lebih gampang kalian seleksi dulu seluruhnya dengan cara di blok. Kemudian kalian pilih Transparency tool dan atur level transparannya menjadi 70 saja atau kalian bebas berkreasi.
9. Kemudian kita kan membuat bentuk bukit-bukitnya. Kita akan pakai Freehand tool dan lagi-lagi gak ada trik khusu untuk membuatnya. Kalian bebas berkreasi. Jika telah beri warna gradasi warna biru tua di bab atas dan putih di bagian bawah. Setelah itu alu hilangkan garis pinggirnya.
10. Jika telah kalian transparankan dengan Transparency tool. Levelnya kalian sesuaikan saja namun kalau admin sendiri memakai level 30 semoga tidak terlalu transparan.
11. Selanjutnya masih seleksi objek bukitnya, kemudian kalian pilih Drop Shadow tool. Kalian pilih mode bayangannya dibagian kiri atas. Pilih yang Small Glow lalu kalian ubah warna bayangannya menjadi kuning terang. Untuk sebarannya atur menjadi 20 saja.
12. Kemudian kalian klik kanan pada objek bukitnya lalu kalian pilih PowerClip Inside. Nah nanti akan ada tanda panah hitam arahkan ke background kemudian klik kiri pada background, maka nanti secara otomatis objek akan masuk kebackground.
13. Cara ini bermaksud supaya objek tidak tergeser-geser dan berubah posisi. Admin sarankan dikala kalian mengklik background klik di bab atas agar tidak terjadi salah klik, karena objek bukit tadi telah diberikan imbas shadow.

14. Selanjutnya buat lagi objek bukit menggunakan freehand tool dan beri warna gardasi sama mirip cara pertama tadi. Bedanya hanya pada warna birunya, kalian atur warna birunya menjadi biru terang atau biru muda dan atur transparannya.
15. Kemudian kalian buat bentuk bukit yang ketiga, caranya sama aja. Namun yang ketiga ini warna yang kalian pilih adalah warna ungu muda di bab atas dan ungu renta dibagian bawah. Setelah itu atur transparannya menajdi 30.
16. Buat bukit yang terakhir adalah yang ke empat. Beri warna ungu muda dan ungu tua. Untuk bukit yang keempat ini tidak butuhditransparankan cukup beri warna gradasi dan yang diberi shadow atau bayangan hanya gambar bukit yang pertama saja.
17. Nah untuk bukit sudah tamat. Langkah selanjutnya kalian grub semua objek awan yang kalian buat. Kalian blok aja supaya terseleksi semuanya lalu tekan tombol variasi Ctrl + G di keyboard.

18. Kemudian aktifkan Envelope tool. Tool ini biasanya terdapat di Drop Shadow tool. Kalian klik aja tanda panah kecil di bawahnya maka nanti akan banyak tool tool yang mampu kalian pilih.
19. Selanjutnya kalian tarik sudut tengah kebagian bawah sehingga gambar awan akan tampak melengkung. Agar lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
20. Masuk ke objek terakhir yang dibuat adalah gambar mataharinya. Buatlah lingkaran dengan memakai Ellipse tool. Tips, tekan dan tahan tombol Ctrl ketika akan menciptakan. Maka akan tercipta lingkaran yang sempurna.

Baca Juga:

21. Beri warna kuning pada objek dan hilangkan garis tepinya. Kemudian kalian pilih Drop Shadow tool, dan sama mirip tadi kalian atur modenya yang Small Glow. Kali ini kalian ubah warna shadownya menjadi kuning  keputihan lalu untuk sebarannya kalian atur ke 84.
22. Semakin tingga level sebarannya maka warna shadow akan makin luas. Selanjutnya tinggal Export dan simpan, final.

Gimana berdasarkan kalian risikonya desainnya keren gak? Sudah terlihat seperti flat design kan? Kalian bisa mengeksplor lagi desainnya mirip menambahkan pohon, burung atau yang lainnya. Sehingga akan lebih terlihat panorama alamnya. Silahkan bebas berkreasi.

Itu tadi bimbingan Cara Menggambar Pemandangan Alam Dengan CorelDraw X8. Praktis mudahan bermanfaa buat yang memerlukan dan jangan pernah berhenti untuk mencar ilmu. Terima kasih!



Sumber https://www.halamantutor.xyz/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar